Kuliner

Rekomendasi Menu Takjil Segar dan Bernutrisi untuk Buka Puasa, Gampang Bikin Sendiri!

Memang kurang lengkap ya rasanya, kalau mengawali berbuka tanpa berbagai menu takjil yang manis dan menyegarkan. Setelah seharian tubuh kekurangan gula dan cairan, menyantap menu takjil saat azan magrib memang jadi kenikmatan tersendiri. Ada banyak banget nih, rekomendasi menu takjil yang bisa kamu bikin sendiri di rumah bersama keluarga.

Yuk, intip beberapa rekomendasi menu takjil segar untuk buka puasa di rumah!

Smoothies Pisang Yoghurt

Sumber Gambar : thespruceeats.com

Menu takjil satu inni cocok banget buat kamu yang ingin tetap menjaga berat badan saat puasa. Pisang merupakan buah yang super menyehatkan karena kaya kandungan vitamin B6, potassium, mangaan, dan juga serta. Untuk membuat menu takjil ini caranya gampang banget, kamu cukup pilih buah pisang yang sudah matang, lalu bekukan di freezer selama 2 jam. Setelah itu, masukkan pisang beku ke dalam blender, tambahkan yoghurt dan es batu lalu haluskan. Kalau kamu nggak terlalu suka tekstur kental, gunakan jenis yoghurt cair.

Kolak Aneka Buah

Sumber Gambar : img-global.cpcdn.com

Biasanya kolak identik dengan isian pisang, ubi, maupun biji salak, kan? Nah, kali ini ada rekomendasi menu takjil kolak aneka buah yang cocok banget disajikan dingin. Untuk membuat kuah kolak, cukup cairkan gula merah di dalam air, lalu tambahkan daun pandan dan sejumput garam. Tingkat kemanisan kuahnya bisa kamu sesuaikan dengan selera, ya. Untuk isiannya, pilih nangka, pisang, kelapa muda, tape singkong, dan juga kurma yang sudah dihilangkan bijinya. Masukkan kolak ke dalam kulkas sebelum disajikan supaya makin nikmat.

Sop Sirsak Jelly

Sumber Gambar : sehatq.com

Kalau kamu merasakan gangguan pencernaan alias sembelit selama puasa, artinya asupan sayur atau buah kurang. Coba deh, sesekali bikin menu takjil sop sirsak jelly yang super segar sekaligus bisa memperlancar buang air besar. Cara bikinnya gampang banget, pertama kamu bisa membeli jelly siap masak di supermarket, pilih yang rasa leci. Setelah jelly sudah beku, potong-potong kotak. Selanjutnya, tinggal blender sirsak yang sudah dibersihkan dari bijinya, buat tekstur agak encer dengan menambahkan air. Masukkan jelly dan es batu, voila sop sirsak jelly siap disantap! Gula bisa ditambahkan kalau kamu suka rasa yang lebih manis.

Baca Juga :   Cara Memasak Shirataki, Menu Ajaib Zero-Calorie

Es Serut Green Tea

rekomendasi menu takjil

Sumber Gambar : golden-circle.com

Kangen buka puasa di kafe tapi tak sempat karena super sibuk? Nggak perlu khawatir, kamu tetap bisa menikmati menu takjil ala kafe buatan sendiri, yaitu es serut green tea. Untuk membuat menu takjil ini, buat dulu es batu di dalam kantong plastik 1 kg. Kemudian, siapkan minuman bubuk rasa teh hijau atau green tea, dan cairkan dengan air. Jangan lupa tambahkan es krim matcha dan beberapa potong puding dengan rasa sesuai selera. Saat azan magrib hampir tiba, serut es batu, lalu siram dengan kuah green tea, tambahkan puding, dan sempurnakan dengan es krim. Nggak cuma tampilannya yang super cantik, rasanya pun dijamin bikin kamu meleleh!

Alpukat Mocca

rekomendasi menu takjil

Sumber Gambar : splenda.com

Rekomendasi menu takjil satu ini wajib banget dicoba penggemar buah alpukat. Cara bikinnya gampang, tinggal siapkan alpukat yang sudah matang dan juga sirup mocca. Kalau tak punya sirup mocca, kamu bisa campurkan susu kental manis dengan sedikit kopi hitam cair. Alpukatnya tak perlu diblender, namun hanya dihaluskan menggunakan garpu. Masukkan alpukat halus ke dalam mangkok, siram dengan sirup mocca dan tambahkan es batu!

 

Rekomendasi menu takjil ini penuh nutrisi karena didalamnya terkandung buah-buahan. Tapi jangan sampai kamu tambahkan gula berlebih ya, supaya tak jadi penyakit di dalam tubuh. Selamat mencoba!

 

 

About author

Related posts
Kuliner

Ini Dia Rekomendasi Topping Mie Instan Yang Wajib Kamu Coba

Kuliner

6 Resep Minuman Kekinian Unik dan Praktis, Cocok Banget untuk Bisnis

Kuliner

Hobi Masak? Coba Deh, Resep Masakan Shokugeki No Souma Ini!

Kuliner

Aneka Dimsum Yummy yang Cocok untuk Bisnis Kuliner