Buku

Suka Nulis? Unggah Karyamu ke 3 Platform Baca Buku Online Ini

Platform-Unggah-Karya-Tulis

Menulis adalah pekerjaan yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Jika kamu adalah salah satu orang yang memiliki minat dan hobi dalam menulis, kamu tidak perlu bingung lagi, GenK. Sekarang sudah banyak platform baca buku online yang menyediakan fasilitas untuk menulis cerita.Β 

Melalui platform itu, cerita kamu bisa tersalurkan dan dinikmati oleh pembaca dari seluruh penjuru dunia. Ada 3 rekomendasi platform baca buku online yang bisa bikin kamu produktif untuk mengunggah cerita, GenK, yaitu Wattpad, Archive of Our Own, dan FanFiction.net.

Wah apa aja tuh? Yuk kita bahas satu per satu! πŸ’β€β™‚οΈ

Wattpad

wattpad.JPG

(sumber: id.wikipedia.org)

Platform baca buku online yang pertama adalah Wattpad. Wattpad adalah layanan situs web dan aplikasi di ponsel pintar yang memberi wadah untuk komunitas penulis dan pembaca online. Hingga kini, aplikasi yang menyediakan fitur baca dan tulis ini masih sangat digandrungi oleh masyarakat.

Dirilis oleh Allen Lau dan Ivan Yuen pada tahun 2006, sampai sekarang sudah lebih dari 70 juta orang yang menggunakan Wattpad. Melalui aplikasi ini, penulis dan pembaca dari seluruh dunia bisa terhubung dengan mudah. 🀝

Cara kerja Wattpad tidak jauh berbeda dari Blog, hanya saja cara pengoperasian Wattpad lebih terstruktur. Kamu tinggal memilih tulisan dengan genre apa yang ingin kamu baca. Dengan menulis tagar genre, semua cerita yang terkait langsung tersedia loh.

Karya yang dapat kamu tulis dan baca di Wattpad adalah acak (random), cerita pendek, ChickLit, fantasi, fiksi ilmiah, fan-fiction, fiksi remaja, fiksi sejarah, fiksi umum, horor, humor, klasik, laga, manusia serigala (werewolf), non-fiksi, paranormal, petualangan, puisi, roman, spiritual, dan vampir.

Wah banyak banget kan, GenK?

Mayoritas penulis dan pembaca di Wattpad adalah remaja loh. Dari Wattpad, mereka lebih bisa berekspresi dengan tulisannya, karena tidak ada aturan yang mengikat sehingga kamu bebas berimajinasi dalam berkarya. 😸

Dengan cara kerja create, build, dan amplify, Wattpad bisa menyalurkan bakat kamu dalam dunia menulis. Jadi, aplikasi ini cocok banget deh untuk kamu yang punya minat dan hobi menulis. Tulisan kamu akan dengan mudah ditemukan oleh orang dari seluruh penjuru dunia.

Untuk pembaca, ada fitur untuk komentar, vote, dan menyimpan cerita. Kamu bisa menyimpan cerita favoritmu di fitur penyimpanan pribadi maupun umum.

Dengan penyimpanan umum, cerita yang sudah kamu baca akan terpampang di profil akun dan dapat dilihat oleh followers kamu. Sehingga kamu dan pembaca lain bisa saling bertukar cerita favorit, GenK. πŸ‘

Namun sayang sekali sekarang Wattpad sudah tidak menyediakan fitur private story, sehingga siapa saja bisa membaca cerita kamu. Padahal dengan private story, kamu bisa menyaring pembaca yang mampir ke cerita kamu. Bisa bahaya banget kan kalau ada pembaca yang ternyata masih di bawah umur.

Dari Wattpad, ternyata kamu bisa jadi penulis terkenal juga loh! Cerita kamu memiliki potensi untuk diterbitkan, diproduksi jadi film atau movie, dan serial televisi.

Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa cerita Wattpad yang diangkat jadi film layar lebar, seperti Dear Nathan dan A: Aku, Benci, dan Cinta. Ketika sudah jadi film, peminat karya-karya tersebut pun masih tetap banyak, GenK.

Ya, meskipun, ada beberapa pembaca yang membandingkan antara versi Wattpad dengan versi film. Tapi sebetulnya, tak ada salahnya sih untuk menonton filmnya terlebih dahulu, baru membaca Wattpad. πŸ‘β€πŸ—¨

Bagaimana GenK? Apakah kamu tertarik untuk mengunggah cerita di Wattpad? Siapa tau karya kamu bisa menjadi salah satu cerita yang bisa diterbitkan atau bahkan diangkat ke layar lebar, GenK!Β 

Archive of Our Own

archive.JPG

Sumber: tvtropes.org

Dari namanya saja kamu sudah dapat menyimpulkan sebenarnya apa itu Archive of Our Own. Sama dengan beberapa platform baca online lainnya, Archive of Our Own atau yang sering disingkat AO3 ini adalah tempat terbuka yang mewadahi para penulis dan pembaca.

