Creativepreneur and Career

Pentingnya Laporan Arus Kas Dalam Menjalankan Usaha!

Laporan Arus Kas

Dalam sebuah bisnis, memiliki laporan arus kas atau laporan keuangan adalah kunci dalam menentukan berhasil tidaknya suatu bisnis. Saat ini banyak sekali bisnis yang gagal karena kesalahan pada arus kas, mulai dari pengeluaran yang sama dengan pendapatan, pengeluaran yang lebih besar dibanding pendapatan. 

Hal ini tidak bisa dianggap remeh, karena akan berakibat fatal pada bisnis kamu. Laporan kas sangat penting sekali dalam membantu menjalankan usaha.  Kenapa laporan kas menjadi hal yang penting? Dan bagaimana perusahaan membuat laporan kas? Penasaran? Yuk simak lebih lanjut artikel berikut ini!

Apa Sih Arus Kas Itu?

Arus Kas sendiri ialah arus yang keluar dan arus yang masuk atau juga bisa disebut dengan uang masuk dan uang keluar. Menurut Kariyoto (2017:178) bahwa arus kas merupakan suatu analisis dari semua perubahan yang mempengaruhi kas dalam kategori investasi, operasi, dan keuangan. Pada bisnis biasanya pengeluaran akan lebih besar dari pendapatan. Kenyataannya, apabila pendapatan lebih besar dari pengeluaran dapat menyebabkan masalah arus kas seperti: 

  • Impas (Pendapatan sama dengan pengeluaran)

Kondisi ini memang tidak separah deficit akan tetapi karena alokasi dana tidak dapat memberikan manfaat keuangan lebih dalam. Kurang bijak mengelola penghasilan menyebabkan penghasilan habis tidak tersisa. 

  • Defisit (Pengeluaran lebih besar dari pendapatan = Hutang)

Maksud dari pengeluaran disini yaitu ketika pengeluaran dipaksa untuk menutupi pengeluaran sehingga pengeluaran lebih besar pendapatan. 

  • Surplus (Pendapatan lebih besar dari pengeluaran)

Kondisi dimana pendapatan lebih besar dari pengeluaran yang berarti telah sesuai dengan rencana keuangan. 

Klasifikasi Laporan Arus Kas

Sumber Gambar : finata.id

Terdapat beberapa klasifikasi utama dalam setiap laporan kas yaitu aktivitas investasi, aktivitas operasi, dan aktivitas pendanaan. Berikut ini penjelasannya :

  • Investasi

Aktivitas ini berhubungan dengan pemasukan dan pengeluaran dana yang yang berkaitan dengan penjualan aktiva tetap atau pembelian. Jadi, kekayaan pada suatu perusahaan memiliki manfaat untuk jangka panjang dan tidak untuk diperjualbelikan seperti tanah, gedung, pertokoan dan sebagainya sebagai pendukung kegiatan perusahaan. 

  • Operasional

Aktivitas operasional adalah kumpulan dari berbagai aktivitas yang dapat mempengaruhi kas perusahaan. Aktivitas ini terbagi menjadi dua, yaitu aktivitas keluar dan aktivitas masuk. 

  • Pendanaan

Aktivitas ini umumnya berasal dari transaksi yang berkaitan dengan pengurangan modal atau penambahan modal. 

Laporan kas sebenarnya bisa menjadi salah satu dasar pembuatan strategi keuangan yang dapat membantu mengevaluasi keuangan sampai dengan memepatakan peluang dan resiko yang ditimbulkan dari keuangan perusahaan. 

Keuntungan Pembuatan Laporan Arus Kas

Laporan Arus Kas

Sumber Gambar : akuntansipendidik.com

Dengan dibuatnya laporan kas, justru akan memberikan berbagai keuntungan. Karena tidak mungkin sebuah perusahaan menghabiskan banyak waktu membuat laporan kalau memang tidak menguntungkan untuk perusahaan tersebut. Berikut ini keuntungan pembuatan laporan arus kas : 

  • Perencanaan Masa Depan Perusahaan

Dengan dibuatnya laporan ini bisa jadi acuan bagi perusahaan untuk mengetahui kondisi  keuangan serta dapat melakukan evaluasi untuk masa depan perusahaan yang lebih baik. 

  • Posisi Keuangan Menjadi Lebih Mudah Dilihat

Jadi, dengan adanya laporan arus kas mempermudah kalian untuk melihat posisi keuangan. Apabila nilai positif, maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan. 

  • Menjadi Ladang Investasi Bagi Perusahaan

Kamu juga bisa melihat banyaknya investasi yang dapat diperlihatkan untuk para investor dan mempermudah melihat keuangan perusahaan. 

Manfaat Laporan Arus Kas 

Laporan Arus Kas

Sumber Gambar : belajarekonomi.com

Manfaat laporan keuangan sendiri dapat mempermudah perusahaan untuk melakukan evaluasi serta melihat efisiensi kas perusahaan selama setahun kebelakang dan untuk efisiensi kas tahun berikutnya, perusahaan akan lebih mudah, dan sebagai acuan dalam menyusun strategi keuangan kedepannya. 

Nah, itu tadi beberapa hal mengenai pentingnya perusahaan memiliki laporan arus kas.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Membuat Portofolio Desain Interior yang Menarik

Creativepreneur and Career

Sebelum Memulai Bisnis, Pahami Dulu Perbedaan Paten, Merek dan Hak Cipta

Creativepreneur and Career

6 Point Penentu Keberhasilan Bisnis Kuliner Yang Wajib Dioptimalkan!

Creativepreneur and Career

Manfaat Optimasi E-Commerce Buat Jangka Panjang Bisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *