Arsitektur & Interior

Perancangan Interior Hunian Berkonsep Modern Tropikal

Iklim adalah salah satu faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih sebuah konsep untuk hunian. Sebagai Negara yang beriklim Tropis, di Indonesia sudah tidak asing lagi untuk hunian yang berkonsep tropikal. Konsep tropikal adalah konsep yang mampu bertahan dengan iklim dan cuaca tropis, konsep ini sangat cocok untuk di gunakan pada wilayah tropis seperti contohnya di Asia. Konsep ini dirancang dengan sedemikian rupa agar cahaya dan udara alami mudah dan banyak masuk dalam hunian.

Semakin berkembangnya jaman, sebuah konsep juga mengalami perkembangan, seperti dengan menggabungkan konsep tropikal dengan unsur kontemporer atau modern, Disini akan membahas tentang apa itu hunian yang berkonsep modern tropikal di Indonesia, khususnya di Kota Batam.

Desain Tropikal Kota Batam

Sumber : Pinterest.com

Kota Batam merupakan pulau yang berada di dekat dengan Singapura dengan cuaca yang cukup panas. Konsep modern tropikal ini cocok untuk di aplikasikan pada hunian di Kota Batam karena cuaca yang panas dan wilayah yang cocok untuk konsep yang menyegarkan.

Dengan cuaca yang cukup panas membuat kita harus memilih konsep yang bisa membuat hunian menjadi nyaman dan tidak terasa panas.

Desain tropikal memiliki beberapa karakteristik untuk menyesuaikan dengan iklim tropis, yaitu :

  1. Memanfaatkan material alami pada bangunan. Penggunaan material kayu dan lebih kedalam merupakan material utama pada konsep tropikal.
  2. Memanfaatkan ventilasi dan pencahayaan alami yang tepat untuk menjaga iklim yang lebih natural.
  3. Memanfaatkan beberapa area untuk digunakan sebagai tempat tanaman atau tempat santai. Bisa juga dengan beberapa dekoratif tanaman indoor (sintetis) agar kesan tropis pada hunian semakin menonjol.

Untuk konsep modern memiliki beberapa ciri-ciri, sebagai berikut :

  1. Menggunakan bahan alami

Seperti contohnya dengan penggunaan kayu asli, kayu daur ulang, atau bebatuan yang berasal dari alam.

  1. Perpaduan elemen garis lurus.

Sumber Gambar : Pinterest.com

 

Penggunaan elemen ini bertujuan untuk menonjolkan estetika sebuah ruangan dan membuat ruangan lebih terkesan tinggi atau luas. Garis lurus ini bisa di aplikasikan pada lukisan, bentuk pegangan tangga atau mebel yang dipilih, bisa juga dengan sekat atau partisi pada dinding.

  1. Penggunaan lantai polos

Biasanya, pada hunian interior berkonsep modern ini membiarkan lantai polos.

  1. Elemen berbentuk geometri

Elemen-elemen geometri sangat kuat jika sebuah hunian memiliki konsep modern. Mulai dari bentuk meja dan lainnya agar rumah terlihat lebih dinamis.

  1. Minim sekat

Pada hunian modern juga sangat memperhatikan sirkulasi udara dan luas ruangan, oleh karena itu pada hunian yang berkonsep modern ini akan minim sekat.

Sumber Gambar : Pinterest.com

Penggabungan antara konsep modern dan tropikal sangat cocok untuk di aplikasikan pada hunian. Karena pemilik rumah tidak akan merasa bosan. Selain itu, konsep ini juga merupakan konsep yang tidak akan lekang oleh waktu karena bisa mengikuti perkembangan jaman.

Konsep modern tropikal ini sangat cocok untuk di aplikasikan pada hunian di kota batam dan akan menjadi sebuah solusi yang sangat bagus. Karena dengan cuaca Kota Batam yang tidak menentu dan juga panas.

Konsep ini mampu menetralisir hal tersebut. Dengan pemanfaatan ventilasi dan pencahayaan alami akan membuat pemilik tidak terlalu boros dalam penggunaan listrik, hal ini juga akan berpengaruh kepala alam.

Minimnya sekat pada konsep ini juga akan membuat sirkulasi pada ruangan menjadi bagus. Ditambah lagi dengan tanaman di dalam ruangan membuat udara di dalam ruangan sangat baik dan juga menyegarkan mata.

Pemilihan warna-warna netral seperti putih, coklat atau beberapa aksen hitam juga membuat hunian tidak akan lekang oleh waktu dan terkesan lebih hangat.

  1. Rumah Interior Tropis Dengan Sofa Lounge Warna Putih dan Krem

Modern Tropikal

Sumber Gambar : Pinterest.com

Seperti gambar disamping ini merupakan contoh pertama dalam penerapan konsep modern tropikal. Pada hunian ini memanfaatkan bukaan agar sirkulasi lebih baik dan juga membuat vegetasi atau area penghijauan.

Agar udara pada hunian terasa lebih segar juga suasana yang di ciptakan lebih menenangkan. Dengan pemilihan warna netral dimana coklat menjadi pilihan warna yang cocok untuk di gunakan pada hunian ini.

  1. Penerapan warna natural pada interior hunian

Modern Tropikal

Sumber Gambar : Pinterest.com

Jika masalah pada hunian sudah mendapatkan solusi, maka kita akan nyaman untuk tinggal pada rumah impian kita. Pada contoh kedua ini masih memanfaatkan bukaan dan juga pencahayaan yang dimanfaatkan melalui pencahayaan alami sehingga lebih hemat energi.

Warna yang dipilih juga lebih netral mendekat ke warna alam. Dengan mengikuti beberapa tips dan inspirasi konsep modern tropikal ini, hunian yang akan anda wujudkan akan terasa nyaman karena memahami karakteristik tiap konsep tersebut.

Sebuah konsep hunian tidak bisa asal dipilih saja, harus melalui pertimbangan yang mampu menjawab permasalahan yang ada pada hunian tersebut.

Nah, jadi apakah anda tertarik untuk segera memiliki hunian dengan konsep modern tropikal? Semoga ulasan dari saya bisa menjadi pertimbangan anda untuk memilih konsep interior pada hunian anda dan mewujudkan rumah yang ideal.

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips&Tricks dalam Mendesain Interior Kantor untuk Menjadikanmu Lebih Produktif!