GenK LIFE

Pupuk Jiwa Nasionalisme-mu dengan Bangga Gunakan Produk Lokal!

produk lokal

Bulan Agustus tahun 2020 ini, Indonesia pas berusia 75 tahun, loh. Menikmati kemerdekaan lebih dari setengah abad ini, apa sih, yang udah kamu lakukan sebagai bukti cinta Tanah Air? Sebenarnya untuk membuktikan tingginya nasionalisme kita nggak sulit, kok. Cara paling mudah dan yang bisa dilakukan oleh siapa pun, adalah dengan berbangga menggunakan produk-produk buatan lokal. Nah, sama dengan tema Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-75, yakni ‘Bangga Buatan Indonesia’, nih, yuk, pupuk cinta Tanah Air-mu dengan menggunakan produk lokal dan terapkan rahasia sederhana di bawah ini.

1. Kunjungi Pasar Lokal atau Belanja Langsung di Petani Lokal

produk lokal petani

sumber: inhabitat.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia kaya akan produk-produk pertanian. Kamu bisa menemukan berbagai hasil bumi sepanjang tahun. Mulai dari buah, sayuran, telur hingga berbagai rempah. Daripada beli produk impor di pasar-pasar swalayan, kamu bisa mendukung pertumbuhan ekonomi dalam negeri dengan mengunjungi pasar-pasar tradisional atau belanja langsung di petani lokal. Keuntungan belanja langsung dari petani lokal adalah kesegarannya yang lebih fresh dan tentu harganya.

2. Beli Roti dan Olahannya di Penjual Lokal

membeli roti

sumber: stocksy.com

Nggak cuma bahan mentah saja, kamu juga bisa mendukung petani lokal dengan membeli berbagai olahan roti hingga makanan ringan dari industri rumahan yang rasanya nggak kalah lezat dibandingkan dengan buatan pabrik luar negeri. Coba kamu sedikit perhatikan di sekitar tempat tinggalmu, pasti ada toko roti yang memproduksi makanan-makanan home made. Keuntungan yang paling terasa adalah harganya lebih miring karena dibuat dari bahan-bahan yang didatangkan langsung dari petani lokal.

Baca Juga :   Hari Prast, Karya Terbaik Anak Bangsa untuk Indonesia

3. Bergabunglah dan Jadi Anggota Koperasi

membeli buah sayur

sumber: thelandconnection.org

Memakai produk lokal untuk membantu masyarakat sekitar, tapi sekaligus ingin meraih keuntungan? Kamu bisa ikut bergabung menjadi anggota koperasi atau organisasi petani lokal setempat. Mereka nggak cuma menyediakan barang-barang yang diproduksi oleh warga sekitar, tapi juga menyediakan harga yang biasanya lebih miring untuk anggotanya. Kalau di tempatmu belum ada organisasi semacam ini, kamu bisa menginisiasi pembentukan di tempat tinggalmu. It’s gonna be a win-win solution, bukan?

About author

Related posts
GenK LIFE

Buat Pecinta Tanaman, Ini Dia Tanaman Pembersih Udara yang Bikin Sehat!

GenK LIFE

Jangan Asal-asalan! Ini Kriteria Jas Untuk Dipakai di Hari Pernikahan!

GenK LIFE

Tren Influencer Fatigue Meningkat, Kenapa Konsumen Mulai Bosan dengan Influencer?

GenK LIFE

Ini Dia Hal Yang Harus Diperhatikan Setelah Mulai WFO!