Game & Teknologi

Rahasia di Balik Kecerdasan Buatan yang Serba Tahu

kecerdasan buatan

Tipe-Tipe Kecerdasan Buatan

Dalam perkembangannya, Kecerdasan Buatan atau AI kemudian dibagi menjadi 4 tipe berdasarkan fungsinya. Mulai dari yang paling sederhana, hingga ke AI yang paling mutakhir.  

  • Reactive Machines (Tipe I)

kecerdasan buatan 3

Deep Blue AI pada kejuaraan catur (sumber: pri.org)

Bentuk pertama AI yang paling awal ditemukan adalah jenis Reactive Machine. Jenis ini memiliki kapasitas yang sangat terbatas. Mesin yang menggunakannya didesain berdasarkan kemampuan manusia untuk merespon rangsangan. 

Mesin-mesin jenis ini tidak memiliki fungsi berbasis memori dalam sistemnya. Jadinya mesin tersebut tidak mampu menyimpan informasi apapun.Program yang ditanamkan khusus untuk melakukan suatu tugas atau fungsi tertentu. AI jenis ini tidak dapat belajar hal baru di luar program yang telah dibuat.

Contoh dari jenis AI ini adalah mesin produksi IBM bernama Deep Blue. Program tersebut mampu mengalahkan juara catur dunia, Garry Kasparov pada tahun 1999. Ada juga Google AlphaGo yang juga menang melawan juara Go dunia nih. 

  • Limited Memory (Tipe II)

kecerdasan buatan 4

Self-driving car menggunakan limited-memory AI (sumber codeburst.io)

Ini dia jenis AI yang paling sering kita jumpai dalam keseharian kita. Limited memory AI sedikit mirip dengan jenis reactive machine. Bedanya adalah pada kemampuan limited memory untuk menyimpan data baru di luar program yang telah ada. 

Kemampuan untuk menyimpan data membuat AI ini dapat belajar hal baru. Saat menjalankan programnya, limited memory dapat menerima rangsangan dari luar dan disimpan di dalam pusat memorinya. Data yang disimpan lalu ditambahkan ke database program. 

Setelah dianalisis, data yang ada digunakan untuk menentukan keputusan yang akan dilakukan setelahnya. Namun yang data disimpan hanya bersifat temporal.

Aplikasi seperti chatbots dan virtual assistant menggunakan AI jenis ini. Penggunaan lainnya dapat ditemui pada mobil-mobil dengan teknologi self-driving. Dengan menggunakan limited memory technology, mobil tersebut dapat menyimpan data perjalanan penggunanya. Informasi berupa kecepatan mobil di sekitarnya dan jarak antara kendaraan lalu digunakan untuk meningkatkan kemampuan navigasi jalan. 

About author

Related posts
Game & Teknologi

Cara Kreatif Pakai GIF di Instagram Story Biar Makin Menarik

Game & Teknologi

Anti Ribet-Ribet Club, Begini Cara Back Up Konten Instagram

Game & Teknologi

Rekomendasi Terbaik Situs Text to Speech Gratisan dalam Bahasa Indonesia

Game & Teknologi

Cara Schedule Story Instagram Cocok Buat Akun Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *