Game & Teknologi

Perbandingan Perbedaan Adobe Illustrator Vs CorelDRAW, Mana yang Lebih Unggul?

Kamu-kamu yang baru banget melangkah masuk ke dunia ilustrasi, pasti bakalan dibuat bingung dengan berbagai pilihan software seperti Adobe Illustrator vs CorelDRAW. Dua aplikasi ini emang yang paling nge-tren karena sama-sama user friendly dan mengutamakan hasil akhir desain yang berkualitas.

Jangan asal memilih. Agar nggak salah pilih, ada beberapa faktor yang wajib kamu perhatikan. Yuk, simak apa aja, sih, perbedaan dari Adobe Illustrator dan CorelDRAW seperti telah kami rangkum dari berbagai sumber berikut ini, GenKs:

Apa, sih, Persamaan antara Aplikasi Desain Adobe Illustrator dan CorelDRAW?

Sumber Gambar : behance.net

Eits, tapi sebelum lanjut ke perbedaan keduanya, pertama-tama mari kita kupas tuntas persamaan dari kedua software ini, yuk, guys!

#1: Fungsi

Sumber Gambar : squarespace.com

Baik AI, maupun CorelDRAW, keduanya sama-sama merupakan software yang dirancang untuk menggambar vektor. Keunggulan dari gambar vektor adalah bisa di-zoom berkali-kali tanpa pecah. Nggak heran kalau banyak desain logo, font hingga ilustrasi yang menggunakan format gambar ini.

#2: Fitur

Sumber Gambar : newjerseymultimedia.com

Fitur kedua aplikasi ini hampir mirip-mirip meski dibuat oleh perusahaan berbeda. Ada pun fitur-fitur yang dimiliki Adobe Illustrator dan CorelDRAW mulai dari Hand Tool hingga Pen Tool. Untuk perbedaannya bisa kamu intip di pembahasan perbedaan antara keduanya.

#3: Penggunaan

Sumber Gambar : Twitter.com

Untuk tampilannya, Adobe Illustrator dan CorelDRAW sama-sama hadir dengan desain intuitif. Agar bisa mengoperasikannya kamu nggak perlu ikut kursus macam-macam, cukup dengan mempelajari prinsip-prinsip dasar desain doang, kamu udah bisa bikin desain yang apik.

#4: Windows dan macOS

Sumber Gambar : careergirls.org

Ada beberapa aplikasi desain yang cuma bisa digunakan di salah satu operating system, misalnya Windows atau macOS doang, tapi enggak dengan Adobe Illustrator dan juga CorelDRAW. Karena keduanya bisa kamu pakai di perangkat Windows maupun macOS. Dan yang lebih menyenangkan, dua-duanya punya aplikasi di iPad yang cocok untuk desainer yang suka bekerja secara mobile, lho.

Apa saja Perbedaan Adobe Illustrator dan CorelDRAW?

Sumber Gambar : graphic-design-institute.com

Nah, sekarang waktunya untuk membahas apa aja, sih, perbedaan Adobe Illustrator vs CorelDRAW.

#1: Akses

Sumber Gambar : jobstreet.com.sg

Perbedaan pertama antara Adobe Illustrator dan CorelDRAW terletak pada format dokumen. Format dokumen Adobe Illustrator ekstensinya .ai, sementara CorelDRAW formatnya .cdr. Tapi nggak perlu cemas, karena keduanya bisa diubah ke format .jpg, .png, .pdf dan format lainnya.

Yang menarik, kamu bisa membuka dokumen .ai dengan CorelDRAW. Dan setelah kelar diedit, kamu bisa menyimpannya kembali dengan format yang sama. Tapi file .cdr nggak bisa dibuka dengan Adobe Illustrator.

#2: Kolaborasi

Adobe Illustrator Vs CorelDRAW

Sumber Gambar : windows.net

Buat kamu yang sering mendesain satu file barengan dengan rekan desainer lainnya, CorelDRAW menawarkan fitur keren, GenKs. Software desain ini punya fitur kolaborasi yang memudahkan penggunanya memberikan komentar dan catatan. Wah, kerja jadi makin gampang, deh.

#3:Fitur Tambahan

Adobe Illustrator Vs CorelDRAW

Sumber Gambar : fruitylogic.com

Adobe Illustrator terintegrasi dengan Adobe Stock dan Typekit. LewatTypekit, kamu nggak bakal bingung kehabisan font untuk desain. Sementara fitur Adobe Stock memudahkanmu menemukan banyak contoh ilustrasi untuk inspirasi desainmu.

Bedanya dengan CorelDRAW, software ini dibekali fitur PowerTRACE™ yang berfungsi untuk mengubah gambar dengan format bitmap jadi vektor dengan kualitas akhir sama-sama menakjubkan.

#4: Harga

Adobe Illustrator Vs CorelDRAW

Sumber Gambar : admecindia.co.in

Dilansir dari situs resminya, biaya untuk berlangganan Adobe Illustrator adalah:

  • Langganan Adobe Illustrator saja, biayanya US$239,88 per tahun
  • Langganan Adobe Illustrator dan aplikasi Creative Cloud lainnya, US$599,88 per bulan

Sedangkan untuk pembelian aplikasi CorelDRAW seperti dikutip dari website resminya adalah:

  • US$399 per tahun, atau
  • US$ 785 untuk pembelian sekali seumur hidup

So, Adobe Illustrator vs CorelDRAW, manakah yang terbaik menurutmu, GenKs?

About author

Related posts
Game & Teknologi

7 Tips Belajar UI UX Design, Newbie Wajib Tahu

Game & Teknologi

6 Tips Mudah untuk Bikin Kid Friendly Website, Cek di Sini!

Game & Teknologi

Pakai Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik, Biar Kamu Semakin Produktif

Game & Teknologi

Front End Developer vs. Back End Developer, Apa Sih Bedanya?