Seni Rupa & Desain

Mirip Tapi Tak Serupa, Ini Dia Perbedaan Antara Emoji dan Emoticon

Perbedaan-Emoji-&-Emoticon

Menjadi Lebih Inklusif

Perbedaan emoji dan emoticon 2

Sumber: itv.com

Dalam beberapa tahun belakangan, isu inklusivitas menjadi topik yang hangat diperbincangkan di kalangan masyarakat luas. Dalam berbagai aspek kehidupan, kamu pasti sering menemukan banyak hal yang dianggap tabu atau berbeda dari apa yang kamu temukan sehari-hari.

Aspek-aspek tersebut meliputi perbedaan kepercayaan, ideologi, budaya, sosial, dan masih banyak lagi. Pesan perdamaian terus digaungkan di seluruh dunia untuk menciptakan lingkungan dan tempat tinggal yang terbuka bagi semua lapisan masyarakat. Terlepas dari gaya hidup dan kepercayaan dipegangnya. 

Emoji yang merupakan salah satu bagian penting dari kebudayaan zaman digital, juga turut ambil peran nih. Dalam fungsinya sebagai media komunikasi universal, isu inklusivitas tak pelak  ikut berpengaruh di dalam pembuatannya. 

Perbedaan emoji dan emoticon 3

Sumber: keranews.org

Inklusivitas yang dimaksud bertujuan untuk merepresentasikan diversitas yang ada dari seluruh belahan dunia. Diversitas tersebut meliputi beberapa aspek berikut:

  • Warna kulit

Aspek pertama yang diangkat saat berbicara mengenai inklusivitas tak lain dan bukan adalah warna kulit. Yap, meskipun warna kuning sudah menjadi ciri khas dari emoji, beberapa karakter ikon wajah juga diberikan warna kulit. Pemberian warna kulit pada karakter manusia menjadi upaya untuk meningkatkan inklusivitas dalam dunia digital. Setidaknya ada lima warna kulit lainnya yang tersedia untuk kamu pilih, selain warna kuning khas tentunya. Mulai dari yang berwarna cerah (fair), sawo matang, hingga gelap (dark). 

  • Disabilitas

Beberapa bulan yang lalu, Unicode Consortium (UC), mengumumkan update terbaru berupa tambahan 230 bentuk baru ke dalam database-nya. Update tersebut kemudian menjadi bagian dari 3000 bentuk karakter yang digunakan di seluruh dunia. Salah satu tambahan paling dinanti adalah emoji yang merepresentasikan kaum difabel, khususnya tuna netra dan tuna rungu. Bentuk yang juga turut tersedia adalah kursi roda untuk pria dan wanita. 

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Daftar Aplikasi Ilustrasi Gratis Di Laptop, Cocok Buat Belajar!

Seni Rupa & Desain

Problematika Interpretasi Seni Rupa para Apresiator Muda

Seni Rupa & Desain

Cara Desain Poster di Canva untuk Bikin Konten Keren dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Tips Mendesain Karakter, Yuk Dicoba!