Creativepreneur and Career

Pernah Dengar Strategi Blue Ocean? Apa Itu dan Gimana Penerapannya?

Strategi Blue Ocean

Duh, gimana, sih, caranya menang di tengah-tengah persaingan bisnis yang begitu ketat, supaya nggak gulung tikar karena kalah saing? Nah, ini mungkin sudah saatnya kamu menerapkan yang namanya strategi blue ocean, GenKs. Strategi bisnis ini dijamin efektif banget untuk meningkatkan peluang bagi para pemilik bisnis agar bisa sukses, lho, guys. Buat kamu yang masih awam banget, yuk, simak lebih lanjut tentang pengertian strategi blue ocean dan gimana penerapannya dalam bisnis:

Mengulik tentang Strategi Blue Ocean dalam Bisnis

Sumber Gambar : medium.com

Well, definisi strategi bisnis blue ocean secara harfiah, bisa diartikan sebagai suatu upaya untuk membuka target pangsa pasar baru untuk meminimalkan persaingan dengan rival lain yang bergerak di bidang bisnis serupa, guys.

Strategi blue ocean ini kali pertama dicetuskan oleh W. Chan Kim dan Renee Mauborgne di tahun 2005 melalui penelitian mereka yang berjudul ‘Value Innovation: A Leap into the Blue Ocean’.

Di dalam penelitiannya, keduanya mencantumkan apa itu yang dimaksud dengan blue ocean strategy, yakni cara strategi perusahaan dalam menciptakan pangsa pasar yang tak terbantahkan ruang penyebab kompetisi menjadi tidak relevan.

Go-Jek, yang didirikan oleh Nadiem Makarim, adalah perusahaan pertama yang menerapkan strategi bisnis ini. Terbukti saat itu, Go-Jek berhasil memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap perekonomian Indonesia, sebelum akhirnya selang dua tahun, tepatnya pada 2012, Go-Jek mendapat saingan baru, yaitu Grab, perusahaan teknologi mobile yang dicetuskan pengusaha asal Malaysia, Anthony Tan.

7 Panduan Dasar untuk Menerapkan Strategi Bisnis Blue Ocean

#1 Pelajari Kondisi Pasar

Sumber Gambar :idionomist.com

Hal paling pertama yang harus kamu lakukan dalam penerapan strategi blue ocean dalam bisnis adalah mempelajari kondisi pasar, seperti yang pernah sukses dilakukan Apple, perusahaan teknologi raksasa, yang berhasil menciptakan ponsel pintar eksklusif kelas atas yang berbeda dari produk smartphone lain. Dan sampai kini, Apple masih jadi rajanya di industri per-smartphone-an berkat strategi blue ocean.

#2 Tetapkan Segmen Pasar

Sumber Gambar : nlcdn.com

Langkah selanjutnya adalah menetapkan batasan-batasan pasar. Tujuannya agar kamu bisa tahu siapa target pasar yang sesuai dengan produk atau layanan yang akan kamu kembangkan nantinya. Caranya, pelajarilah produk kompetitor dan temukan rintangan mereka. Lalu dari riset itu, lakukan inovasi.

Baca Juga :   Apa Kamu Punya Jiwa Pemimpin yang Baik? Ikut Tes Ini Yuk!

3# Buat Kanvas Strategi

Sumber Gambar : cuttingwood.academy

Eits, di sini tugasmu bukan cuma bikin besaran angka dalam statistik doang, lho, GenKs. Tanggung jawabmu adalah merancang gambaran secara mendetail, agar lebih mudah membaca strategi yang nantinya akan kamu kembangkan. Cobalah beberapa jenis strategi kanvas, seperti peta P-M-S atau pioneer-migrator-settler.

#4 Ciptakan Konsep yang Benar-Benar Unik

Sumber Gambar : productplan.com

Keunikan adalah kunci penting dalam keberhasilan penerapan strategi blue ocean dalam bisnis di era modern. Ingatkah kamu tentang salah satu produk keripik singkong super pedas dengan level kepedasan yang berbeda? Dulu, dia-lah satu-satunya raja di pasar.

Tapi semakin banyak pesaing yang bermunculan, sang produsen pun mengubah strategi pemasarannya dengan hanya memproduksi dalam jumlah terbatas serta dijual di beberapa toko saja. Dan sekarang, kepopulerannya sedikit menurun. Inilah bukti kalau kita sebagai pemilik bisnis dituntut untuk terus memberikan keunikan, baik pada produk atau strategi pemasaran, agar brand kita tetap disukai.

#5 Buatlah Tingkatan Pembeli

Strategi Blue Ocean

Sumber Gambar : store.edds.com

Bagi konsumenmu ke dalam 3 tingkatan, guys. Tingkat pertama berisi target pembeli yang cuma sebentar doang membeli dan menggunakan produkmu karena kebutuhan mendesak atau dalam upaya mencari produk lain yang lebih sesuai.

Lalu tingkat kedua adalah mereka yang langsung menolak memakai produkmu. Sementara tingkat ketiga ditujukan untuk kelompok konsumen potensial.

#6 Atasi Rintangan Eksekusi Strategi

Strategi Blue Ocean

Sumber Gambar : dnb.co.uk

Nah, dalam poin ini, satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah memastikan bahwa kamu dan seluruh timmu akan berhadapan dengan berbagai rintangan. Mulai dari terbatasnya sumber daya, halangan di luar perusahaan hingga staff yang nggak lolos kualifikasi. Kalau mau sukses, kamu harus bisa mengatasi semua rintangan yang mungkin datang.

#7 Sikap dan Perilaku yang Harus Diambil

Strategi Blue Ocean

Sumber Gambar : coburgbanks.co.uk

Panduan terakhir yang nggak boleh kamu abaikan dalam penerapan strategi bisnis blue ocean adalah komitmen dan kepercayaan tinggi terhadap seluruh staff yang bertugas untuk mengeksekusi strategi. Dengan begitu, di dalam perusahaanmu akan tercipta suasana positif yang menunjang pelaksanaan eksekusi tersebut, GenKs.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Simak Trik Pemasaran Kpop Buat Branding Bisnis Kamu

Creativepreneur and Career

Potensi Bisnis Maggot (Belatung) Bikin Kamu Dapetin Untung Besar

Creativepreneur and Career

Cara Daur Ulang Konten Biar Blog Kamu Kebanjiran Pengunjung

Creativepreneur and Career

Cara Menganalisa Peluang Usaha Buat Pebisnis Pemula