GenK LIFE

Pola Asuh Tiger Parenting, Benar Baikkah untuk Mental Anak?

Apa itu tiger parenting?

Walau menggunakan istilah ‘tiger’, tiger parenting ini bukan berarti pola pengasuhannya akan seperti pola pengasuhan antara harimau bersama dengan anak harimau. Istilah ini ini pertama kali diperkenalkan oleh Amy Chua, seorang profesor hukum dari Universitas Yale, yang juga merupakan penulis buku berjudul “Battle Hymn of the Tiger Mother”.

Berdasarkan buku tersebut, “Tiger Mom” adalah gaya mengasuh anak dengan menerapkan aturan yang cukup ketat dan keras pada anak-anak. Amy menggunakan istilah ‘tiger” karena dalam buda timur sendiri, harimau dianggap sebagai lambang keberanian dan kekuatan.

Ilustrasi pola asuh. (Sumber: shutterstock)

Pola asuh ini menerapkan aturan yang cukup ketat dan keras pada anak-anak, serta mengajarkan anak-anak untuk dilatih berkerja keras dan lebih disiplin sejak dini, agar saat dewasa sudah terbiasa akan kerasnya dunia yang penuh dengan tantangan dan persaingan. Tiger parenting sering kali diterapkan dan berpusat kepada sektor pendidikan. Hal inilah yang membuat anak-anak akan memiliki jadwal belajar yang amat sangat padat baik di dalam maupun di luar sekolah.

Anak dituntut untuk mempelajari segala hal tentang keterampilan, kesenian tanpa mengesampingkan hal-hal akademis. Anak juga akan dituntut untuk mendapatkan nilai yang sempurna dari berbagai bidang tersebut. Penerapan pola asuh seperti ini, sebenarnya membuat para orang tua juga tahu jika akan ada beban dan tekanan yang dirasakan anak.

Walau demikian, mereka tetap masih berpikir tidak apa-apa dan malah memberikan dampak yang baik bagi anak-anak karena dapat membuat anak menjadi lebih kuat, tahan banting dan tidak cengeng.

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya