GenK LIFE

Rahasia Dapatkan Perhatian Audiens Saat Jadi Pembicara!

Seorang pembicara akan sangat sering dikaitkan dengan komunikasi. Dalam kegiatan sehari-hari, kamu pasti sering mempraktekkan hal ini. Walaupun demikian, komunikasi yang kamu lakukan sehari-hari dengan keluarga atau teman ternyata masih kurang cukup untuk membuatmu tampil sebagai seorang pembicara yang bagus. Pembicara bukan hanya orang yang mahir berbicara di atas panggung di hadapan ratusan hingga ribuan audiens tapi pembicara dalam kelompok kecil sekalipun. Terkadang akan ada saja hal yang membuat komunikasi terjeda atau menimbulkan masalah di kemudian waktu. Hal ini harus dihindari agar ketika kamu menjadi pembicara maka apa yang kamu sampaikan bisa diterima dengan baik oleh pendengar. Berikut ini adalah lima hal yang patut kamu ketahui untuk menjadi pembicara yang bagus.

1. Pahami Betul Apa yang Akan Kamu Sampaikan

pelajari materi speaking

sumber: unsplash.com

Sebelum menyampaikan sesuatu hal kepada orang lain, pastikan kamu sebagai seorang pembicara paham akan materi yang akan kamu sampaikan. Bacalah dengan seksama dan pelan tapi pasti mengenai materi tersebut. Jika perlu, lakukanlah riset kecil untuk menunjang isi materi kamu. Pemahaman tentang materi atau apapun hal yang ingin kamu utarakan yang semakin baik akan membuatmu semakin mudah untuk menjelaskan. Hal ini secara tidak langsung juga akan membuatmu lebih percaya diri. Oleh karena itu, cukupkan bicara pada apa yang kamu pahami dan pahami apa yang ingin kamu sampaikan.

2. Gunakan Bahasa yang Meyakinkan

menggunakan bahasa ajakan

sumber: unsplash.com

Pemilihan bahasa juga patut untuk dipertimbangkan dalam penyampaian suatu hal. Agar terlihat sebagai pembicara yang profesional, pilihlah bahasa yang meyakinkan versimu. Hindari penggunaan bahasa yang menyiratkan ketidakpercayaan diri seperti menggumam. Hal itu akan menurunkan citramu sebagai pembicara di depan publik. Jika tidak memiliki kata yang pasti untuk diungkapkan, pilihlah diam sejenak sembari memikirkan kata apa yang tepat untuk diungkapkan. Kemudian sesuaikan pula siapa lawan bicaramu. Ajaklah mereka berkomunikasi sesuai dengan tingkatan mereka agar apa yang kamu sampaikan bisa dipahami dengan baik.

Baca Juga :   Cara Beradaptasi dengan Lingkungan Baru lewat Komunikasi yang Baik

3. Bawa Pendengar Larut dalam Cerita

mengajak mendengarkan obrolan

sumber: unsplash.com

Orang terkadang cenderung menggebu-gebu dalam menyampaikan sesuatu yang menurut mereka sangat menarik. Hal ini bisa jadi baik dan bisa jadi buruk karena kontrol penyampaian suatu hal bisa jadi hilang dan pendengar kurang menangkap dengan baik. Agar penyampaian terstruktur dengan baik, kamu bisa menyiapkan poin utama yang ingin kamu sampaikan dalam bentuk cerita. Dengan hal ini umumnya pendengar akan lebih mudah memahami alur keseluruhan hal yang ingin kamu ceritakan.

About author

Related posts
GenK LIFE

7 Hal Yang Perlu Diketahui Soal Menstruasi! Para Wanita Wajib Tau!

GenK LIFE

Generasi Milenial Wajib Tahu, Ini 5 Tips Mencapai Financial Freedom di Usia Belia

GenK LIFE

Apa Benar Hujan-Hujanan Bisa Bikin Sakit? Simak Disini!

GenK LIFE

Kenali Anticipatory Anxiety, Kelainan Yang Membuatmu Overthinking