Kuliner

Ini Dia Resep Croffle, Croissant Waffle ala Korea yang Lagi Hits

Croissant merupakan jenis pastry asal Eropa, tepatnya Austria, dengan testur berlapis dan renyah. Lalu waffle merupakan menu sarapan asal Belgia adalah jajanan yang favorit banget di lidah semua orang. Wah, lalu gimana jadinya kalau keduanya dikawinkan, ya, GenKs? Maka jadilah Croffle.Kalau biasanya croissant disantap dengan butter dan aneka selai, sementara waffle dinikmati bareng butter dan sirup maple, persilangan hybrid croissant dan waffle bakalan kayak gimana, ya, rasanya?

Meski sekarang udah banyak banget kafe yang menawarkan menu Croffle, tapi nggak ada salahnya, kok, kalau kamu mau nyobain bikin sendiri, guys. Bisa dijadikan ide jualan juga, lho. Yuk, intip resep Croffle, si croissant waffle, jajanan kekinian yang lagi hits di Korea Selatan:

Resep Croffle

Resep Croffle

Sumber Gambar : blog.tokowahab.com

Bahan-Bahan Croffle:

Air hangat 100 gram (40 derajat Celcius)

Ragi instan 4 gram

Tepung serba guna 200 gram

Gula 20 gram

Garam 4 gram

Mentega tawar beku 20 gram

Susu skim 6 gram

Telur dalam suhu ruang 10 gram

Cara Membuat Croffle:

  1. Campur air hangat dan ragi, biarkan hingga ragi naik.
  2. Siapkan pada wadah berbeda, tepung, gula, garam, susu skim dan mentega. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
  3. Tambahkan sedikit telur dalam suhu yang sudah dingin ke dalam adonan ragi. Tuang campuran ragi ke dalam adonan tepung dan pastikan semua adonan sudah benar-benar rata.
  4. Uleni adonan di atas meja yang sudah dilapisi plastik hingga kalis.
  5. Pindahkan adonan ke dalam wadah mangkuk kering dan tutupi dengan plastik. Diamkan sampai adonan mengembang atau hingga ukurannya menjadi dua kali lipat.
  6. Sambil menunggu, kamu bisa bikin adonan mentega untuk lapisan dalam croissant. Pertama-tama pipihkan mentega tawar beku dengan rolling pin. Supaya nggak lengket, kamu bisa menaburi tepung.
  7. Bungkus mentega yang sudah kamu pipihkan tadi dengan plastik wrap dan simpan dalam lemari pendingin selama kurang lebih 15 menit.
  8. Keluarkan adonan Croffle, pipihkan adonan, tapi jangan terlalu tipis atau pun tebal. letakkan mentega di atasnya, kemudian lipat adonan hingga menutupi seluruh mentega.
  9. Giling kembali adonan dengan sangat hati-hati agar menteganya nggak belepotan dan keluar-keluar.
  10. Diamkan adonan dalam suhu ruang selama 30 menit. Lipat adonan dan ulangi langkah yang sama sebanyak tiga kali, guys.
  11. Pipihkan kembali adonan dan rapikan sampai kamu mendapatkan bentuk persegi panjang. Iris adonan membentuk segitiga siku-siku.
  12. Gulung bagian bawah ke atas sampai menjadi bentuk croissant. Lakukan sampai adonan habis. Diamkan adonan pada suhu ruangan selama beberapa saat, sembari kamu menyiapkan cetakan waffle.
  13. Panaskan cetakan waffle dan masak adonan Croffle sampai matang.
  14. Sajikan Croffle dengan topping kesukaan, seperti madu, cokelat, whipped cream atau es krim rasa kesukaanmu.
Baca Juga :   Nikmatnya Gorengan: Dari Mesir Sampai Jadi Favorit Buka Puasa

Penutup

Resep Croffle

Sumber Gambar : eatbook.sg

Gimana, guys, gampang dan juga praktis, ya, cara bikin Croffle ala jajanan Korea yang lagi hits banget? Kamu bisa mengkreasikan Croffle dengan aneka saus kekinian, seperti Choco Crunch, Strawberry Jam, Almond Mapple, Blueberry Cream Cheese, Strawberry Cream Cheese atau rasa – rasa lainnya. Dijamin jualan Croffle kamu makin laris manis, deh, GenKs.

Croffle sebenarnya juga bisa dibuat dari adonan croissant instan yang bisa kamu beli di swalayan, kok, guys. Jadi, resep dan cara pembuatannya pun jadi makin praktis dan nggak butuh waktu lama untuk menyiapkannya, deh. Nah, selamat mencoba resep Croffle-nya! Semoga berhasil!

About author

Related posts
Kuliner

Doyan Nonton Food Vlogger? Ini Dia 5 Food Vlogger yang Seru Buat Difollow

Kuliner

Ini Dia Rekomendasi Topping Mie Instan Yang Wajib Kamu Coba

Kuliner

6 Resep Minuman Kekinian Unik dan Praktis, Cocok Banget untuk Bisnis

Kuliner

Hobi Masak? Coba Deh, Resep Masakan Shokugeki No Souma Ini!