GenK LIFE

Rayakan Harbuknas, Catat Rekomendasi Buku Sastra Indonesia Terbaik

Setiap tanggal 17 Mei, Indonesia merayakan Hari Buku Nasional. Nah, sebenernya hari peringatan ini baru mulai ditetapkan sejak tahun 2002. Hari ini juga juga biasa disebut dengan Harbuknas, dan digagas oleh Menteri Pendidikan Nasional era Kabinet Gotong Royong, yaitu Abdul Malik Fajar. Buat ikut memperingati, ada rekomendasi buku sastra buat bacaan kamu, nih. Tapi sebelum ke rekomendasinya, kita simak dulu sejarah singkat hari peringatan ini.

Sejarah Singkat Peringatan Hari Buku Nasional

Seperti dilansir dari Kompas, Harbuknas direncanakan oleh Menteri Abdul Malik Fajar untuk ditetapkan pada tanggal 17 Mei 2002 saat malam. Yang menjadi latar belakang rencana tersebut adalah kondisi bangsa Indonesia pada waktu itu. Ketika itu, ada lebih banyak orang yang terus bertahan dengan tradisi lisan, dibandingkan membaca. Padahal, membaca sudah menjadi tuntutan informasi. Di mana, kita harus banyak membaca.

Jadilah hingga saat ini, tanggal 17 Mei diperingati sebagai Harbuknas. Harapannya, generasi muda bisa tetap melestarikan budaya membaca. Nah, kamu juga bisa ikutan memeriahkan hari peringatan ini dengan membaca buku-buku sastra yang menginspirasi.

Berikut rekomendasi buku sastra buat kamu:

Laut Bercerita karya Leila S. Chudori

Sumber Gambar : cosmopolitan.co.id

Latar belakang buku ini adalah periode sejarah di Indonesia, yaitu saat terjadi gerakan 1998 oleh para aktivis dan mahasiswa. Tokoh utamanya, Biru Laut, bercerita tentang perjuangannya hingga dia disergap, lalu diinterogasi kemudian disekap, sampai hilang dari radar. Di tahun 2000, adiknya, Asmara Jati, bercerita tentang pencarian jejak kakaknya yang menghilang dua tahun lalu.

Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari

Sumber Gambar : cosmopolitan.co.id

Ahmad Tohari menggunakan sudut pandang budaya, untuk mengambil latar momen bersejarah Indonesia, di tahun 1965. Ceritanya tentang Srintil, seorang penari ronggeng baru di pedukuhan yang kecil dan terpencil. Srintil bertugas menari serta melayani tokoh-tokoh. Sampai pada 1965, desanya hancur karena penduduknya melawan politik pemerintahan. Srintil juga ditangkap dan selama di penjara, dia berniat memperbaiki citranya sebagai manusia setelah bebas.

Baca Juga :   Kenali Varian Masker Wajah Organik yang Sesuai dengan Kebutuhan Kulitmu

Pada Sebuah Kapal karya Nh. Dini

rekomendasi buku sastra

Sumber Gambar : cosmopolitan.co.id

Cerita Pada Sebuah Kapal adalah tentang kisah kasih antara Sri dan Michel. Berlatar pelayaran dari Saigon ke Marseille. Ceritanya, Sri sudah menikah dengan diplomat Prancis tapi dia nggak merasakan cinta. Saat bertemu Michel, kapten kapal, Sri kembali menemukan kebahagiaan. Michel yang sudah berkeluarga, juga melihat Sri sebagai sosok dambaannya. Kisahnya begitu nyata, hangat dan mendebarkan.

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk karya Hamka

rekomendasi buku sastra

Sumber Gambar : cosmopolitan.co.id

Karakter utama cerita ini bernama Zainuddin. Zainuddin harus memperjuangkan cintanya dengan Hayati, yang nggak mendapat restu keluarga Hayati. Sampai Hayati juga dinikahkan dengan pria lain. Namun, Zainuddin yang masih menyimpan rasa terhadap Hayati, terus membantunya, saat Hayati hidup susah dengan sang suami. Tapi, konflik nggak bisa dihindari, dan puncaknya terjadilah insiden kapal Van Der Wijk yang tenggelam.

Amba karya Laksmi Pamuntjak

rekomendasi buku sastra

Sumber Gambar : cosmopolitan.co.id

Awal mula cerita adalah ketika Amba menuju Pulau Buru untuk mencari orang yang dia kasihi, Bhisma. Bhisma hilang ditangkap pemerintah dalam peristiwa G30S di Yogyakarta. Bahkan, Amba melahirkan anak Bhisma. Dia pun berharap Bhisma pulang kepadanya. Hingga tahun 2006 Amba sampai di Pulau Buru. Pada saat itulah Amba tahu kenapa Bhisma nggak kembali pulang.

 

Itu tadi rekomendasi buku sastra terbaik buat kamu. Di Hari Buku Nasional, waktunya kamu kembali pada kebiasaan lama, yang mungkin sekarang udah makin terlupakan, yaitu membaca. Yuk, baca buku sastra keren yang menginspirasi.

About author

Related posts
GenK LIFE

Sering Overthinking? Ini Tips Meditasi yang Ampuh Jaga Pikiranmu Tetap Fokus

GenK LIFE

Buat Yang Lagi Intermitten Fasting, Ini Dia Minuman Yang Boleh Dikonsumsi!

GenK LIFE

Gak Cuma Sakti di Film dan Manga, Ini Dia Fakta Mengenai Ninja!

GenK LIFE

Jangan Percaya Dengan Kabar Hoax! Ini Fakta Dan Mitos Vertigo