GenK LIFE

Penting, Kenali Macam-Macam Istilah dalam Aplikasi Beasiswa

Banyak yang bermimpi buat mendapat pendidikan lebih baik. Tentunya kalau bisa tanpa biaya, bakalan lebih menyenangkan, benar kan. Makanya, sekarang banyak banget informasi tentang beasiswa dari berbagai instansi. Kamu pun tinggal daftar. Tapi, kamu pasti pernah melihat istilah dalam informasi aplikasi beasiswa. Mungkin kamu pernah bertanya-tanya juga, apa artinya.

Mengenal Istilah Dalam Aplikasi Beasiswa

Free photos of Girl

Sumber Gambar : Pixabay.com

Kamu perlu tahu istilah-istilah tersebut karena emang penting peranannya di dalam proses mencari beasiswa. Juga penting banget buat mempersiapkan berbagai persyaratan dan pendaftaran. Berikut istilah yang paling umum ada di dalam informasi beasiswa:

  1. Recommendation Letter

Kamu akan direkomendasikan oleh seseorang untuk meneruskan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Nah, orang tersebut yang menulis recommendation letter. Orang terbaik sebagai pemberi rekomendasi adalah yang sudah berinteraksi sama kamu paling nggak selama 6 bulan. Misalnya, guru mata pelajaran, kepala sekolah, pembimbing skripsi, atau atasan di tempat kerja.

2. Motivation Letter

Salah satu dari persyaratan buat meneruskan studi di dalam dan luar negeri adalah motivation letter. Sebutan lainnya yaitu personal statement, study objective, statement of purpose, dan masih banyak lagi. Motivation letter dipakai reviewer beasiswa buat memahami kamu, gimana caramu berpikir, tujuan kamu daftar beasiswa, serta potensi dalam dirimu.

3. Admission

500+ Studying Pictures [HD] | Download Free Images on Unsplash

Sumber Gambar : Unsplash.com

Admission adalah semua proses pendaftaran beasiswa yang kamu ikuti. Jadi, admission meliputi kegiatan mendaftarkan berkas-berkas, wawancara, berhasil dapetin beasiswa, sampai kamu diterima sebagai mahasiswa di kampus impian kamu.

4. Allowance

Allowance adalah tunjangan biaya yang bakal kamu terima buat mencukupi kebutuhan kamu selama berada di negara tujuan. Tunjangan yang biasa diterima adalah tunjangan buat kebutuhan awal, buku, perjalanan, serta tunjangan buat keluarga. Allowance merupakan istilah dalam aplikasi beasiswa yang biasanya udah banyak dipahami.

5. Letter of Acceptance

istilah dalam aplikasi beasiswa

Sumber Gambar : bcit.ca

Juga biasa disingkat menjadi LOA, yaitu surat pernyataan diterima, berupa surat yang diterbitkan universitas atau institusi yang menyatakan kalau kamu udah diterima jadi calon mahasiswa. Sifat LOA ini bisa conditional atau bersyarat dan unconditional atau nggak bersyarat. 

Untuk yang bersyarat, kamu bakal diminta contohnya surat kemampuan bahasa dengan nilai tertentu. Untuk yang nggak bersyarat, biasanya nggak ada syarat tambahan, karena LOA yang ini menyatakan kamu udah resmi diterima.

6. Eligibility

istilah dalam aplikasi beasiswa

Sumber Gambar : foundationeducation.edu.au

Ada syarat yang wajib kamu penuhi buat dapetin beasiswa, nah kamu layak atau nggak untuk persyaratan tersebut, ini disebut dengan eligibility. Syarat kelayakan tersebut di antaranya batas umur kamu, IPK, nilai kemampuan bahasa, pengalaman, serta syarat-syarat lain yang harus kamu sesuaikan menurut syarat dari beasiswanya. Soalnya, tiap beasiswa punya eligibility yang beda.

7. Partial Funded

Juga biasa dikenal dengan sebutan beasiswa setengah. Ini adalah beasiswa yang mencakup kebutuhan kuliah sebagian aja, misalnya fasilitas dan akomodasi. Jadi, kamu perlu keluar biaya tambahan, yang nggak termasuk dana dari pemberi beasiswa.

8. Fully Funded

istilah dalam aplikasi beasiswa

Sumber Gambar : bu.edu

Kalau istilah fully funded ini adalah jenis beasiswa dengan cakupan hampir seluruh kebutuhan kuliah. Jadi, biaya kuliah kamu, biaya hidup, fasilitas penunjang, buku, akomodasi, biaya penelitian, tiket pesawat, serta biaya mengurus visa. Penting untuk mengingat informasi ini, biar kamu nggak menghabiskan banyak uang pribadimu, ketika pemberi beasiswa udah menanggung semua biayanya.

Sekarang kita udah lebih kenal dengan berbagai macam istilah dalam aplikasi beasiswa. Informasi ini bisa menjadi catatan penting untuk kamu ingat. Jadi, selain kamu paham pengertiannya, kamu juga mengerti apa aja yang perlu dilakukan. Good luck dengan beasiswa kamu!

About author

Related posts
GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD