Game & Teknologi

Ini Dia Teknologi Resolusi Layar yang Kamu Pakai Sehari-hari

teknologi resolusi layar

Apa Itu Resolusi Layar?

resolusi layar 2

Setting resolusi pada Windows (sumber: cnet.com)

Istilah resolusi layar sering kali digunakan untuk menyebut jumlah pixel yang ada pada layar. Padahal, penggunaan istilah tersebut sebenarnya kurang tepat loh. Tapi sebelum itu, buat kalian yang belum tahu, piksel (pixel) adalah istilah yang digunakan untuk menyebut satuan penyusun sebuah gambar.

Resolusi layar mengacu pada jumlah piksel yang diatur pada monitor secara horizontal dan vertikal. Contohnya monitor dengan resolusi layar 1920 x 1080, berarti layar tersebut dapat menampilkan gambar dengan 1920 piksel secara horizontal dan 1080 piksel secara vertikal.

Semakin tinggi resolusi layar, maka semakin tinggi pula kualitas gambar yang dapat ditampilkan. Karena jumlah piksel pada layar semakin banyak, maka gambar yang dihasilkan oleh layar pun juga menjadi lebih tajam dan dengan detail yang lebih baik. 

Resolusi layar bawaan yang digunakan pada sistem operasi Windows misalnya, memiliki keterbatasan pada display-nya sehingga resolusi yang ditampilkan cukup rendah. Untuk itulah kamu biasanya memerlukan kartu grafis tambahan jika menginginkan kualitas resolusi yang lebih tinggi. 

Apalagi jika kamu memiliki kebutuhan yang memang mewajibkan tampilan visual teranyar, seperti penggunaan laptop untuk desain grafis. Kamu wajib memperhatikan kartu grafis yang terpasang di laptop tersebut. 

Resolusi layar High Definition (HD), standard baru teknologi grafis

resolusi layar 3

Perbandingan resolusi layar high definition (sumber: samsungdisplay.com)

Dengan kemajuan teknologi grafis, resolusi layar high-definition telah menjadi standard baru di industri perangkat display. Beberapa resolusi yang sering kamu temui di antaranya berupa 720p, 1080p, 1140p, atau 4K. Berikut daftar lengkap resolusi layar yang ada sekarang:

  • 720p = 1280 x 720. Resolusi layar ini merupakan standar minimum untuk high definition atau juga disebut “HD Ready” resolution
  • 1080p = 1920 x 1080. Resolusi layar yang ini sudah lebih tinggi dibanding 720p dan disebut “Full HD” resolution.  Jika kamu akan membeli monitor untuk mejamu, pilihlah layar beresolusi 1080p dengan ukuran layar minimal 21” (inch) agar kamu bisa menonton video beresolusi tinggi dengan nyaman.  
  • 1440p = 2560 x 1440. Umumnya dikenal dengan istilah QHD atau Quad HD resolution. Kamu bisa menemukan layar dengan resolusi ini pada smartphone high-end atau monitor khusus untuk gaming. Kualitas resolusi layar QHD adalah 4 kali lebih tinggi dari HD Ready. Beberapa jenis smartphone premium juga mencantumkan fitur layar 2960 x 1440 Quad HD+, yang juga masih termasuk kategori 1440p. 
  • 4K atau 2160p = 3840 x 2160. Salah satu kualitas grafis tertinggi yang bisa kamu temui saat ini, 4K, atau juga disebut Ultra High Definition (UHD). Dengan kerapatan yang hampir menyentuh 4000 piksel atau empat kali lipat lebih tinggi dibanding pada 1080p. Resolusi layar 4K banyak ditemukan pada TV dan monitor komputer premium. 
  • 8K atau 4320p = 7680 x 4320. Kualitas resolusi tertinggi saat ini dengan 16 kali lipat jumlah piksel dari resolusi 1080p Full HD reguler. Untuk saat ini, resolusi 8K hanya dapat ditemukan di TV dengan harga yang tentunya cukup fantastis dari beberapa merek elektronik terkemuka.  

About author

Related posts
Game & Teknologi

Kenali Jenis Keyword SEO Sesuai Target Market Kamu

Game & Teknologi

Cara Mereview Game untuk YouTuber Pemula, Cek Tips and Trick-nya Yuk!

Game & Teknologi

Cara Membuat Avatar 3D di Instagram Buat Bikin Stikermu Sendiri

Game & Teknologi

7 Tips Belajar UI UX Design, Newbie Wajib Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published.