Seni Rupa & Desain

Cantiknya Ragam Hias Flora dan Fauna, Bikin Desain Makin Artistik

Hiasan flora fauna

Kalau kamu suka menggambar, atau sedang mempelajari desain, atau bekerja sebagai desainer, maka kamu perlu mengenal ragam hias flora dan fauna. Jadi, ragam hias ini merupakan pola dasar dari hiasan dan digambar secara berulang. Ragam hias juga biasa disebut dengan “ornamen”, yang polanya memiliki makna dan tujuan tertentu. Ada macam-macam jenis ragam hias nusantara, dua di antaranya yang sangat populer adalah flora dan fauna.

Pengertian dan Jenis Ragam Hias Flora

Ragam Hias Flora

Sumber: floraku.com

Jenis Ragam Hias Flora

Sumber: floraku.com

Ini merupakan ragam hias dengan objek motif yang berupa flora atau tumbuhan. Kamu bisa membuat motif flora seperti tumbuhan aslinya atau juga membuatnya berdasarkan imajinasimu sendiri. Kita biasa melihat ragam hias flora ini pada kain batik, sulam, tenun, lalu di pewayangan maupun rumah tradisional. Jenis ragam hias flora antara lain:

Pepatraan

Motif ini bentuknya seperti bunga yang indah dan dedaunan. Seringkali, motif pepatraan menggunakan bentuk yang mirip seperti bunga, putik, dedaunan dan ranting tumbuhan, dan tentu dibuat secara berulang.

Kekarangan

Ini adalah ragam hias yang menggambarkan objek mirip seperti aslinya. Kamu juga bisa menambahkan kreasi hiasan lain agar untuk menambah keindahannya. Contoh ragam hias kekarangan yang terkenal yaitu karang simbar dan karang bunga.

Karang simbar berbentuk seperti flora yang mirip dengan tanduk menjangan, daunnya menjuntai ke bawah. Sedangkan, karang bunga bentuknya mirip bunga dengan kelopak serta daun. Karang bunga sering digunakan untuk pola bidang di sebuah bangunan.

Baca Juga :   5 Cara Ampuh Mengatasi Art Block Biar Ide Lancar Terus
About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Ini Dia Channel YouTube Yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Melakukan Room Makeover Ala KDrama!

Seni Rupa & Desain

7 Font YouTube Thumbnails Agar Terlihat Unik dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Concept Art, Apa Itu? Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Concept Art

Seni Rupa & Desain

Banyak yang Susah Membedakan, Sudah Tahu Beda Typeface dan Font?