Creativepreneur and Career

Rahasia Sukses Bisnis Kuliner via E-commerce di Era Pandemi, Cek di Sini Yuk!

bisnis kuliner via e-commerce

E-commerce akhir-akhir ini semakin diminati para pelaku usaha, termasuk yang bergerak di bidang kuliner. Nggak dipungkiri, di era pandemi seperti sekarang, kuliner emang jadi primadona di sektor bisnis modern, ya, GenKs? Mulai dari makanan berat, camilan atau masakan khas yang banyak dipesan saat momen-momen tertentu hingga minuman kekinian, bisnis ini terus berkembang. Tapi gimana, sih, cara memaksimalkan e-commerce agar bisnis kulinermu cuannya maksimal? Yuk, simak tips menjalankan bisnis kuliner via e-commerce berikut ini, guys!

Inovasi di E-commerce bagi Pegiat Bisnis Kuliner

Sumber Gambar : excellarate.com

Buat kamu yang sampai sekarang belum merambah e-commerce untuk memasarkan produk makanan atau minuman, sekarang adalah saatnya, guys. Ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk melakukan inovasi via e-commerce:

#1. Pertama-tama, buatlah situs website sebagai wadah yang bisa kamu manfaatkan dalam penjualan produk makanan

#2. Setelah itu, bukalah toko online di platform marketplace. Sekarang ini udah semakin banyak pilihan marketplace yang menyediakan program khusus untuk seller penjual makanan atau minuman, seperti GoFood, GrabFood, ShopeeFood, Tokopedia NYAM! atau yang lainnya.

#3. Dan langkah inovasi terakhir adalah memasarkan produk-produkmu lewat aplikasi komunikasi atau media sosial. Carilah platform yang paling efektif untuk mengiklankan barang daganganmu via online.

Jangan takut mengikuti perkembangan jaman. Cukup dengan melakukan beberapa inovasi dan adaptasi, industri kuliner juga bisa bersaing di era modern, kok. Kuncinya hanya dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi digital demi terjaganya relasi dengan para pelangganmu, GenKs.

Jika kamu berhasil menjalankan inovasi-inovasi ini, bukan nggak mungkin bisnismu semakin berkembang pesat di masa depan, lho.

Strategi Agar Bisnis Kuliner-mu via E-commerce Ramai Terus

Sumber Gambar : detik.net.id

Nah, agar bisnis kuliner via e-commerce bisa ramai terus, berikut ini adalah beberapa tips yang harus kamu perhatikan, GenKs:

#1: Berpikirlah seperti Pelanggan

Sumber Gambar : Genpi.co

Cobalah berpikir seperti pelanggan sebelum mulai membuka bisnis kuliner via e-commerce. Cari tahu apa yang disukai pembeli. So, pastikan kamu melakukan survei terlebih dahulu menu-menu kayak gimana, sih, yang lagi digemari para konsumen sekarang ini.

#2: Kenali Keunggulan dan Kekurangan serta Pelajari Ketentuan Setiap E-commerce

Sumber Gambar : bobbydavidson.com

Dengan begitu banyaknya platform pesan antar makanan hingga e-commerce, peluang penjual makanan untuk memasarkan produk-produknya semakin terbuka luas. Tapi sebelum kamu bekerja sama dengan platform-platform atau e-commerce yang ada, pastikan kamu mengecek dulu apa aja keunggulan dan kekurangan setiap marketplace. Dan jangan lupa mempelajari syarat dan ketentuan menjadi seller di layanan tersebut. 

#3: Kerja Sama dengan Influencer

bisnis kuliner via e-commerce

Sumber Gambar : mentioned.io

Kekuatan influencer di dunia digital emang nggak bisa dipandang sebelah mata. Influencer bisa bikin audiens tergiur untuk membeli atau memakai produk yang mereka promosikan. Nah, buat kamu yang membuka bisnis kuliner, kamu bisa mengajak foor vlogger kerja sama untuk mempromosikan menu yang kamu jual.

#4: Rajin-Rajin Online di Medsos dan Website

Sumber Gambar : qoala.app

Tren media sosial sebagai media marketing online setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Apalagi dengan dimunculkannya fitur Shop di beberapa platform medsos yang memudahkan konsumen untuk langsung berbelanja lewat akun mereka. Nggak cuma itu, kamu juga bisa memanfaatkan akun medsosmu untuk memasarkan produk melalui konten yang berupa postingan edukasi, ulasan produk hingga tips dan trik yang berkaitan dengan dunia kuliner.

#5: Tampilkan Review dan Testimoni

bisnis kuliner via e-commerce

Sumber Gambar : outcry.io

Review dan testimoni adalah hal yang nggak kalah penting untuk kamu perhatikan kalau ingin warung online-mu ramai diserbu konsumen. Karena satu-satunya cara konsumen tahu kualitas dan rating makanan yang dijual online hanya dari review atau testimoni pembeli sebelumnya. Dan jika ada ulasan negatif, agar nggak mempengaruhi angka penjualan, sebaiknya langsung kamu tanggapi dengan bijaksana serta tawarkan solusi berupa peningkatan kualitas.

Nah, gimana, GenKs, udah siap membuka dan menjalankan bisnis kuliner via e-commerce berbekal tips dan trik di atas, kan?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Membuat Portofolio Desain Interior yang Menarik

Creativepreneur and Career

Sebelum Memulai Bisnis, Pahami Dulu Perbedaan Paten, Merek dan Hak Cipta

Creativepreneur and Career

6 Point Penentu Keberhasilan Bisnis Kuliner Yang Wajib Dioptimalkan!

Creativepreneur and Career

Manfaat Optimasi E-Commerce Buat Jangka Panjang Bisnis Online