GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

Bagi banyak orang mempunyai jerawat punggung dapat sangat mengganggu kenyamanan, terlebih dalam segi penampilan. Meski kenyataannya jerawat punggung tidak berbahaya bagi penderitanya. Yuk, mari kita bahas penyebab dan cara mengatasinya. 

Penyebab Jerawat Punggung

Sumber Gambar : stylecraze.com

  1. Hormon 

Hormon yang tidak seimbang dapat menjadi faktor timbulnya jerawat punggung. Ketika seseorang yang sedang mengalami stress maka hormon Kortisol akan meningkat dan saat itulah produksi sebum akan meningkat yang dapat memicu timbulnya jerawat pada punggung. 

  1. Kebersihan Tempat Tidur 

Mengganti seprai, sarung bantal dan guling lebih dari 2 minggu dapat menyebabkan tempat tidur menjadi kotor, lembab, dan berminyak sehingga dapat memicu timbulnya pertumbuhan bakteri dan virus. 

  1. Keringat 

Sumber Gambar : boredpanda.com

Membiarkan keringat dan kotoran terlalu lama setelah beraktifitas dapat membuat pori-pori tersumbat, hal inilah yang menjadi penyebab timbulnya jerawat pada punggung. 

  1. Pakaian 

Menggunakan pakaian yang ketat akan membuat kulit kesulitan untuk bernafas sehingga produksi keringat akan lebih banyak. Keringat dan minyak alami yang terbentuk akan menyumbat pori-pori dalam tubuh. 

Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan serta mencegah jerawat punggung timbul kembali. 

Cara Mengatasi Jerawat Punggung

Penyebab Jerawat Punggung

Sumber Gambar : stylecraze.com

  1. Kebersihan Diri 

Setelah melakukan aktivitas yang banyak menghasilkan keringat seperti olahraga, maka dianjurkan untuk dapat segera mandi. Dengan membiarkan kotoran dan keringat menempel terlalu lama pada kulit dapat memicu timbulnya jerawat punggung. 

  1. Menggunakan Pakaian yang Tidak Terlalu Ketat

Memilih pakaian yang dapat menyerap keringat serta tidak terlalu ketat sangat dibutuhkan untuk mencegah timbulnya jerawat punggung datang kembali. Hal ini dikarenakan pakaian yang ketat serta tidak menyerap keringat akan membuat kulit susah untuk bernafas, serta dapat meningkatkan produksi keringat di kulit. 

  1. Menjaga Kebersihan Tempat Tidur

Penyebab Jerawat Punggung

Sumber Gambar :homeshabby.com

Mengganti seprai dan sarung bantal secara teratur dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan virus. Waktu ideal dalam mengganti seprai, sarung bantal dan guling adalah satu minggu sekali. 

  1. Penggunaan Antibiotik

Adanya efek antiinflamasi yang terkandung dalam antibiotik mampu mengurangi peradangan pada jerawat, selain itu terdapat efek antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat punggung. Namun penggunaan obat-obatan ini harus dalam pengawasan dokter. 

Nah, itu tadi 4 hal yang menjadi penyebab serta cara mengatasi jerawat punggung. Pada dasarnya jerawat punggung tidaklah berbahaya hanya saja bagi penderitanya jerawat punggung sangat mengganggu penampilan. Oleh karena itu, jagalah kebersihan diri dengan rutin mandi dan mengganti seprai tempat tidur. 

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *