Creativepreneur and Career

Kenali Perbedaan Reseller dan Dropship, Penting untuk yang Ingin Bisnis Online

perbedaan-reseller-dropship

Kemungkinan Risiko

risiko-jualan-online

Risiko antara menjadi reseller dan dropship (Sumber: pexels)

Sama seperti bisnis pada umumnya, reseller dan dropship memiliki risikonya sendiri. Hal inilah yang kemudian menjadi perbedaan reseller dan dropship berikutnya. Jika menjadi dropshipper, risiko utamanya adalah barang nggak tersedia di supplier. Bisa aja kamu udah mengiyakan pesanan konsumen, tapi pas dicek, barangnya nggak ada. Mau nggak mau, kamu harus menolak atau membatalkan pesanan tersebut.

Sedangkan, kalau menjadi reseller, risikonya adalah produk kamu nggak laku terjual. Sementara, kamu udah terlanjur beli barang untuk persediaan. Jadi, ini bisa bikin kamu rugi. Kamu pun mau nggak mau harus jual rugi, misalnya dengan banting harga, daripada barang jualanmu nggak laku sama sekali.

Kelebihan dan Kekurangan Masing-Masing

kelebihan-kekurangan-reseller-dropship

Pilih yang mana? (Sumber: pexels)

Reseller 

Kelebihannya adalah kamu gampang mengetahui dan mengontrol stok barang, lebih paham kondisi produk dan bisa menjelaskannya ke konsumen, serta bisa jualan langsung atau offline. Sementara, kekurangannya adalah modalnya cukup besar karena harus beli barang untuk stok, harus mau ribet mengemas dan mengirim barang sendiri dan menanggung kerugian kalau barangnya nggak laku.

Dropship 

Kelebihannya adalah modalnya minim banget cuma perlu smartphone dan akses internet, nggak perlu mengemas dan kirim barang karena supplier yang melakukannya, nggak berisiko rugi meskipun produk nggak laku terjual. Sementara, kekurangannya adalah keuntungannya kecil, nggak tahu stok dan kondisi barang sehingga harus tanya supplier dulu, serta risiko merespons lambat ke konsumen karena barang lagi habis.

Dengan mengetahui perbedaan reseller dan dropship, kamu lebih paham tentang sistem dan cara kerjanya. Kamu pun memahami untung dan ruginya, sehingga mudah memutuskan mana jenis bisnis yang paling cocok buatmu.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!

Creativepreneur and Career

5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Bantu Kamu Kelola Finansial Setiap Bulannya

Creativepreneur and Career

Ide Bisnis dan Peluang Usaha untuk Datangkan Cuan yang Dapat Kamu Coba di Bulan Ramadhan