Creativepreneur and Career

Kamu Hobi Bertani? Ini Dia Rekomendasi Channel Youtube Untuk Bertani

rekomendasi channel Youtube untuk bertani

Ada banyak cara buat berbisnis, salah satunya melalui bidang pertanian. Makin banyak anak muda yang melirik sektor pertanian skala kecil untuk bisnis. Buat kamu yang juga berminat sama bisnis di sektor pertanian, kamu bisa pelajari ilmunya, nih. Ada sejumlah rekomendasi channel Youtube untuk bertani. Soalnya, kalau kamu belajar ilmunya dari teori aja, belum cukup apalagi yang terjadi di lapangan itu pasti nggak terduga. 

Rekomendasi Channel Youtube Tentang Pertanian

Agar bisa mengembangkan bisnis kamu dengan baik, maka kamu perlu belajar ilmunya. Biasanya lebih mudah paham kalau kamu belajar sambil melihat langsung contohnya. Jadi, seakan kamu sekalian melihat hasil praktiknya. Makanya, kamu bisa nonton aja video di Youtube. Berikut channel Youtube tentang pertanian yang recommended buat kamu:

Info Ragam Pertanian

Di channel ini, kamu bisa melihat kegiatan seorang petani. Seperti namanya, konten di channel ini juga beragam banget. Jadi, yang dibahas adalah pertanian mulai dari di kebun sampai di sawah. Salah satu kelebihan di channel ini, yaitu membahas komoditas sayuran dan hortikultura. Di samping itu, konten yang disampaikan itu adalah pengalaman petaninya sendiri. Makanya, channel ini disukai, dan kini udah punya sekitar 517 ribu subscribers.

Kebun Organik

Kebun Organik merupakan channel Youtube yang berisikan segala tips dan trik berkebun secara organik. Di samping itu, kamu juga bisa melihat cara untuk bikin pupuk, pestisida, sampai cara perlakuan tanaman dengan ramah lingkungan. Hal yang jadi keunggulan channel ini adalah penyampain kontennya yang sederhana, juga to the point. Jadi, mudah banget dipahami. Oleh karena itu, channel ini banyak yang suka dan udah ada sekitar 363 ribu subscribers.

Oemah Tani

Nah, kalau channel yang ini recommended buat kamu yang mau belajar tentang cara bikin pupuk, pengendalian hama, sampai nge-boost tanaman biar berbuah lebat. Komoditas yang dibahas di channel ini yaitu cabai, bawang merah, jagung, melon, dan berbagai tanaman hortikultura. Serunya, channel ini juga membahas tentang keresahan yang biasa dialami petani. Jadi, kontennya bener-bener nggak membosankan. Channel ini udah mencapai sekitar 61 ribu subscribers.

Hidroponikpedia

Ini channel yang pas buat kamu yang mau mempelajari hidroponik. Cukup lengkap konten di dalamnya, ada persiapan untuk instalasi hidroponik, kemudian penyemaian, pemupukan, panen, sampai gimana caranya jual hasil panennya. Banyak tips yang diberikan, dan channel ini juga ngasih tips dan trik memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar rumah, buat instalasi hidroponik. Lengkap deh, kontennya. Channel ini udah punya sekitar 407 ribu subscribers.

CapCapung

Nama channel ini emang nggak berkaitan dengan pertanian, tapi konten di dalamnya seru banget. Jadi, cara penyampaiannya emang seru abis. Kalau kamu nonton kontennya, kamu akan melihat tentang pengalaman pelaku yang diceritakan dengan menarik. Jadi, channel ini juga beneran memotivasi dan menginspirasi. Kamu bisa dapetin informasi tentang pertanian sekaligus bisnis. Komplit, kan. Makanya, channel ini udah punya sekitar 1,25 juta subscribers.

Nah, itu tadi rekomendasi channel Youtube untuk bertani. Ada lima channel paling top yang recommended buat kamu tonton. Dari konten-kontennya, kamu bisa dapet life hack langsung dari petaninya. Kamu pun jadi lebih paham tentang bertani, mau itu budidaya sampai panen, kamu bakal semakin mengerti. Jadi, bakalan lebih mudah menerapkannya ke dalam bisnismu. Langsung aja kunjungi channel-nya.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tools Copywriting Bahasa Indonesia untuk Bikin Tulisan Copy Makin Keren

Creativepreneur and Career

Menyimpan Segudang Manfaat, Ini 7 Tips jadi Sociopreneur Abad 21

Creativepreneur and Career

Tips Memanfaatkan Podcast Untuk Bisnis Agar Makin Cuan Tahun 2022

Creativepreneur and Career

Lighting Designer, Profesi Menjanjikan yang Jarang Diperhatikan