Kuliner

Cobain Resep Mudah Bikin Bakso Lobster Viral yang Enak dan Anti Gagal

bakso lobster

Penggalan lirik lagu anak-anak “bakso bulat seperti bola pingpong” rupanya sudah mulai bergeser. Hal ini dikarenakan bentuk bakso di era serba modern ini sudah mulai berubah. Bakso yang dulunya hanya bulat kini sudah memiliki variasi bentuk salah satunya yaitu bakso lobster. Bakso ini menjadi begitu populer akhir-akhir ini karena bentuknya sangat unik. Kamu pasti juga akan ngiler melihat penampakan seporsi bakso ini. Melihat warna oranye yang begitu menggugah selera makan pasti bikin kamu ingin cepat-cepat mencicipinya, bukan? Sayangnya, bakso ini belum ada di semua tempat. Daripada penasaran, kamu bisa membuat sendiri dengan memraktikkan resep bakso lobster mudah, enak, dan anti gagal berikut ini.

Bahan yang Disiapkan

Dalam pembuatan seporsi bakso, ada beberapa bahan yang perlu kamu siapkan sesuai dengan komponen yang akan disajikan. Pada resep bakso lobster ini bahan dibagi menjadi empat bagian yaitu bakso urat dan halus, kuah kaldu, serta bahan pelengkap.

1. Bakso Urat

bahan membuat bakso

sumber: thecuriouscoconut.com

Bahan yang perlu disiapkan untuk membuat bakso urat yaitu urat sapi yang sudah dicincang halus sebanyak 200 gram. Berikutnya merica bubuk ½ sdt, garam ½ sdt, dan bawang merah goreng 1 sdm.

2. Bakso Halus

daging sirloin

sumber: unsplash.com

Untuk membuat bakso halus, siapkan daging sapi sirloin atau has luar 1 kilogram. Kemudian garam ¾ sdt merica bubuk 1 sdt, bawang merah goreng 4 sdm, tepung tapioka 4 sdm, dan es batu 100 gram.

Baca Juga :   4 Resep Minuman Kekinian ala Anak Kosan Murah Meriah

3. Bahan Pelengkap Bakso Lobster

lobster

sumber: unsplash.com

Siapkan lobster yang sudah dibersihkan sebanyak 6 ekor sebagai bahan tambahan bakso nantinya. Kemudian mi bihun dan mi kuning yang sudah direbus secukupnya. Lalu siapkan daun seledri, bawang merah goreng, sambal, dan kecap.

4. Kaldu Bakso

kuah kaldu

sumber: instagram @makanan.enak.banget

Agar bakso makin sedap, buat juga kaldu bakso yang lezat. Siapkan tulang kaki sapi 3 kg, bawang putih 8 siung, 1 1/2 sdt merica bubuk, 3 sdt garam, dan air 3 liter.

Langkah Membuat Bakso Lobster

membuat bakso lobster

sumber: instagram @craboxseafood

Pertama buat kuah bakso dengan rebus tulang kaki sapi hingga mendidih. Kemudian buang air rebusan dan ulangi perebusan dengan air 3 liter dengan api kecil. Tunggu sekitar 1 jam hingga kuah memiliki warna yang pekat seperti di abang-abang bakso. Beri bumbu merica, garam, dan bawang putih dan tetap rebus dengan api kecil hingga 1 jam lagi. Kemudian buat adonan bakso dengan mengaduk mencampurkan setiap adonan bakso menggunakan food processor.

Ambil sebagian adonan bakso untuk membungkus badan lobster. Kemudian bulatkan sisa adonan bakso dengan ukuran sesuai selera. Selanjutnya rebus adonan bakso viral ini hingga matang. Ciri bakso sudah matang adalah naik ke permukaan air rebusan. Semakin tebal bakso yang dibuat maka waktu perebusan akan semakin lama. Selanjutnya rebus bihun dan mie kuning untuk disajikan bersama dengan bakso lobster. Siramkan pula kuah kaldu dan bahan pelengkap lain seperti daun seledri dan bawang goreng. Kini, bakso lobster siap disajikan untuk keluarga di rumah.

Bagaimana, cara membuat bakso lobster ini sangat udah untuk dipraktekkan, bukan? Bisa banget, nih, kamu masukan sebagai daftar aktifitas selama social distancing di waktu sekarang, daripada mengantre berjam-jam! Kamu cukup menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan mulai proses membuat bakso. Kalau terlalu menyita waktu, kamu bisa mengurangi beberapa langkah seperti tidak membuat bakso kecil-kecil melainkan hanya bakso lobster. Apa pun bakso yang kamu buat, pastikan memperkirakan takaran bumbu yang digunakan dalam resep agar sajian tetap lezat, ya. Selamat mencoba!

Editor: Isyhari Maheswar

Baca Juga :   3 Kuliner Khas Kalimantan Selatan yang Wajib Kamu Coba!
About author

Related posts
Kuliner

Ceriakan Mood-mu dengan Resep Makanan Korea untuk Musim Hujan Yuk!

Kuliner

Yuk, Bikin Cold Brew Coffee Sempurna ala Cafe di Rumah!

Kuliner

Ada yang Digeprek sampai Rasa Mie Goreng, Coba Bikin Resep Es Krim Viral Ini, Yuk!

Kuliner

Doyan Nonton Food Vlogger? Ini Dia 5 Food Vlogger yang Seru Buat Difollow