Arsitektur & Interior

Review 5 Restoran dengan Kajian Estetika Unik

Restoran dengan Kajian Estetika Unik – Pada dasarnya, unsur estetika sendiri sangat berhubungan erat dengan desain. Perancangan desain biasanya terbagi menjadi dua yaitu dari segi fungsional dan segi estetika. Desain yang utuh selalu mempertimbangkan adanya lima unsur ini didalamnya, yaitu bentuk, proporsi, tekstur, warna dan gaya.

Estetika bentuk dapat menghasilkan estetika ekspresi yang dapat menjadi estetika dari suatu arsitektur bangunan. Estetika bentuk arsitektur tersebut dapat menjadi suatu citra atau image dari suatu bangunan.

Proporsi merupakan skala besar kecilnya suatu objek yang mempengaruhi estetika desain bangunan dimana skala proporsi dapat memberikan kesan status sosial sehingga membentuk identitas bangunan.

Tekstur memberikan pengaruh kenyamanan terhadap objek estetika bangunan. Warna memiliki arti psikologis tertentu terhadap suatu desain bangunan, dimana warna hangat, warna netral, dan warna dingin memiliki arti psikologis yang berbeda – beda.

Seperti misalnya warna putih memberikan kesan yang bersih, tenang, dan suci. Warna gelap bersifat lebih formal dan bold. Gaya desain memberikan pengaruh nuansa atau suasana terhadap desain bangunan.

Untuk memahami bagaimana penerapan estetika dalam desain, maka diperlukan bentuk apresiasi terhadap desain-desain yang telah dibuat.

Bentuk apresiasi bertujuan untuk mengartikan dan memberi makna yang terdapat dalam karya desain dengan mengenal unsur desain yang paling utama yaitu garis, bidang, maupun bangun. Berikut ini merupakan beberapa restoran dengan estetika desain yang menarik:

Bar Palladio Jaipur (Jaipur, India)

Sumber Gambar : architecturaldigest.in

Bar yang didirikan di India ini merupakan rancangan dari Marie-Anne Oudejans ini memiliki desain yang sangat unik dan kompleks terutama di bagian motif dan ornamen. Penggunaan konsep glamour yang dipadu kan dengan motif mughal yang tradisional menambah nilai plus dari nilai estetika yang terkandung didalamnya.

Selain itu pemilihan warna,motif, garis yang direpetisi pada dinding serta penambahan lampu gantung yang menyerupai bentuk teko ini menambah estetika visual dari interiornya.

Kesan yang ditimbulkan dari perpaduan warna gradasi biru dan putih yang serasi membuat ruangan tampak lebih hidup serta ornamen garis-garis yang membentang di plafon, dinding membuat ruangan terlihat dinamis.

Bar-Palladio-Jaipur-Marie-Anne-Oudejans

Sumber Gambar : architecturaldigest.in

Repetisi bidang persegi dengan kemiringan 45 derajat pada elemen lantai membuat kesan menyatu dan tampak seolah-olah sedang bergerak.

Habanera (Madrid, Spanyol)

Habanera / Proyecto Singular | ArchDaily

Sumber Gambar : archdaily.com

Restoran yang dirancang oleh desainer Jorge Lozano ini memberikan kesan visual dan suasana yang indah seperti sedang berada di Kuba. Penggunaan elemen kayu dengan tema warna hijau hampir di seluruh ruangannya membuat keseimbangan menyeluruh pada interiornya, dan juga membawa suasana santai seperti sedang makan di alam terbuka seraya menikmati pemandangan indah disekitarnya.

Sumber Gambar : foodetective.co

Perpaduan bidang kotak-kotak pada plafon, lantai dan dinding menunjukkan keteraturan dan kejernihan visual. Sedangkan penggunaan tekstur dan patra berbentuk lingkaran pada tengah plafon grid menunjukkan kesatuan dan kesan dinamis. Tak hanya itu penggunaan elemen garis zig-zag pada sebagian furniture dan elemen lantai memberikan sugesti semangat dan antusias, memberikan karakter excitement, kengerian dan bahaya. 

OneOcean Club (Barcelona, Spanyol)

Sumber Gambar : pinterest.co.uk

Restoran yang berlokasi didekat pelabuhan ini didesain oleh firma desain El Equipo Creativo memberi kesan dan suasana terbuka. Penggunaan kaca yang reflektif diplafon dan langit-langit serta elemen vertikal (lampu kuningan gantung), dan pot tanaman yang dilapisi warna gold bertujuan memberikan kesan dekorasi badan kapal yacht.

Sumber Gambar : retaildesignblog.net

Pola lantai yang digunakan menggunakan pola sirip ikan yang diulang menggunakan warna gradasi biru. Pola ini memberikan kesan seperti sedang berada di lautan. Penerapan warna biru yang dominan dengan sirkulasi terbuka membuat 

Madero (Guatemala)

Restoran Dengan Kajian Estetika

Sumber Gambar : inhabitat.com

Tampak arsitektur bistro yang terletak di dekat jalan termacet kota Guatemala ini sangatlah mencolok dari segi warna, dan terlihat sangat monoton dari segi bentuk dan dekorasi. Tetapi begitu masuk ke dalam, bentuk dan dekorasi warna-warni ini sangat memanjakan mata.

Restoran Dengan Kajian Estetika

Sumber Gambar : Yatzer.com

Hiasan dan koleksi mobil bergaya vintage serta tanaman-tanaman tropis yang berada di sekitarnya membuat bistro ini terkesan seperti berada di tengah-tengah oasis dengan pemandangan kontras. Warna-warni yang tampak serta bentuk motif kotak-kotak yang diterapkan pada groundplane menampilkan ciri khas dari negara yang sering dijuluki negara backpacking.

Foxglove (Hong Kong)

Restoran Dengan Kajian Estetika

Sumber Gambar : yatzer.com

Restoran Foxglove yang terletak di Hong Kong ini patut dikunjungi baik oleh para wisatawan atau pecinta kuliner. Dan yang teruntuk orang-orang yang menyukai seni dekorasi. Untuk akses masuknya pun unik, dengan cara melewati sebuah pintu rahasia di belakang toko payung.

Restoran Dengan Kajian Estetika

Sumber Gambar : wallpaper.com

Dan pintu ini hanya bisa dibuka dengan menyentuh gagang payungnya. Setelah melihat interiornya, kita akan disuguhkan pemandangan seperti berada di dalam badan pesawat, bagian dalam mobil, di gerbong makan kereta dan bar hotel yang mewah plus elegan.

Warna dominan pada tiap ruang-ruangnya sangatlah selaras dengan warna putih pada plafon dan beberapa elemen pembentuk ruang lainnya.

Nah, itu tadi adalah beberapa rekomendasi restoran dengan penerapan kajian estetika yang unik. Bagi kalian pecinta seni dan fotografi, beberapa restoran di atas bisa menjadi salah satu tempat untuk berkunjung.

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips&Tricks dalam Mendesain Interior Kantor untuk Menjadikanmu Lebih Produktif!

Leave a Reply

Your email address will not be published.