Creativepreneur and Career

Tips Mengatasi Perang Harga dalam Bisnis Online dan Offline

Mengatasi Perang Harga

Ada banyak banget rintangan yang harus dihadapi seorang pebisnis. Salah satunya persaingan harga produk dengan kompetitor. Hal ini tentu bisa membuat pemula ragu untuk meneruskan mimpinya. Eits, tapi meski begitu bukan berarti nggak ada solusinya, GenKs. Berikut kami rangkum gimana, sih, tips mengatasi perang harga agar segala urusan bisnis berjalan lancar:

7 Tips Mengatasi Persaingan Harga di Pasar Online dan Offline

Sumber Gambar : arcpublishing.com

Udah bukan rahasia lagi, ketika seorang pengusaha menciptakan suatu produk yang sangat diminati, pasti akan muncul produk-produk serupa yang dibanderol dengan harga lebih bersahabat. Inilah yang menyebabkan terjadinya perang harga.

Yuk, atasi masalah ini dengan tips di bawah, guys:

#1: Kenali Produkmu

Sumber Gambar : forbes.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin mengatasi adanya persaingan harga adalah dengan mengenali bisnis dan produk yang kamu kelola. Gali lebih dalam kekurangan dan kelebihan bisnis dan produkmu. Dengan cara ini kamu bisa tahu potensi yang dapat dikembangkan untuk lebih mengoptimalkan strategi marketing nantinya.

#2: Tambahkan Nilai Produk

Cara Meningkatkan Nilai Tambah Produk - Daddys Takoyaki

Sumber Gambar : daddystakoyaki.com

Value atau nilai produk juga perlu kamu tambahkan dalam rangka menaklukkan perang harga yang terjadi di pasaran. Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan. Seperti dengan menambahkan bonus, meningkatkan kualitas layanan, mempercepat proses pengiriman dan langkah-langkah lainnya.

#3: Tingkatkan Kualitas Produk

Sumber Gambar : demandstudios.com

Nggak kalah penting untuk kamu lakukan jika ingin mengatasi perang harga, yakni meningkatkan kualitas produk. Karena konsumen pasti akan mencari produk dengan kualitas terbaik meski harus membayar lebih mahal. Jadi jangan ragu untuk memperbaiki kualitas.

Tips #4: Lakukan Inovasi Produk

Perang harga

Sumber Gambar : productplan.com

Inovasi produk juga harus kamu perhatikan agar tidak kalah saing dengan kompetitor yang merilis produk serupa. Tambahkan kreativitas pada produkmu yang menjadikannya berbeda dan unik ketimbang produk-produk serupa di pasaran.

Tips #5: Perhatikan Lokasi Bisnismu

Perang harga

Sumber Gambar : animasmarketing.com

Tips mengatasi perang harga yang selanjutnya adalah memperhatikan tempatmu berjualan. Semakin banyak pesaing di lokasi bisnismu berdiri, maka tentu akan semakin tinggi juga risiko terjadinya perang harga.

Trik yang efektif mengatasi masalah ini adalah dengan mencari lokasi lain untuk berbisnis. Jika itu nggak memungkinkan, kamu bisa membuka toko online. Dibandingkan dengan kamu berjualan melalui marketplace kamu membuat produkmu terlihat lebih eksklusif kalau menjual produk di toko online-mu sendiri, guys.

Tips #6: Selalu Berikan Layanan Terbaik

Perang harga

Sumber Gambar : columbusglobal.com

Sebagai pebisnis, jangan sampai kamu melupakan pentingnya memberikan pelayanan terbaik kepada pembeli, mengingat pembeli adalah raja. Pelayanan menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen selain kualitas produk dan harga produk yang kamu tawarkan.

Bahkan dengan mengutamakan pelayanan, bukan nggak mungkin kamu menjadi lebih unggul ketimbang para kompetitor yang menawarkan produk serupa dengan harga lebih murah, lho, GenKs. Percaya, deh.

Tips #7: Berikan Harga sesuai Kualitas

Perang harga

Sumber Gambar : netguru.com

Dan terakhir adalah dengan mengedepankan kualitas. Konsumen sekarang ini sudah semakin cerdas dan bisa membedakan mana barang yang bagus dan tidak. Jadi alih-alih membeli produk dengan harga lebih murah, mereka lebih rela mengeluarkan uang lebih banyak untuk mendapatkan produk yang memiliki kualitas terbaik.

Nah, itulah 7 tips mengatasi perang harga yang kamu alami. Dengan kiat di atas, kamu nggak perlu takut atau ragu untuk memulai bisnis, karena apapun masalahnya pasti ada solusinya.

Gimana, sudahkah kamu siap ikut bertarung di perang harga dan menjadi pemenangnya, kan, GenKs?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil