Travel

Pernah Dengar Soal Desa Boneka di Jepang? Ini dia Faktanya

Jepang merupakan salah satu negara maju di dunia ini. Teknologi di Jepang berkembang pesat seiring dengan perkembangan budanyanya juga. Tak heran mengapa masyarakat dunia tertarik mengunjungi negara ini dan membahas cerita menarik yang ada disini. Akan tetapi, Jepang menyimpan sejumlah problematika rumit loh. Salah satunya adalah masalah menurunnya tingkat kelahiran. Karena itulah, kaum manula jumlahnya jauh lebih banyak jika dibandingkan generasi mudanya. Di negara ini, kamu akan menemukan pemandangan yang berbeda. Di sebuah desa terpencil, bukannya manusia yang banyak ditemukan namun kamu akan sering menemui boneka yang jumlahnya super banyak. Ternyata ada cerita di balik semua itu yang bikin miris, lalu sebenarnya kenapa bisa begitu? Simak ulasan mengenai desa boneka di Jepang ini.

Penghuninya Kebanyakan Adalah Boneka

Sumber Gambar : Phinemo.com

Pada umumnya, sebuah desa atau pemukiman penduduk akan dihiasi dengan kegiatan-kegiatan penduduknya dari pagi hingga petang. Namun berbeda dengan keadaan di Desa Nagoro Jepang ini. Disini suasana akan mencekam dan sangat sepi tanpa ada manusia. Disini kamu akan merasa suasana yang horror. Ternyata yang tinggal disini hanya boneka boneka yang didandani mirip dengan orang. Ada yang sedang belajar di sekolah, berkebun, duduk-duduk santai, dan kegiatan lainnya. Jika berada disini akan merasakan suasana yang mengerikan. Apalagi jumlah boneka itu yang sangat banyak, seolah seluruh desa diisi oleh boneka.

Lalu Darimana Boneka Itu Berasal?

Sumber Gambar : beritamediaindo.com

Pastinya, kamu akan bertanya tanya jika berkunjung ke desa ini. Bagaimana para boneka ini ada disini. Sebelumnya kamu harus tahu bahwa dulu desa Nagoro ini sangat ramai penduduk. Namun seiringnya berjalan waktu para pemuda pemudinya pergi meninggalkan desa menuju kota dan sisalah para lansianya yang jumlahnya paling sedikit 27 orang. Suatu ketika seorang warga Ayako Tsukimi, pulang ke desa ini setelah merantau bertahun tahun. Dia merasa sedih karena desa ini sangat sepi, seperi kota hantu. Dari sanalah muncul ide kreatif ini untuk menciptakan boneka dan didandani seperti manusia. Hal ini dilakukannya untuk mengenang para penduduk desa yang telah pergi ke kota atau telah tiada. Oleh sebab itu, kita bakal lebih sering bertemu dengan boneka daripada penduduk aslinya. Jumlah boneka disini mencapai 10 kali lipat dari jumlah penduduk yang sebenarnya.

Baca Juga :   5 Destinasi Wisata Alam Jogjakarta Unik yang Mesti Kamu Kunjungi

Berhubungan Dengan Masalah Depopulasi

desa boneka di Jepang

Sumber Gambar : KlikPositif.com

Kejadian di desa Nagoro ini menjadi cerminan bagaimana keadaan Jepang saat ini. Seperti yang kita ketahu negeri matahari terbit ini mendapatkan masalah karena angka kelahiran yang sangat rendah. Menurut data statistic, penduduk dengan usia 60 tahun ke atas lebih banyak daripada usia lainnya. Para pemuda dari Nagoro pun memutuskan untuk pindah pada tahun 1960 setelah perang dunia ke II ke Tokyo. Karena menurut mereka, Tokyo adalah lokasi yang tepat untuk mengubah nasib mereka dibanding dengan desa.. Akhirnya setelah berangsur-angsur penduduknya pindah, tersisa lah Ayako Tsukimi dan penduduk lansia lainnya seperti yang saat ini.

Kampung boneka jadi daya tarik tersendiri

desa boneka di Jepang

Sumber Gambar : Kumparan.com

Awalnya penduduk boneka ini memang sangat menakutkan. Namun makin kesini daerah ini dijadikan sebagai tempat wisata. Banyak pengunjung dari luar kota bahkan luar negeri yang penasaran dengan dasa ini. Selain melihat boneka boneka yang unik tersebut, desa ini juga menyuguhkan keindahan alam yang sangat asri. Karena ketertarikan pengunjung, Ayako pun sangat rajin merawatnya. Kejadian ini pun menjadi penyemangat dan harapan baru bagi penduduk asli disana. Para lansia berharap, para pemuda berniat untuk tinggal disana dan bisa meramaikan kembali desa tersebut.

Itu dia sedikit penjelasan mengenai desa boneka di Jepang. Semoga bermanfaat.

About author

Related posts
Travel

Ini dia Pesona Pantai Cannon di Oregon, Pantai Yang Wajib Dikunjungi bagi Pecinta Pantai

Travel

5 Warisan Dunia UNESCO Di Malaysia Yang Punya Pemandangan Keren

Travel

5 Museum di Norwegia yang Wajib Dikunjungi, Ada Yang Khusus Untuk Sejarah Viking, Loh!

Travel

5 Destinasi Menakjubkan Negara Montenegro Yang Wajib Dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published.