Film, Animasi & Video

Yuk, Intip Profesi di Balik Pembuatan Film yang Perannya Sangat Penting!

profesi-di-balik-pembuatan-film

Ada banyak penghargaan bergengsi untuk film yang diberikan kepada sineas baik dalam kategori nasional sampai internasional. Tapi tahukah kamu bahwa di balik kesuksesan sebuah film ada orang-orang yang bekerja keras? Mereka adalah tim produksi yang mengurus film dari mulai tahap pra produksi sampai pasca produksi dan bisa dinikmati oleh penonton di layar kaca. Yuk, intip apa saja profesi di balik pembuatan film yang masing-masing punya peran penting!

Sutradara

profesi-di-balik-pembuatan-film-sutradara

Sutradara mengarahkan adegan (Sumber: videoandfilmmaker.com)

Nggak akan ada film kalau nggak ada sutradara. Dalam sebuah tim produksi, sutradara memiliki kedudukan teratas yang memiliki wewenang untuk menentukan bagaimana alur cerita dari segi dialog, audio, dan visualnya.

Seorang sutradara memiliki peran vital karena harus bertanggung jawab penuh atas segala pengarahan yang diberikan, entah itu masalah alur cerita, pemain, teknis, setting, dan properti sebuah film.

Apakah kamu sudah siap menjadi sutradara film?

Produser

produser-film

Produser bekerjasama dengan sutradara (Sumber: videoandfilmmaker.com)

Profesi di balik pembuatan film yang berikutnya adalah produser. Seorang produser akan terlibat aktif dalam semua tahap pembuatan film, yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Mulai dari mencari ide, pengembangan, hingga melakukan promosi film ada campur tangan dari produser.

Adapun tugas produser film untuk mengawasi sebuah proyek film kepada seluruh pihak yang terlibat agar tetap on track pada visi dan misi tim. Produser film juga harus mau mengeluarkan uang untuk mendanai selama proses pembuatan dan promosi film sebelum mendapat dana sepenuhnya dari sponsor. 

Script Writer

script-writer

Menulis naskah (Sumber: pexels.com)

Script writer adalah orang yang membuat karya tulis berupa naskah atau skenario yang berguna untuk pembuatan film, animasi, video game, dan program televisi. Bisa dibilang seorang script writer adalah tangan kanan sutradara karena memiliki tugas yang saling berhubungan satu sama lain.

Selain itu, seorang script writer harus mengetahui cara membuat skenario film yang baik untuk kemudian dihafal garis besarnya. Tujuannya supaya mengetahui apakah adegan yang tengah dimainkan aktor sudah sesuai naskah atau belum. 

Director of Photography

director-of-photography

Director of Photography bekerja dengan cameraman (Sumber: yehudaalbert.wordpress.com)

Selanjutnya ada Director of Photography yang menjadi salah satu profesi di balik pembuatan film. Director of Photography (DoP) adalah seseorang yang merencanakan keseluruhan objek yang ada di dalam kamera beserta type of shot, pencahayaan, dan camera movement yang diterapkan dalam pembuatan sebuah film. Seorang DoP bertanggung jawab untuk mempertahankan nilai artistik secara teknis pada proses pengambilan gambar. 

Cameraman

profesi-di-balik-pembuatan-film-kameramen

Cameraman merekam adegan aktor (Sumber: pexels.com)

Sebagian orang masih sulit membedakan antara DoP dengan cameraman. Seorang cameraman atau camera person adalah seorang juru kamera yang memiliki tugas untuk mengoperasikan kamera film atau video untuk merekam seluruh adegan sesuai arahan DoP dan sutradara.

Makanya seorang cameraman harus memahami betul tentang tata cara mengoperasikan kamera yang digunakan untuk membidik adegan yang tengah berlangsung. Biasanya dalam pembuatan sebuah film membutuhkan lebih dari satu orang cameraman, tergantung seberapa besar proyek film yang sedang digarap.

