Kuliner

Coba Resep Kimchi Sederhana dari 3 Jenis Kimchi Ini, Gampang Banget!

resep kimchi sederhana

Sejak serbuan budaya Korea masuk ke Indonesia, banyak dari kita yang pasti mengulik lebih dalam tentang Korea. Tidak hanya drama, kpop, dan bahasanya saja, tapi juga merambah ke kuliner khas Korea. Kuliner-kuliner unik dari Negeri Ginseng ini mampu menarik perhatian dan mulai banyak dikembangkan. Salah satu makanan khas Korea yang banyak digemari di Indonesia yaitu kimchi. Kimchi adalah sejenis makanan asinan sayur yang difermentasi dan disajikan dengan cita rasa pedas. Kebanyakan orang mengenal kimchi berisi sayuran berupa sawi putih. Namun ternyata ada banyak varian kimchi lain seperti kimchi lobak dan kimchi timun. Berikut ini adalah resep kimchi sederhana dari tiga jenis kimchi tersebut yang pastinya simpel dan mudah untuk diikuti.

1. Kimchi Sawi

kimchi sawi putih

sumber: theasianparent.com

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kimchi sawi ala rumahan diantaranya sawi besar 1 buah sebagai bahan utama. Jika ingin lebih lengkap, tambahkan lobak ½ batang dan wortel 1 buah yang telah diiris kecil memanjang. Siapkan juga bumbu khas kimchi yaitu bawang putih 4 siung, bawang bombay ½ siung, jahe 1 ruas, kucai 2 batang, kecap ikan 1 sdm, bubuk cabai 3 sdm, gula 2 sdm, dan garam 3 sdm. Langkah pembuatan yang pertama yaitu mencuci bersih sawi. Kemudian, campurkan dan haluskan semua bumbu. Setelah itu, masukkan lobak dan wortel ke dalam bumbu. Selanjutnya, balurkan bumbu-bumbu tersebut pada setiap helai daun sawi. Simpan sawi tersebut dalam wadah tertutup dan fermentasikan dengan cara menyimpannya selama sekitar dua hari. Kimchi sawi pun siap disajikan.

2. Kimchi Timun

kimchi ketimun

sumber: maangchi.com

Untuk membuat kimchi timun, kamu hanya perlu mentimun 4 buah, wijen sangrai secukupnya, bawang putih 1 siung, bawang bombay 1 siung, kucai 2 batang, bubuk cabai 2 sdm, kecap ikan 2 sdm, serta gula dan garam secukupnya. Kemudian siapkan semua bahan dengan dicuci bersih dan diiris sesuai kebutuhan. Potong mentimun menjadi empat atau delapan potongan kecil. Selanjutnya campurkan semua potongan mentimun dan bahan-bahan. Aduk rata semua bahan dan simpan di kulkas untuk fermentasi. Kimchi timun kini siap disajikan.

Baca Juga :   Gak Cuma Kimchi, 5 Makanan Korea Ini Juga Wajib Kamu Santap
About author

Related posts
Kuliner

Doyan Nonton Food Vlogger? Ini Dia 5 Food Vlogger yang Seru Buat Difollow

Kuliner

Ini Dia Resep Croffle, Croissant Waffle ala Korea yang Lagi Hits

Kuliner

Ini Dia Rekomendasi Topping Mie Instan Yang Wajib Kamu Coba

Kuliner

6 Resep Minuman Kekinian Unik dan Praktis, Cocok Banget untuk Bisnis