Seni Rupa & Desain

Ini Lho, Cara Terbaik Portofolio Desainmu Terlihat Profesional di Depan Klien!

portofolio desain

Buat kamu yang menggeluti dunia kreatif dan menghasilkan karya seperti desain, wajib hukumnya untuk memiliki portofolio. Portofolio ini menjadi bukti kumpulan karya yang telah kamu ciptakan. Saat kamu akan melamar pekerjaan, klien biasanya akan meminta portofoliomu. Di saat-saat seperti inilah portofoliomu bisa menjadi dokumen yang cukup sakti. Semakin baik portofolio berisi karya yang dibuat, semakin besar pula kemungkinan klien akan cocok dengan kamu.

Ada portofolio yang ditampilkan dalam bentuk hardcopy dan ada yang online. Untuk portofolio yang online, umumnya ditampilkan dalam suatu website maupun platform sehingga klien bisa langsung melihat hasil karyamu di sana. Kalau kamu ingin membuat portofolio online, berikut ini ada lima tips membuat portofolio desain yang bisa kamu coba.

1. Pilah Karya Desain

Pilah Karya Desain

sumber: careerfoundry.com

Dalam perjalanan karir yang sudah kamu lalui, pasti ada banyak karya desain yang sudah dibuat. Pertanyaannya, apakah semua harus ditampilkan? Jawabannya tidak selalu harus ditampilkan. Pilihlah beberapa desain terbaik dari semua desain yang ada. Alasannya yaitu terkadang klien tidak memiliki banyak waktu untuk mengecek semua portofolio desain. Hanya beberapa menit saja untuk klien bisa memutuskan akan memilih kamu atau hanya lewat saja. Pilah juga karya yang sudah dibuat sesuai kategori misalkan grafis poster, logo, interior, dan lain-lain.

2. Sisipkan Cerita Tentang Desain yang Ditampilkan

Sisipkan Cerita Tentang Desain yang Ditampilkan

sumber: redpointspeaks.com

Ada baiknya kamu tidak hanya menampilkan karya jadi dari semua desainmu. Sisipkanlah cerita tentang karya yang kamu buat dan cerita dibalik pembuatannya jika perlu. Hal ini akan menonjolkan impresi lebih dari sebuah karya yang kamu buat. Siapa tahu klien tertarik dengan cerita dari sebuah karya yang kamu buat ini. Namun, perlu diingat untuk tidak terlalu panjang dan bertele-tele, ya. Ingat, curilah perhatian klien dalam sekejap!

3. Survei Situs yang Tepat dan Sesuai

Survei Situs yang Tepat dan Sesuai

sumber : unsplash.com

Memilih situs yang tepat kebanyakan akan membutuhkan waktu hingga menemukan satu situs yang tepat. Apalagi saat ini sudah banyak situs penyedia portofolio desain online yang bisa kamu gunakan. Beberapa situs atau platform yang bisa kamu gunakan yaitu Dribbble, Karya Karsa, wordpress, behance dan Wix. Pilihlah situs yang paling cocok menurutmu.

Baca Juga :   Ini Dia Alasan Kenapa Behance Menjadi Platform Portofolio Terbaik
About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Ini Dia Channel YouTube Yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Melakukan Room Makeover Ala KDrama!

Seni Rupa & Desain

7 Font YouTube Thumbnails Agar Terlihat Unik dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Concept Art, Apa Itu? Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Concept Art

Seni Rupa & Desain

Banyak yang Susah Membedakan, Sudah Tahu Beda Typeface dan Font?