Seni Rupa & Desain

RGB vs CMYK: Pengaturan Komposisi Warna untuk Desainer

perbedaan rgb dan cmyk

Warna menjadi salah satu elemen dasar desain grafis yang paling penting. Secara pengertian, warna adalah spektrum tertentu yang terdapat dalam suatu cahaya sempurna atau berwarna putih. Nah, dalam mengerjakan proyek desain, pemilihan warna terkadang menjadi bagian krusial. Contoh kendala yang kerap dihadapi desainer adalah perbedaan warna antara di layar dengan hasil cetak. 

Sudah menghabiskan waktu semalam suntuk untuk mendesain, eh hasilnya malah tidak memuaskan setelah dicetak. Apakah kamu salah satu orang yang pernah mengalami kejadian ini? Kalau pernah, mungkin terjadi kesalahan saat kamu setting komponen warna. Ada yang namanya RGB dan CMYK sebagai pengaturan komposisi warna untuk desainer. Yuk simak penjelasan tentang perbedaan RGB dan CMYK yang sudah kami rangkum di bawah ini!

Apa Itu RGB?

perbedaan rgb dan cmyk

Warna RGB (sumber: color-list.fandom.com)

Kami mulai dari pembahasan pertama tentang pengertian RGB yang merupakan singkatan dari red, green, and blue. RGB adalah satuan model warna yang di dalamnya terdiri atas 3 buah warna, yaitu merah, hijau, dan biru yang kemudian bisa dikombinasikan dengan berbagai cara untuk menghasilkan ragam warna lain. Tinggal divariasikan saja intensitas warnanya. 

Model warna RGB biasanya digunakan untuk gambar elektronik atau gambar yang nantinya akan ditampilkan secara digital. Penggunaan mode warna RGB seharusnya tampak cocok di layar jenis apa pun. Namun, kembali lagi dengan jenis device yang kamu gunakan, karena masing-masing device berasal dari pabrik yang berbeda. Sehingga terjadinya perbedaan warna dari device satu ke device lainnya sangat mungkin terjadi. 

Desainer dapat mengontrol beberapa aspek warna, seperti hue, saturation, dan shadow untuk memodifikasi salah satu dari tiga warna utama RGB. Karena dilakukan secara digital, desainer dapat memanipulasi bagaimana cahaya pada layar dapat berimplementasi untuk menciptakan warna yang mereka inginkan.

Pencampuran Warna RGB

Ketika semua warna RGB dicampurkan, yaitu red, green, dan biru, maka akan menghasilkan warna putih murni. Merah ketika dicampur dengan hijau akan menghasilkan warna kuning. Hijau ketika dicampur dengan warna biru akan menghasilkan warna cyan. Biru dicampur dengan warna merah akan menghasilkan warna magenta. Kalau warna merah, hijau, dan biru dicampurkan bakal menghasilkan warna putih deh. 

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Ini Dia Channel YouTube Yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Melakukan Room Makeover Ala KDrama!

Seni Rupa & Desain

7 Font YouTube Thumbnails Agar Terlihat Unik dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Concept Art, Apa Itu? Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Concept Art

Seni Rupa & Desain

Banyak yang Susah Membedakan, Sudah Tahu Beda Typeface dan Font?