Fotografi

Biar Foto Lebih Ciamik, Dapatkan Point of Interest dengan Cara Ini

Point Of Interest (POI) Dalam Fotografi

Sebuah foto tidak hanya menyajikan gambar tanpa arti tapi ada satu cerita yang dibawanya. Seringkali kita bisa mengatakan foto indah karena komposisi yang diangkatnya. Salah satu komposisi yang membuat foto menjadi menarik yaitu point of interest atau POI. POI bisa diartikan sebagai fokus utama dalam sebuah gambar. Ketika kamu melihat sebuah gambar, pasti ada satu titik yang bisa menarik perhatian dan kamu langsung bisa mengenali tema yang diangkat oleh foto. 

Tanpa adanya POI dalam sebuah foto, akan menjadikannya terlihat flat dan kurang menarik. Sebab, POI bisa dikatakan meningkatkan daya tarik orang terhadap sebuah foto. Ketika ada POI di dalamnya, orang yang melihat akan langsung tertuju pada objek tersebut. Kemudian orang tersebut juga akan tertarik untuk melihat objek sekeliling dengan seksama. Nah, agar foto tetap terlihat menarik, perhitungkan juga posisi objek dengan mengikuti aturan rule of thirds.

Cara Menentukan Point of Interest

Untuk mendapatkan hasil foto terbaik, lalu bagaimana cara menentukan point of interest dalam sebuah foto? Berikut adalah lima cara yang bisa kamu praktikkan.

1. Temukan Objek yang Berbeda dari Sekeliling

Point of Interest

Sumber: photalia.com

Cara pertama yang harus dilakukan untuk mendapatkan POI yaitu menemukan objek yang berbeda dari sekeliling. Jika kamu ingin memotret di keramaian, hal ini cukup penting untuk menemukan satu objek pembeda di antara yang lainnya. Usahakan dalam satu foto tidak datar hanya berupa latar belakang. Jika objeknya hanya satu, ambil momen yang tepat atau tempatkan di titik tertentu. Misalkan dalam foto ini ada nelayan yang sedang menebar jala. Kamu bisa menjadikan momen di mana jala mengembang ketika akan dilempar sebagai POI-nya.

2. Ikuti Rule of Thirds

Rule of Thirds

Sumber: photalia.com

Kemudian tetap ingat dan ikuti aturan dasar fotografi seperti rule of thirds. Kamu bisa menggunakan bantuan grid layar untuk menempatkan objek pada posisi yang tepat. Posisi yang kurang tepat bisa membuat foto kurang menarik atau menggeser objek yang menjadi POI. Dalam foto ini, rule of thirds yang diangkat yaitu keseimbangan posisi bagian samping dan kanan gedung. Gedung akan terlihat lebih proporsional dan menarik ketika dilihat.

Baca Juga :   Tips Atau Cara Rawat Kamera Mirrorless Milikmu Agar Awet
About author

Related posts
Fotografi

Cara Ampuh Menghindari Review Negatif Dari Pelanggan, Dengan Foto Produk Yang Sesuai!

Fotografi

Komposisi dan Pencahayaan Dibalik Foto Interior yang Menarik

Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Tips Membuat Video Pernikahan Sendiri Biar Lebih Hemat Bujet