Seni Rupa & Desain

Rekomendasi Font Ramadhan yang Menarik dan Tepat Digunakan di Bulan Suci Ini!

rekomendasi font ramadhan

Seperti halnya bulan-bulan penting lain pada umumnya, seperti Natal, Tahun Baru ataupun Imlek, Bulan Ramadan dan Lebaran juga memiliki kekhasan tersendiri dalam hal desain terutama saat dalam hal pemilihan font-nya. Memang kamu bisa saja sih memakai font lain untuk desain yang sedang kamu kerjakan, tapi rasanya menjadi kurang eye catching dan nggak tepat saja kalau font yang dipakai bukan yang khas dipakai saat Ramadan atau Lebaran tiba. Nah, bagi kamu yang ingin mendesain sesuatu, mungkin kartu ucapan, poster, brosur, flyer ataupun untuk hal lainnya, berikut ini adalah beberapa rekomendasi font ramadhan yang patut kamu coba gunakan.

Awal Ramadhan oleh Wepfont

Sumber Gambar : fontspace.co

Font satu ini berstatus freeware alias bebas digunakan ini memiliki bentuk yang mirip huruf-huruf Hijaiyah. Dengan menggunakan font seperti ini, maka desainmu akan menyiratkan nuansa Islami. Hanya saja, font ini mungkin akan cocok hanya untuk digunakan sebagai judul atau sub-judul saja, bukan untuk isi content-nya karena sulur-sulur yang terdapat dalam font tersebut akan membuat tulisan menjadi terasa penuh.

Special Ramadhan oleh Nurfdesigns

Sumber Gambar : fontspace.co

Sama seperti font berjudul Awal Ramadhan, font dengan nama Special Ramadhan yang diciptakan oleh Nurfdesigns ini juga memiliki desain mirip huruf-huruf Hijaiyah. Hanya saja perbedaannya dengan Awal Ramadhan adalah Special Ramadhan ini lebih bold dan blocking. Jadi sangat cocok digunakan sebagai judul, sub-judul atau lainnya selain isi content. Walaupun dapat kamu unduh secara gratis, tapi Special Ramadhan ini berstatus personal use only alias tidak diperkenankan untuk tujuan komersial.

Albarokah oleh NeutroneLabs

Sumber Gambar : i.fbcd.co

Jika kamu pernah melihat bentuk desain kaligrafi Arab dengan ujung yang cenderung lancip, kamu juga bias membuat desain menggunakan font seperti itu, yaitu memakai Albarokah yang diciptakan oleh NeutroneLabs.

Bentuk desain font Albarokah ini sangat mirip dengan desain kaligrafi popular pada umumnya. Dan tetap seperti 2 font di atas, Albarakah tepat jika digunakan untuk judul dan sub-judul saja, karena kurang begitu tepat dipakai untuk tulisan utama. Font satu ini juga berstatus personal use only. Adapun jika kamu ingin menggunakannya sebagai sarana promosi atau penggunaan komersial, maka harus meminta izin terlebih dahulu ke NeutroneLabs.

Puasa Ramadhan oleh Mozatype Studio

rekomendasi font ramadhan

Sumber Gambar : creativefabrica.com

Apabila kamu ingin mencari dan menggunakan font Islami yang bisa digunakan baik untuk judul, sub-judul ataupun isi tulisan di desain, maka font dengan judul Puasa Ramadhan yang diciptakan oleh Mozatype Studio ini adalah pilihan yang tepat.

Desain dari font satu ini cukup clean. Tidak banyak sulur atau tambahan ornamen lain dalam fontnya, jadi kamu bebas menggunakannya di posisi apapun.

Puasa Ramadhan ini berstatus personal use only dan uniknya, Mozatype Studio tidak memberikan izin ataupun lisensi dalam bentuk apapun agar font ini dapat digunakan untuk tujuan komersil. Jadi benar-benar hanya untuk penggunaan pribadi saja.

Brekshire Swash oleh Astigmatic One Eye Typographic Institute

rekomendasi font ramadhan

Sumber Gambar : allyourfonts.com

Font berjudul Brekshire Swash yang diciptakan oleh Astigmatic One Eye Typographic Institute ini juga dapat kamu pakai. Baik untuk judul, sub-judul ataupun bagian inti desain. Bentuk fontnya memang tidak terlalu menunjukkan gaya ke-Arab-an atau yang bertemakan Islami. Akan tetapi masih cukup cocok untuk digunakan di dalam desain.

Satu hal yang menarik adalah Brekshire Swash ini dapat kamu gunakan untuk penggunaan pribadi.  Misal untuk tujuan komersial tanpa harus meminta izin kepada sang pencipta dan pemilik font. Tapi tetap aja, lisensinya masih dimiliki oleh Astigmatic One Eye Typographic Institute.

Kira-kira dari kelima font di atas, kamu tertarik menggunakan yang mana? Atau justru kamu sudah punya koleksi font sendiri untuk desain bertemakan Ramadan atau Lebaran? Let us know about it!

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Ide Konten Digital Marketing Untuk Promosi Media Sosial Perusahaan Desain Interior

Seni Rupa & Desain

Beberapa Peluang Usaha dari Pemanfaatan Limbah Kayu Sisa Industri

Seni Rupa & Desain

Inovasi Produk Daur Ulang Plastik, Penting Gak sih?

Seni Rupa & Desain

Penerapan Coastal Style Pada Hunian