Creativepreneur and Career

Pertanyaan Saat Wawancara Kerja Plus Cara Menjawabnya

pertanyaan-saat-wawancara-kerja

Saat kamu akhirnya memasuki tahap wawancara kerja, rasanya pasti exciting. Sebab, kamu tinggal selangkah lagi diterima bekerja di perusahaan impianmu. Maka dari itu, inilah saatnya kamu mempersiapkan jawaban tepat untuk pertanyaan saat wawancara kerja. Sebab, dari sinilah perekrut bisa mengenalmu dan mengetahui kepribadian serta kemampuanmu. Pertanyaan yang diajukan biasanya standar tapi memang menjebak. Maka dari itu, simak pertanyaan wawancara kerja serta jawabannya yang tepat!

Pertanyaan: Ceritakan Tentang diri Anda

Ceritakan Tentang diri Anda

Sumber: pexels.com

Hindari jawaban: detail tentang kehidupan keluarga, rekam medis atau riwayat masalah pekerjaan.

Mengapa jawaban ini harus dihindari: kamu harus menghindari jawaban tentang semua hal pribadi yang nantinya bisa digunakan untuk bertanya balik kembali padamu. Jangan menjawab apapun tentang kesehatan dan keluarga. Kamu juga harus percaya dan yakin kepada diri sendiri.

Jawaban yang tepat: beri penjelasan singkat tentang pengalaman kerjamu sejauh ini, mengapa itu berkaitan dengan posisi kerja yang kamu lamar sekarang. Jelaskan juga apa targetmu dengan pekerjaan barumu nanti. Kalau sempat, boleh kamu tambahkan minat dan hobimu.

Pertanyaan: Apa yang Anda Ketahui tentang Perusahaan Ini?

pertanyaan saat wawancara kerja Apa yang Anda Ketahui tentang Perusahaan Ini

Sumber: pexels.com

Hindari jawaban: menjelaskan bidang industri perusahaan yang memang sudah sangat jelas, atau menghindari menjawab to the point.

Mengapa jawaban ini harus dihindari: saat kamu kelihatan nggak  benar-benar mencari tahu tentang perusahaan tempatmu melamar kerja, maka perekrut akan merasa bahwa kamu orang yang nggak  serius, malas atau nggak masuk akal. Ini seketika bakal mengurangi kesempatanmu untuk diterima.

Jawaban yang tepat: pertanyaan saat wawancara kerja ini seharusnya dijawab dengan hal yang lebih detail mengenai perusahaan. Jelaskan produk atau layanan yang disediakan oleh perusahaan, target market mereka dan model bisnisnya, juga segala informasi yang terkait dengan bisnis tersebut.

Pertanyaan: Apa yang Menjadi Kelebihan Anda?

Apa yang Menjadi Kelebihan Anda

Sumber: pexels.com

Hindari jawaban: saya seorang team player.

Mengapa jawaban ini harus dihindari: ini adalah jawaban yang terlalu luas dan singkat. Nggak  ada penjelasan spesifik tentang kualitas dirimu yang unik. Recruiter akan kesulitan menilai bagaimana sosokmu dengan hanya memberikan satu clue “team player.” 

Jawaban yang tepat: pertanyaan saat wawancara ini seharusnya dijawab dengan menjelaskan secara spesifik tentang BAGAIMANA kamu bekerja sama dengan rekan kerjamu, serta caramu berhubungan dengan divisi lain di tempat kerja. Beritahu mengapa menurutmu penting banget menjalin koneksi dan hubungan personal. Beri contoh dari pengalaman kerjamu yang terdahulu.

Pertanyaan: Apa Kelemahan Anda?

pertanyaan saat wawancara kerja kelemahan anda

Sumber: pexels.com

Hindari jawaban: saya bekerja terlalu keras atau saya seorang perfeksionis.

Mengapa jawaban ini harus dihindari: jawaban seperti ini berarti kamu menganggap sesuatu yang seharusnya menjadi kekuatanmu, sebagai kelemahan dan kekurangan. Pertanyaan saat wawancara kerja ini seharusnya dijawab dengan hal yang memang benar menjadi kekuranganmu.

Jawaban yang tepat: kandidat harus jujur. Kamu perlu terbuka dan menjawab sebagaimana adanya tentang kelemahanmu. Bilang kalau kamu sadar akan kekurangan tersebut, serta mau terus belajar menjadi lebih baik.

Pertanyaan: Mengapa Anda Ingin Bekerja di Sini?

pertanyaan saat wawancara kerja alasan memilih perusahaan

Sumber: pexels.com

Hindari jawaban: karena saya membutuhkan pekerjaan.

Mengapa jawaban ini harus dihindari: Mungkin kamu mengira jawaban ini lucu atau jujur, tapi sebenarnya nggak. Kamu perlu memberikan jawaban yang lebih logis dan rasional, serta bisa menjadi alasan kuat mengapa kamu satu-satunya kandidat yang bakal cocok bekerja di perusahaan tersebut.

Jawaban yang tepat: pertanyaan saat wawancara kerja ini harusnya dijawab setelah kamu melakukan riset. Lakukan riset yang sangat detail tentang perusahaan tersebut, nilai-nilai dan visi misi mereka, serta produk baru yang mau diluncurkan. Katakan bahwa kamu adalah seseorang yang kompeten di bidang industri perusahaan tersebut.

Sampaikan kalau amu ingin terlibat di dalam organisasi serta bergabung dalam tim untuk memajukan perusahaan. Bilang kalau nilai-nilai perusahaan sejalan dengan pandangan pribadimu. Katakan bahwa kamu bisa melakukan pekerjaan dengan baik dan bisa belajar serta berkembang di sana.

Demikian pertanyaan saat wawancara kerja yang paling sering ditanyakan, beserta jawaban yang harus kamu sampaikan dan yang nggak . Persiapkan kondisi fisik dan juga mental kamu sebelum mengikuti wawancara kerja. Jangan lupa sarapan juga! Semoga berhasil!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil