Creativepreneur and Career

Pengertian dan 5 Skill yang Dibutuhkan untuk Meningkatkan People Management

People Management

People management, udah pernah dengar istilah ini belum, GenKs? People management adalah salah satu skill paling penting sekaligus dasar untuk menyelesaikan tugas dari perusahaan, guys. Well, gampangnya, people management merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk memotivasi, mengatur dan mengarahkan para bawahan untuk menjalankan tugas masing-masing agar terjadi peningkatan di dalam produktivitas mereka.

Nggak heran, pemimpin atau manajer perusahaan wajib banget menguasai skill ini, karena semakin baiknya people management mereka bisa bikin para karyawan lebih nyaman dan loyal bekerja. Bekerja di bawah pemimpin dengan skill people management yang mumpuni membuat bawahan selalu termotivasi. Selain itu, berbagai masalah pekerjaan dalam perusahaan pun akan mudah diatasi, lho, GenKs.

Di bawah ini adalah 5 soft skill yang harus kamu kuasai dalam penerapan people management:

  1. Komunikasi yang Baik

Sumber Gambar : mangoapps.com

Aspek penting dalam sebuah hubungan pekerjaan, baik itu antara atasan dengan para karyawannya atau pun sesama pegawai, adalah komunikasi. Nah, demikian juga halnya dalam people management, kamu butuh soft skill berkomunikasi dengan baik, mengingat seorang manajer atau pemimpin punya tanggung jawab untuk mengatur kinerja bawahannya.

  1. Active Listening

Sumber Gambar : incimages.com

Soft skill kedua yang harus dikuasai jika ingin meningkatkan kemampuan people management-mu selain memberikan arahan dan macam-macam info penting, yaitu active listening, GenKs. Kita semua tahu, dalam kehidupan kantor ada banyak banget kendala. Mulai dari tugas harian yang harus diselesaikan, kegiatan internal dan masih banyak lagi.

Setiap bawahan pasti punya sesuatu yang ingin mereka sampaikan kepada atasannya demi bisa bekerja dengan efektif dong. Nah, itulah kenapa kamu harus banget terbiasa mendengarkan dan menyimak unek-unek, khususnya tentang hal-hal terkait pekerjaan dan masalah kantor.

Nggak cuma mendengarkan, tapi kamu juga wajib memberikan solusi atau saran pada karyawan-karyawanmu, guys.

  1. Conflict Management

People Management

Sumber Gambar : medium.com

Yang namanya lingkungan kerja itu nggak selalu tenang. Mengingat banyak pribadi yang terlibat di dalamnya, Pasti ada konflik yang terjadi. Dan konflik di dunia kerja itu wajar banget, kok. Karena emang konflik adalah hal yang nggak bisa dihindarkan, terutama dalam tim. Nah, tugas seorang manager atau pemimpin adalah mengatasi bermacam-macam konflik seperti ini. Kamu dituntut jadi penengah yang adil dengan sesekali mengambil keputusan untuk menyelesaikan konflik.

  1. Kolaborasi

People Management

Sumber Gambar : shapironegotiations.com

Kamu juga harus menguasai soft skill kolaborasi, terutama kalau nantinya kamu akan menjadi manager dengan tugas-tugas dan tanggung jawab yang berbeda, guys. Skill ini merupakan poin yang sangat penting karena kamu harus bisa bekerja sama dengan baik dengan manager lain di perusahaan tempatmu bekerja maupun dengan perusahaan lain yang jadi klienmu.

Dan nggak cuma itu aja, guys. Kemampuan berkolaborasi juga sangat dibutuhkan saat kamu bekerja di satu tim besar, di mana di dalamnya terdiri dari banyak karyawan lintas generasi dan bidang.

  1. Bekerja dengan Fleksibel

People Management

Sumber Gambar : bizeducator.com

Terakhir, soft skill bekerja dengan fleksibel. Dengan keterampilan ini, sebagai manager atau atasan kamu akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan macam-macam kondisi yang ada di kantor. Nggak melulu harus terikat dengan jadwal, rencana kerja dan berbagai macam tugas. Karena ada kalanya kamu dituntut mengambil keputusan dan tindakan dengan cepat di tengah kondisi yang sulit diprediksi.

Eits, tapi itu semua tentu juga harus diimbangi dengan kemampuan berpikir cepat, ya, guys. Jadi, bukan asal-asalan. Nah, gimana, Genks, sudah siap mempraktekkan skill people management di kantor?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Hal Penting Buat Diperhatikan Saat Career Shifting ke Digital Marketing

Creativepreneur and Career

Apa Itu 1:1 Meeting Serta Manfaatnya untuk Hubungan dalam Pekerjaan

Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!