Creativepreneur and Career

Pentingnya Strategi Pemasaran STP bagi Kamu yang Punya Bisnis Online

Apa sih, strategi pemasaran STP itu? Kenapa para pemilik bisnis harus menguasainya? Well, kalau dilihat dari pengertiannya, strategi pemasaran STP atau Segmenting Targeting Positioning adalah tiga rangkaian proses, yakni segmenting, targeting dan positioning, yang bakalan punya pengaruh sangat besar terhadap citra, brand image dan pemasaran. Jika kamu adalah pemilik bisnis, baik offline maupun online, strategi marketing ini nggak boleh dilewatkan karena STP dapat mastiin arah pemasaranmu sesuai yang udah direncanakan.

Nah, berikut ini adalah tiga hal yang menjadi bagian vital dalam strategi marketing STP, guys:

  1. Segmenting pada Strategi Marketing STP

Sumber Gambar : logistics.co.uk

Di urutan pertama ada proses Segmenting, yang merupakan tahapan paling wahid dalam rumusan strategi marketing STP. Di proses ini, kamu harus mengkategorikan, mengklasifikasikan dan juga mengelompokkan semua yang menjadi target potensial produk yang akan kamu pasarkan. Langkah selanjutnya adalah membagi pasar ke dalam kelompok pembeli berdasarkan kebutuhan, karakteristik atau perilaku dan hal-hal lainnya.

Sesuai dengan pengertiannya, proses Segmenting ini memiliki beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan sebagai pemilik bisnis online, lho, guys. Sebagian di antaranya adalah lebih fokus dalam menyalurkan sumber daya, dapat memilih target market dengan lebih baik hingga mendapatkan sudut pandang unik dalam melihat pesaing.

  1. Targeting 

Strategi Marketing STP

Sumber Gambar : pestleanalysis.com

Urutan selanjutnya dalam strategi pemasaran STP ada proses Targeting yang merupakan tahapan di mana kamu harus melakukan evaluasi terhadap berbagai segmen agar bisa mengambil keputusan, segmen manakah yang paling tepat untuk dijadikan sebagai target pasar bisnismu.

Nah, untuk melalui proses ini, ada beberapa faktor yang harus kamu perhatikan, seperti tujuan, daya tarik pasar secara menyeluruh hingga resource dari perusahaan. Dan nggak lupa melakukan beberapa survei, supaya kamu bisa mengetahui seperti apa kondisi pasar. Jadi, ketika akan menerapkan strategi pemasaran, kamu nggak akan salah sasaran.

Baca Juga :   5 Tips Jitu Cara Menulis Deskripsi Produk yang Menjual

Ketika mengevaluasi dan menentukan target, kamu harus memenuhi tiga kriteria, guys. Mulai dari membidik segmen pasar yang cukup besar sehingga bisa memberikan keuntungan tinggi bagi bisnismu. Selanjutnya, kamu harus memikirkan keunggulan kompetitif perusahaan. Dan terakhir adalah senantiasa mempertimbangkan segala kemungkinan situasi persaingan, karena hal ini bisa mempengaruhi daya tarik Targeting yang kamu buat.

  1. Positioning 

Sumber Gambar : viralsolutions.net

Terakhir ada proses positioning yang harus kamu perhatikan ketika menerapkan strategi marketing STP, guys. Proses Positioning memiliki tujuan untuk mempengaruhi gimana pada akhirnya sebuah segmen pasar tertentu melihat suatu produk barang atau jasa. Nah, cara menentukan posisi pasar ini akan menunjukkan gimana satu produk tertentu terlihat berbeda dari produk yang sama milik pesaing pasarmu.

Kamu bisa melakukan Positioning berdasarkan beberapa hal, guys. Mulai dari perbedaan produk, keunggulan yang dimiliki produkmu, pengguna produk atau target pasar produk, cara pemakaian produk, pesaing produkmu, kategori produk, asosiasi, masalah atau pun aspek yang lainnya.

Bagaimana Cara Menerapkan Strategi Pemasaran STP dalam Bisnis Online Milikmu?

Sumber Gambar : lobsterdigitalmarketing.co.uk

Sebenarnya kalau ngomongin soal penerapan strategi marketing STP dalam bisnis nggak ada bedanya, apakah itu untuk bisnis offline maupun online. Namun ada satu hal yang harus diperhatikan oleh setiap pemilik bisnis online, nih, guys, di mana tingkat kerumitannya lebih tinggi dibandingkan dengan bisnis konvensional.

Namun kalau tahu triknya, langkah implementasi STP sebagai strategi marketing itu terbilang cukup sederhana, kok.

 

Nah, itulah sekilas tentang strategi pemasaran STP yang harus kamu sebagai pemilik bisnis online ketahui.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Pengen Sukses Berbisnis Tanpa Perang Harga? Simak Tipsnya Disini

Creativepreneur and Career

Ingin Pikat Pembaca Lewat Copywriting? Ini Cara Bikin Headline yang Menarik!

Creativepreneur and Career

Kuatkan “Mind, Body, and Soul” Kamu Dengan Berjalan-jalan dan Berbelanja di Virtual World Creatifest 2021

Creativepreneur and Career

Step-by-Step Strategi Launching Produk Baru di Media Sosial