Storyboard Artist

storyboard-artist

Memvisualisasikan naskah menjadi gambar ilustrasi (Sumber: freepik.com)

Profesi di balik pembuatan film yang berikutnya adalah storyboard artist yang memiliki peran penting untuk membuat gambar ilustrasi adegan. Storyboard artist adalah seseorang yang memiliki tugas untuk menerjemahkan naskah ke dalam bentuk visual dengan turut memperhatikan shot list yang sudah dibuat oleh DoP.

Gambar yang sudah dibuat oleh storyboard artist bisa menjadi panduan DoP dan cameraman saat melakukan penataan kamera untuk membidik adegan. Nggak hannya film, seorang storyboard artist juga dibutuhkan untuk membuat gambar ilustrasi komik, animasi, game, dan televisi. Storyboard artist merupakan jenis pekerjaan buat kamu yang hobi menggambar.

Art Director

art-director

Tim kreatif (Sumber: usnews.com)

Art director adalah seorang pengarah estetika dalam memproduksi sebuah film dengan membuat ide konsep sebagai strategi pemasaran. Seorang art director biasanya memiliki anggota lain yang bertugas untuk menunjang pekerjaannya dalam membuat setting dan properti setiap adegan sesuai dengan naskah.

Seorang art director harus memahami teori semiotika dengan tujuan menyajikan dan menyampaikan pesan yang tersirat di dalam adegan kepada penonton.

Aktor

aktor-dan-aktris-film

Syuting film (Sumber: pexels.com)

Aktor (pria) atau aktris (wanita) adalah seseorang yang memainkan peran tertentu dalam sebuah adegan film yang tertulis di naskah dan sesuai arahan sutradara. Biasanya seorang aktor sudah dilatih secara khusus untuk mampu melakukan sandiwara atau memerankan seorang tokoh semirip mungkin. Secara garis besar, penokohan dibagi menjadi tiga kategori, yaitu protagonis, antagonis, dan tritagonis. Seorang aktor dapat dikatakan sukses kalau ia berhasil memengaruhi emosi penonton.

Make-up Artist dan Penata Busana

profesi-di-balik-pembuatan-film

Mendandani aktris (Sumber: pexels.com)

Untuk menunjang pekerjaan seorang aktor dibutuhkan seorang make-up artist. Profesi di balik pembuatan film ini lumayang penting mengingat wajah menjadi salah satu bagian yang menarik perhatian penonton. Emosi yang dibangun aktor akan semakin kuat jika didukung dengan make-up yang pas. Seorang make-up artist dan penata busana harus bisa mendandani aktor senatural mungkin. Semua baju dan aksesoris yang dikenakan aktor merupakan tanggung jawab make-up artist dan penata busana. Biasanya mereka merangkap membuat special effect bila dibutuhkan di dalam adegan. 

Film Editor

film-editor

Proses mengedit film (Sumber: videosoftdev.com)

Semua hasil syuting akan diolah lagi menjadi satu kesatuan film yang utuh oleh film editor. Seorang film editor harus memiliki skill sinematografi supaya bisa menghasilkan video yang cinematic. Selain soal teknis, film editor juga harus memahami isi naskah, karena nantinya footage video dan audio yang ia terima akan disusun sesuai alur yang sudah ditulis oleh script writer dan sesuai arahan sutradara. Supaya nggak bingung, biasanya film editor memegang salinan shot list yang sudah dibuat oleh DoP pada tahap pra produksi film. 

Nah, itu dia beberapa profesi di balik pembuatan film yang masing-masing punya peran penting. Kesuksesan sebuah film nggak lepas dari kerja mereka dalam menyelesaikan seluruh tahap pembuatan film. Dari beberapa pilihan profesi di atas, manakah pilihanmu?

About author

Related posts
Film, Animasi & Video

Setelah Pulang Kerja, Nonton 5 Serial Korea Ini Bisa Menghilangkan Stress Dan Lelah Kamu!

Film, Animasi & Video

Tips Membuat Video Unboxing Super Mudah

Film, Animasi & Video

Tips Membuat Konten dengan Green Screen Biar Hasilnya Makin Menarik

Film, Animasi & Video

7 Film Indonesia Terbaru tentang Keluarga yang Bikin Emosi Terkuras