Arsitektur & Interior

Pentingnya Karya Seni Dalam Desain Interior

seni dalam desain interior

Seni Dalam Desain Interior – Seni adalah imajinasi yang diciptakan  manusia dengan cara kreatif untuk mengungkapkan perasaannya sendiri. Tempat yang dibuat memiliki nilai estetika atau keindahan. Jika kamu melihat bahwa sebuah karya seni adalah ciptaan seni, itu  disebut karya seni.

Seni dapat berupa hal kecil dan menjadi pertanda bagaimana cara kita melihat lingkungan kita dan bagaimana sebuah cerita disampaikan dalam sebuah seni. Inilah mengapa seni sangat penting dalam dunia interior. 

Lalu, apakah sebuah interior penting hanya dilihat dari hal itu saja? Mari kita simak penjelasan mengenai pentingnya seni dalam desain interior di bawah ini!

Menunjukkan Sisi Kreativitas

Sumber Gambar : Pinterest

Seni mampu menggambarkan kreativitas diri dan kepribadian melalui apa yang kita pikirkan kemudian kita tuangkan ke dalam seni dan bagaimana seni mampu mengungkapkan selera kita terhadap suatu hal. Misalnya seseorang yang tertarik dengan hal-hal vintage, akan cenderung memilih seni yang juga berhubungan dengan hal-hal yang vintage. Perlu kita ketahui bahwa untuk menjadi kreatif, tidak harus seorang seniman yaaa, setiap orang adalah unik dan kreatif!

Seni Membedakanmu Dari Yang Lain

Sumber Gambar : Pinterest.com

Tidak semua orang dapat membayangkan memiliki karya seni di rumah mereka. Hal ini berarti bahwa orang yang memiliki kemampuan secara otomatis berbeda dari yang lain, dan interior mereka tidak seperti teman, keluarga, dan tetangga mereka.

Memasukkan hanya satu karya seni di rumahmu seperti lukisan, patung, foto berbingkai, atau instalasi seni akan membedakanmu dari orang lain dan mengubah tempatmu menjadi sesuatu yang unik. Yang harus kamu lakukan adalah belajar bagaimana memilih karya seni yang tepat dan kamu akan memiliki suasana khusus di rumahmu sendiri dalam waktu singkat.

Membawa Warna dan Tekstur Pada Ruangan

Sumber Gambar : Koziel.fr

Memilih suatu warna merupakan suatu hal yang sulit dari interior. Menambahkan warna dapat secara efektif menambahkan tekstur. Bagaimana seseorang mampu memilih ubin, bangku atau berbagai pernak pernik sesuai warna yang kita inginkan.

Warna juga mampu memberikan aksen menarik pada suatu ruangan, warna mampu mempengaruhi psikologis seseorang, seperti menambahkan ketenangan dengan menambahkan warna hijau pada sudut ruangan atau disertai dengan tumbuhan, memberikan aksen warna merah pada ruang makan untuk menambah selera makan seseorang. Perlu kita ketahui bahwa warna memiliki pengaruh yang cukup besar dalam suatu seni maupun interior.

Seni sebagai Finishing Ruangan

Sumber Gambar : Pinhome.ID

Seni merupakan sentuhan akhir dalam sebuah keutuhan dalam suatu ruangan. Dengan memilih suatu karya seni yang tepat, seni mampu menjadi sentuhan akhir dapat membuat ruangan menjadi terlihat profesional.

Menjadi Titik Fokus

Sumber Gambar : Alibaba.com

Setiap ruangan memerlukan suatu titik fokus. Seni berfungsi sebagai sihir yang dapat menarik perhatian dan menghipnotis orang lain hanya dalam hitungan detik. Nah oleh sebab itu, seni merupakan suatu pilihan yang sangat tepat untuk menjadi titik fokus dalam suatu ruangan. Hal ini berguna agar suatu seni dapat menonjol dengan desain interior yang sangat bagus.

Tidak semua pecinta seni dapat membayangkan menggantung seni di ruang tamu mereka, tetapi jika kamu meluangkan waktu untuk memikirkannya, kamu pasti akan mengerti mengapa seni sangat penting dan bagaimana hal itu dapat membuat perbedaan dalam hidupmu. Jadi, keluarlah dari zona nyamanmu dan rangkullah. Ingatlah bahwa seni bisa datang dari siapa saja, apakah orang itu bisa menggambar atau memiliki pengetahuan seni. Karena seni berasal dari pemikiran kita yang sangat kreatif.

Ditulis oleh : Gabriella Tabhita – Mahasiswa Prodi Desain Interior Universitas Kristen Petra
Related posts
Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips&Tricks dalam Mendesain Interior Kantor untuk Menjadikanmu Lebih Produktif!