AO3 dibuat sejak 2008 oleh Organization for Transformative Works. Pada November 2009, AO3 sudah masuk ke versi beta atau pengujian terbuka.

AO3 merupakan ruang yang sengaja diciptakan dan dikelola sendiri oleh para penulis dan pembaca. Di sana mereka dapat menikmati beraneka jenis karya secara gratis, misalnya fan-fiction, fan-art, dan video.

Saat ini AO3 menjadi platform baca online yang paling populer di kalangan pecinta fan-fiction. Penulis dan pembaca genre ini lebih memilih mengunggah karya tulisnya di sini karena lebih banyak pembaca dengan selera serupa.

Karya fan-fiction yang ditulis di AO3 dapat ditulis oleh siapa saja, GenK, termasuk kamu. Situs AO3 sendiri menerima sambutan positif dari komunitas penulis dan pembaca, karena desainnya menarik dan lebih terorganisir. 😁

Ada beragam jenis karya yang bisa kamu nikmati di AO3. Ada books & literature, celebrities & real people, musik & band, teater, video game, anime & manga, kartun, komik, movies, acara televisi, dan lain-lain.

Banyak banget kan, GenK? Lalu apakah kamu tertarik untuk menuliskan karya kamu di AO3? Nah, tapi ada yang perlu kamu catat nih. Mayoritas cerita yang diunggah di AO3 berbahasa Inggris, GenK.

FanFiction.net

fan.JPG

(sumber: amazon.com)

Selain AO3, ada lagi nih tempat membaca fan-fiction secara online, yaitu FanFiction.net. FanFiction.net atau yang biasa disingkat dengan FFN adalah situs web dan aplikasi ponsel pintar yang juga digunakan untuk mewadahi cerita fan-fiction dengan gratis. πŸ˜‰

FFN dirilis pada 15 Oktober 1998 oleh Xing Li yang merupakan seorang programmer komputer di Los Angeles. FFN masuk ke dalam jajaran situs fan-fiction terbesar dan paling populer di kalangan remaja saat ini.

Di Indonesia sendiri, lebih banyak penulis fan-fiction yang lebih memilih mengunggah karyanya di FFN. Makanya, dibandingkan dengan AO3, cerita berbahasa Indonesia di FFN lebih banyak, GenK.

Beragam jenis cerita fan-fiction juga bisa kamu temukan di FFN. Ada anime atau manga, miscellaneous, books, movies, kartun, komik, game, dan televisi. Kamu tinggal memilih ingin membaca cerita yang seperti apa, GenK.

Melalui FFN kamu bisa dengan mudah menyalurkan ide cerita yang dikemas dalam bentuk fan-fiction ke situs web. Kamu pun dapat langsung berkomunikasi dengan penulis dan pembaca fan-fiction dari seluruh penjuru dunia. 🌏

Bukan cuma itu, di FFN, kamu juga bisa mendapat feedback seperti komen dan vote dari para pembaca. Semakin banyak feedback yang kamu dapatkan, bisa jadi cerita buatanmu akan diterbitkan jadi buku, GenK.

Walaupun dalam FFN kamu bisa bebas berimajinasi, tapi kamu harus tetap perhatikan tentang hak cipta. Saat ini FFN telah melakukan beberapa perubahan kebijakan tentang pengunggahan cerita.

Jika ada cerita yang ketahuan melanggar hak cipta, pihak FFN tidak segan-segan untuk menghapus cerita kamu loh. Sayang banget kan, GenK, kalau cerita yang sudah kamu buat harus terpaksa dihapus dari FFN.

Nah, gimana? Apakah sekarang kamu sudah tertarik untuk mengunggah karya fan-fiction di FFN?Β 


Itulah 3 platform baca buku online yang bisa kamu jadikan tempat untuk mengunggah karya tulisanmu. Dari ketiga platform di atas, manakah yang menjadi favoritmu?

Teruslah berkarya, GenK, sebab dari sesuatu yang kecil mana tahu nanti karya kamu akan dilirik oleh perusahaan penerbit buku atau bahkan produser film. Perbanyak mencari referensi agar ide kamu semakin berkembang dan matang. Selamat berkarya, GenK! 😊

About author

Related posts
Buku

Love In Heart

Buku

Cara Bersikap Asertif Ala Judy Murphy (Part 2)

Buku

Cara Bersikap Asertif Ala Judy Murphy (Part 1)

Buku

Kamu Hobi Membaca? Ini Dia Beberapa Buku Menarik Dari Penulis Wanita di Seluruh Dunia!