Game & Teknologi

Canggihnya QR Code, Label Penyimpan Sejuta Informasi

QR code adalah

Saat kamu membeli produk baru, biasanya berupa barang elektronik, pasti kamu pernah menemukan sebuah label bergambar kotak hitam dengan pola tertentu di bagian belakang barang tersebut. maka kamu biasanya akan menemukan kotak hitam pada labelnya.  Nah, QR code adalah nama dari label tersebut Tapi, tahukah kamu apa sebenarnya QR code itu?

QR code adalah salah satu jenis label barang yang banyak dijumpai saat ini. Kamu bisa menemukan kotak yang bersusun ini di berbagai hal. Mulai dari produk-produk yang dijual di pasar, selebaran poster, bahkan di tempat makan. Label yang sering kamu lihat itu namanya adalah QR code. Bukan cuma sekadar label biasa, susunan kotak-kotak pada QR code punya banyak fungsi loh. Yuk, kita cari tahu!

Apa itu QR code?

qr code adalah 1

QR code dapat dibaca dengan smartphone (sumber: imore.com)

Di zaman modern yang serba canggih ini, kamu pasti sudah tak asing lagi dengan beragam kemudahan dan teknologi yang digunakan di berbagai bidang kehidupan. Segala hal menjadi lebih mudah dan cepat dibanding zaman dulu. 

Salah satu kemudahan yang sering kita temui adalah pada penggunaan QR code untuk berbagai hal. QR di label camilan, di kotak smartphone baru kamu, QR code di poster film, bahkan di restoran pun semua bisa kamu temukan. 

QR code adalah singkatan dari Quick Response Code, yaitu sejenis matriks kode 2 dimensi yang berguna untuk menyimpan informasi dan pertama kali dikembangkan di Jepang. Quick response merujuk pada kemampuan label ini untuk dapat memberikan akses informasi dengan cepat.

Pada awalnya, QR code dikembangkan untuk mengoptimalkan proses industri otomotif oleh perusahaan Denso Wave pada tahun 1994 di Jepang. Lalu kemudian diadopsi untuk digunakan di dunia pemasaran hingga dapat dipakai secara luas seperti sekarang. 

Data yang terkandung di dalam QR code bisa beragam, mulai dari teks sederhana, nomor telepon, alamat email, dan masih banyak lagi. QR code bekerja dengan cara menyimpan data melalui pola titik hitam dan ruang berwarna putih yang disusun dalam sebuah kotak. 

Pola yang telah tersusun tersebut kemudian bisa dibaca dan diterjemahkan oleh scanner untuk menjadi informasi atau data yang dapat kita baca. Data yang telah di-scan biasanya akan dapat ditampilkan di layar monitor. 

Untuk membaca data pada QR code, kamu dapat menggunakan kamera atau scanner khusus. Tapi sekarang, QR code sudah bisa dibaca cukup berbekal aplikasi QR scanner yang dapat kamu unduh secara gratis di smartphone.

Baca Juga :   Teknologi Wireless Charging, Cara Isi Daya Paling Kekinian

About author

Related posts
Game & Teknologi

Cara Mendapatkan Centang Biru di TikTok untuk Membangun Kredibilitas Merk

Game & Teknologi

Tutorial Anti Ribet Cara Mengubah Suara Video YouTube Menjadi Teks!

Game & Teknologi

Ini Dia Beberapa Tips Untuk Membeli Laptop Sesuai Budget!

Game & Teknologi

Makin Eksis dengan Cara Live Streaming Instagram dari Laptop dan PC yang Anti Ribet

Leave a Reply

Your email address will not be published.