GenK LIFE

5 Langkah Praktis dan Mudah untuk Mengusir Rasa Kesepian

Rasa kesepian bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja. Tanpa mengenal usia dan latar belakang, perempuan dan laki-laki, semua orang pasti pernah mengalami suatu momen di mana ia merasakan yang namanya kesepian. Meskipun kerap dianggap sepele, rasa kesepian perlu ditangani dengan serius dan tepat. Makanya kami sudah menyiapkan beberapa langkah praktis dan mudah untuk mengusir rasa kesepian khusus untukmu. 

1. Salurkan Hobi & Minat 

Cara mengusir kesepian 1

Sumber: pexels.com

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengusir rasa kesepian adalah dengan menyalurkan hobi dan minat. Setiap orang pasti memiliki ketertarikan akan hal tertentu yang membuatnya senang saat sedang melakukannya. Ada orang yang senang dengan olahraga tertentu, ada juga yang punya minat tinggi terhadap ilmu dan subjek spesifik, hingga berbagai hal lainnya. 

Apapun itu, menyalurkan hobi dan minat dapat membuatmu merasa percaya diri, bahagia, dan juga ‘terpuaskan’. Jangan takut untuk terus bereksplorasi dengan hal baru jika kamu mulai bosan dengan hal yang sedang digeluti. Tanpa kamu sadari, kesepian yang selama ini selalu hadir menggentayangi dirimu akan perlahan sirna. 

2. Jadilah Bagian dari Sebuah Komunitas 

Cara mengusir kesepian 2

Sumber: pexels.com

Masih terkait dengan cara menghilangkan kesepian sebelumnya, menjadi bagian sebuah komunitas adalah langkah efektif yang patut kamu coba. Khususnya dalam usahamu untuk menyalurkan hobi dan minat di bidang tertentu. Pada umumnya, secara otomatis kamu akan bergabung dengan sebuah komunitas yang berisikan individu dengan ketertarikan serupa. 

Tujuannya tentu saja untuk berbagi informasi dan pengalaman seputar hal yang sedang kalian geluti. Dari sinilah, kamu bisa mulai berinteraksi saat bertemu dengan orang-orang baru. Percakapan ringan dapat dengan mudah mengalir di antara sekelompok orang yang memiliki satu ketertarikan yang sama. Misalnya dengan bergabung ke klub basket atau ke komunitas sukarelawan pelindung hak asasi hewan. 

Baca Juga :   Memahami Fobia Generasi Milenial: dari FOMO hingga Jomblo

3. Memelihara Hewan atau Tanaman 

Cara mengusir kesepian 3

Sumber: pexels.com

Langkah berikutnya yang dapat kamu coba untuk mengusir rasa kesepian adalah dengan mencari teman. Tapi ada beberapa orang yang mungkin tidak terlalu menyukai ide interaksi sosial tersebut. Maka dari itu, alternatif lain yang bisa kamu coba adalah dengan mencari teman lainnya, seperti hewan atau tanaman peliharaan. 

Masing-masing orang tentu memiliki preferensinya dalam memilih hewan atau tanaman peliharaan yang cocok. Besar kemungkinan langkah ini akan cocok untukmu yang hidup di daerah perkotaan yang super sibuk. Memiliki seekor ikan, kura-kura, iguana, atau bahkan kaktus kecil tentu bisa jadi hal yang menyenangkan. Kamu jadi punya sesuatu yang bisa dirawat dan diberikan perhatian setiap ada waktu luang. 

About author

Related posts
GenK LIFE

Buat Pecinta Tanaman, Ini Dia Tanaman Pembersih Udara yang Bikin Sehat!

GenK LIFE

Jangan Asal-asalan! Ini Kriteria Jas Untuk Dipakai di Hari Pernikahan!

GenK LIFE

Tren Influencer Fatigue Meningkat, Kenapa Konsumen Mulai Bosan dengan Influencer?

GenK LIFE

Ini Dia Hal Yang Harus Diperhatikan Setelah Mulai WFO!