Kuliner

Coba, Yuk! Resep Sei Sapi dan Sambal Luat Rumahan, Pedasnya Nampol!

resep sei sapi dan sambal luat

Indonesia adalah gudangnya hidangan sedap yang bikin nagih terutama yang berbahan dasar daging. TBIcara urusan daging, ternyata Ibu Pertiwi nggak cuma punya Rendang aja, lho. Ada Sei, makanan tradisional asal Nusa Tenggara Timur (NTT) yang nggak kalah mendunia dari Rendang. Kata ‘sei’ sendiri memiliki arti ‘asap’. So, cara pengolahannya tentu adalah dengan teknik pengasapan. Tekstur Sei yang padat tercipta karena kandungan lemak daging akan menyusut dan hilang selama proses mengasap. Well, Sei sendiri sebenarnya menggunakan daging babi sebagai bahan dasarnya. Jangan khawatir dulu. Kamu bisa memodifikasi Sei dengan menggunakan daging sapi. Oh iya, Sei sapi ini juga pas banget dinikmati bareng Sambal Luat.

Ada banyak restoran yang menawarkan menu Sei dari daging sapi untuk memuaskan hasratmu akan kuliner super enak dari NTT, kok. Kalau pengen mencoba masak sendiri menu khas NTT, kebetulan banget kali ini kita akan berbagi resep Sei Sapi dan pelengkapnya Sambal Luat yang super pedas. Langsung simak saja, yuk!

Resep Sei Sapi a la Rumahan

resep-sei-sapi

sumber: detik.com

Bahan-Bahan Sei Sapi Khas NTT:

  • 250 gram daging sapi, pilih bagian has
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • Garam, secukupnya
  • Merica, secukupnya

Cara Membuat:

  1. Ingat, jangan langsung membakar daging, karena Sei adalah daging yang dimasak dengan cara diasap. So, langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mengolah Sei Sapi adalah menyiapkan tungku api.
  2. Selagi menunggu tungku siap, kamu bisa mulai memarinasi dengan bumbu bawang putih cincang, garam dan merica. Marinasi daging dan biarkan selama 15 – 20 menit sampai bumbu benar-benar meresap.
  3. Perhatikan apakah tungku sudah siap, sebelum mulai mengasapi daging yang sudah dimarinasi. Tandanya bukan dilihat dari besarnya api, melainkan banyaknya asap dan suhu di dalam tungku yang semakin panas.
  4. Nah, kalau tungku siap, kamu bisa memasukkan daging dan mulai proses pengasapan. Tunggu hingga 60 menit. Tapi lamanya waktu mengasapi juga bergantung pada besar kecilnya potongan daging.
  5. Untuk menyajikannya, kamu bisa menghidangkan daging dalam bentuk utuh (loaf) atau bisa juga dipotong tipis-tipis terlebih dahulu. Nikmati Sei Sapi dengan daun singkong atau daun pepaya.

Setelah selesai membuat Sei Sapi, kurang lengkap rasanya tanpa kehadiran hidangan Sambal Luat. Selain pedasnya yang nampol, sambal ini bikin tambah selera makan kamu meningkat, GenK. Yuk, kita simak resepnya.

Resep Sambal Luat

resep sambal luat

sumber: pisangsusu.com

Bahan-Bahan Sambal Luat Super Pedas:

  • 100 gram cabai rawit
  • 5 buah jeruk nipis, iris tipis
  • Daun siba, segenggam (jika tidak ada, bisa diganti daun ketumbar)
  • Daun kemangi, segenggam
  • Garam, secukupnya

Cara Membuat:

  1. Tumbuk cabai rawit hingga halus.
  2. Layukan daun siba dengan cara menaburkan sedikit garam di atasnya. Setelah layu, iris daun siba tipis-tipis. Ulangi proses yang sama pada daun kemangi.
  3. Campurkan semua bahan dan simpan dalam toples. Biarkan selama kurang lebih 2 X 24 jam sampai jeruk nipis nggak lagi terasa pahit.
  4. Sambal Luat siap mendampingi Sei Sapi rumahan, deh.
  5. Agar lebih awet, kamu bisa menyimpannya di dalam lemari pendingin. Sambal Luat bisa tahan hingga lebih dari 2 pekan kalau disimpan dalam kulkas, jadi kamu bisa menikmatinya lagi nanti.

Wow, gampang banget kan, cara membuat sambal ini! Kelezatan menu khas NTT, Sei Sapi dengan Sambal Luat sekarang sudah terbayang. Mumpung awal bulan, kamu bisa praktek sendiri di dapur dengan resep Sei Sapi dan Sambal Luat rumahan di atas untuk makan malam spesial.

Editor: Isyhari Maheswar

About author

Related posts
Kuliner

Menu Lebaran Bikin Badan Melebar? Tangkis dengan 8 Minuman Peluntur Lemak Ini Yuk!

Kuliner

6 Takjil Ala Korea yang Halal dan Dapat Kamu Santap di Kala Berbuka Puasa

Kuliner

Resep Ayam Shawarma yang Lagi Viral, Ternyata Gampang Bikinnya!

Kuliner

Kelihatan Gampang Tapi Masak Nasi Goreng Juga ada Triknya