Creativepreneur and Career

Rekan Kerja Lebih Tua Bikin Suasana Canggung? Ini Cara Menghadapinya

rekan-kerja-yang-lebih-tua

Sekarang ini bos yang usianya lebih muda sangat umum banget, mengingat generasi milenial berjiwa wirausaha bisa dengan cepat naik pangkat. Nah, yang jadi masalah adalah ketika kamu harus memimpin rekan kerja yang lebih tua darimu 10 hingga 20 tahun atau bahkan lebih. Pastinya hal ini bikin suasana sedikit canggung, bukan? Gimana, ya, enaknya, biar tetep profesional ke semua rekan kerja, termasuk yang lebih tua dari kita? Intip caranya, yuk!

1. Kenali Mereka Lebih Dalam

Kenali Mereka Lebih Dalam

Sumber: rismedia.com

Ini adalah tips yang berharga dan perlu banget kamu lakukan tanpa memandang usia. Kenalilah semua rekan kerjamu di kantor. Jika ini adalah awal yang baru bagimu, luangkan waktu untuk ‘mewawancarai’ seluruh tim secara informal agar bisa mengenal mereka secara lebih pribadi. Satu hal yang perlu kamu ingat, jangan lupa beri mereka kesempatan untuk mengenalmu juga. Kuncinya, jadilah dirimu sendiri, nggak perlu terlalu keras memaksakan diri.

2. Cari Tahu Apa yang Memotivasi Mereka

Cari Tahu Apa yang Memotivasi rekan kerja yang lebih tua

Sumber: videodoc.ie

Nah, setelah kamu mengenal rekan kerja yang lebih tua dengan baik, kamu bisa mencari tahu alasan pribadi apa saja yang bikin mereka bersemangat. Kalau kamu tahu tujuan profesional mereka, kamu bisa membantu memposisikan mereka dengan lebih baik agar bisa lebih sukses dan mengurangi kekhawatiran mereka yang harus bekerja di bawah atasan yang usianya lebih muda. Jelaskan bahwa kamu tertarik membantu mereka menemukan proyek yang mereka sukai dan mengatasi tantangan baru.

3. Hargai dan Hormati Pengalaman Mereka

Hargai dan Hormati Pengalaman Mereka

Sumber: medium.com

Perlakukan rekan kerja yang lebih tua dengan penuh hormat dan beritahu mereka kalau kamu sangat menghargai keahlian dan kebijaksanaan mereka. Jangan pernah merendahkan atau bertindak dengan cara yang merendahkan. Kalau kamu punya kesempatan untuk meminta pendapat atau umpan balik mereka pada sebuah proyek, nggak masalah, kok, untuk melakukannya. Sebab hal itu akan menunjukkan kepada mereka kalau mereka adalah bagian penting dari timmu.

Baca Juga :   Biar Makin Solid, Lakukan Tips Ini Untuk Menjadi Team Leader
About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tertarik Investasi Obligasi? Coba Kenali Ciri-cirinya Dulu, Yuk!

Creativepreneur and Career

Total Hadiah Capai 55 Juta, Yuk Ikut Lomba Bisnis Dari Universitas Prasetiya Mulya, EURECA 2021!

Creativepreneur and Career

Pengertian dan Tipe Content Marketing yang Wajib Diketahui Para Marketer

Creativepreneur and Career

Mengenal Marketing Mix dan Bagaimana Penerapannya dalam Strategi Pemasaran