Game & Teknologi

Mirip Tapi Tak Sama, Perbedaan Podcast dan Radio yang Perlu Kamu Ketahui

podcast adalah

4. Hak Cipta Musik

podcast adalah 5

Gambar hak cipta musik (sumber: musicsoiree.com)

Siapa yang suka mendengarkan musik lewat radio nih?

Ini dia salah satu fitur radio yang paling banyak disukai orang, apalagi kawula muda kayak kamu, GenK. Kalau kamu suka memutar musik lewat radio, kamu mungkin akan sedikit kecewa saat mendengarkan podcast.

Saat mendengarkan podcast, kamu jangan berharap akan ada lagu yang diputarkan di sela-sela pembicaraan yang dibawakan oleh sang penyiar.

Hal ini terkait dengan hak cipta lagu yang tidak bisa sembarangan diputar untuk konten-konten dalam bentuk podcast.

Eits, meskipun kamu tidak bisa mendengarkan lagu melalui podcast, kamu bisa lebih fokus untuk memproduksi konten menggunakan suaramu sendiri. Harus siap-siap untuk banyak ngomong yah, GenK!

5. Konten Antibasi

podcast adalah 6

Gambar konten (sumber: mojoactive.com)

Ini dia yang bikin podcast menjadi salah satu pilihan menarik bagi kamu yang ingin mencoba mendengarkan konten menarik dan berkualitas.

Saat kamu sedang mendengarkan radio yang menyiarkan mengenai sebuah cerita drama, lalu tiba-tiba kamu kebelet untuk pipis. Pada saat kamu balik dari kamar mandi, siaran drama tersebut sudah selesai.

Pasti sebel dong!

Nah, hal tersebut tidak akan kamu alami saat mendengarkan podcast, GenK. Seperti yang kami bahas sebelumnya, kamu bisa memilih untuk mendengarkan podcast kapanpun tanpa ada batasan waktu.

Kamu bisa memilih untuk mendengarkan konten episode 1 dari podcast yang keluar di tahun 2010 hingga konten terbaru yang baru saja diluncurkan dua minggu yang lalu, loh!

Jenis-Jenis Podcast

Popularitas podcast semakin meningkat di tahun ini, GenK. Semakin banyak orang yang tertarik untuk mendengarkan podcast. Dengan demikian, semakin banyak pula pilihan podcast yang bisa kamu dengarkan.

Bagi yang kamu yang tertarik untuk membuat podcast-mu sendiri, kamu harus tahu dulu jenis-jenisnya.

Apakah kamu akan membuat acara talkshow dengan mewawancarai orang? Atau kamu ingin menceritakan kisah hebat orang dari bidang tertentu? Bahkan mungkin hanya sekedar meluapkan apa yang ada di pikiranmu saja?

Terlepas dari alasanmu untuk membuat podcast, kamu wajib memahami setiap bentuknya, GenK. Karena masing-masing punya format yang berbeda satu sama lain. Ini dia jenis-jenis yang harus kamu tahu:

1. Jenis Interview

podcast 7

Contoh podcast interview (sumber:podbean.com)

Ini dia bentuk podcast yang paling umum dijumpai, one-on-one interview. Bentuk ini memang paling gampang dibuat. Cukup dengan mikrofon dan internet, kamu sudah siap untuk membuat sebuah podcast, GenK.

Kamu bisa memilih bentuk ini untuk membicarakan topik khusus yang memang membutuhkan seorang ahli. Jadi saat kamu membahas sebuah topik, kamu dapat berdiskusi dengan orang lain.

Kelebihan bentuk ini adalah para pendengarmu bisa mendengarkan suara lain selain milikmu. Jadi gak gampang bosan. Topik yang dibahas pun bisa menjadi lebih objektif. Apalagi jika orang yang kamu interview adalah seorang ahli di topik tersebut.

Tips rekaman

Untuk membuat podcast bentuk ini, ada beberapa opsi rekaman mesti kamu perhatikan nih, GenK.

  • Telepon. Rekamlah interview-mu melalui smartphone dengan aplikasi untuk perekam panggilan. Hasil rekamannya nanti dapat kamu sinkronisasikan melalui komputermu saat proses editing.
  • Skype. Jika kamu tidak memiliki smartphone, bisa juga pakai Skype di komputermu untuk menghubungi akun Skype orang tersebut. Kamu bisa menggunakan fitur Skype call recording tool untuk merekam hasil percakapan kamu. Lalu tinggal masukan di podcast deh.
  • One-on-one. Opsi ini bisa menjadi pilihan jika kamu dapat bertemu langsung dengan narasumbermu. Letakan mikrofon tepat di depan sang narasumber. Pastikan juga suaranya terdengar jelas yah.

2. Jenis Solo

podcast adalah 8

Contoh podcast solo (sumber: castos.com)

Seperti namanya, podcast yang satu ini hanya dilakukan oleh kamu seorang nih. Waktunya kamu untuk bersinar, GenK!

Pada dasarnya jenis ini akan berbentuk seperti obrolan biasa dengan para pendengarmu. Cocok banget jika kamu punya pendapat menarik tentang sebuah isu yang sangat spesifik. Bisa ngomongin tentang musik, ataupun bisa juga coba stand-up comedy.

Kamu dapat memberikan komentar dan pendapatmu mengenai sebuah isu. Bahaslah topik pilihanmu dari sudut pandang yang unik dan menarik.  

Meskipun terdengar mudah, jenis yang satu ini tidak selalu cocok untuk semua orang. Ada beberapa hal yang bisa menjadi tantanganmu saat proses rekaman.

Kamu harus bisa memastikan para pendengar tidak bosan dan dapat memahami apa yang ingin kamu sampaikan. Kuncinya adalah pada alur rekamanmu nih, GenK. Hal ini bisa kamu siasati dengan menyiapkan narasi sebelumnya.

About author

Related posts
Game & Teknologi

7 Tips Belajar UI UX Design, Newbie Wajib Tahu

Game & Teknologi

6 Tips Mudah untuk Bikin Kid Friendly Website, Cek di Sini!

Game & Teknologi

Perbandingan Perbedaan Adobe Illustrator Vs CorelDRAW, Mana yang Lebih Unggul?

Game & Teknologi

Pakai Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik, Biar Kamu Semakin Produktif

Leave a Reply

Your email address will not be published.