Community

Tips dan Trik Jadi Freelance Profesional Bareng Rio Purba

channel youtube desainer grafis

Perkembangan dunia yang didukung oleh teknologi terkini membuat setiap orang dapat dengan mudah bekerja dari mana saja tanpa terbeban dengan jarak. Kamu bisa mendapatkan pekerjaan dan langsung menyelesaikannya cukup berbekal gadget dan internet bahkan dari kasur di kamarmu tanpa perlu ke kantor. Ini dia yang kemudian dikenal dengan istilah freelancing alias pekerja lepas yang bisa ngantor secara fleksibel. Banyak banget keuntungan yang bisa didapatkan oleh seorang freelancer dibanding pekerjaan normal biasanya. Nah, kalau kamu tertarik untuk mencoba karir sebagai seorang freelancer nih, Kreativv ID punya sosok yang jago serta berpengalaman di bidang freelance. Rio Purba merupakan seorang freelancer profesional di bidang desain visual yang dikenal dengan berbagai karya-karya serta pengalaman terkait freelance yang ia bagikan lewat media sosial dan kanal YouTube miliknya. Langsung saja simak rangkuman Instagram Live Kreativv ID bertajuk Freelancer Profesional, Apaan Tuh? bersama Rio Purba. 

Kreativv ID: Boleh dong kak, ceritain dikit awal mula bisa jadi freelancer profesional? 

Rio: Oke, awalnya dulu itu dari SMK, aku emang suka ngedesain. Suka menipulasi foto pertama kali karena belum tahu banyak tentang komputer juga. Baru ada seorang guru yang ngajarin bidang desain grafis, jadi inspirasi tuh untuk mendalami bidang desain ini. Sampai aku pergi ke warung internet untuk belajar sendiri untuk praktek tutorial bikin desain sendiri. Baru setelah lulus ada yang buka lowongan kerja di Medan sebagai desainer grafis untuk event organizer gitu. Aku langsung mendaftar iseng-iseng ke posisi desainer grafis itu, eh keterima. Nah dari situ mulai terus mendalami desain sampai sekarang dari sekitar tahun 2007 sampai sekarang. 

Kreativv ID: Pada banyak penasaran juga nih GenKreativv, ada pernah mengalami tantangan atau titik terendah seorang Kak Rio menghadapi itu semua? 

Rio: Dulu tantangan terberat pas menangani klien. Masih sendiri juga di Medan waktu itu gak teman-teman atau agensi yang bisa membantu. Pas jumpa dengan klien pernah waktu itu di kafe terus mereka datang dengan tim besar gitu sekitar 15 orang. Waduh itu saya sementara sendirian cuma sama teman satu, dan sempat ada sedikit isu pas presentasi rencana desain untuk proyek ke klien tapi ada banyak bagian dan konsep yang ternyata kurang disukai. Wah, itu saya sampai udah mau menyerah dan kayaknya gak pengen melanjutkan proyek itu lagi. Kurang lebih seperti itulah contoh tantangan terberat yang pernah aku hadapi. 

Kreativv ID: Lalu, setelah menghadapi tantangan itu kak, apa yang dilakukan nih untuk bisa bangkit lagi  dari momen itu dan terus melanjutkan karir serta bertahan nih? 

Rio: Aku sempat kerja tahun 2013-2014 sebagai programmer karena sesuai jurusan aku kan pas kuliah, bukan desain malahan. Jadi aku pernah tinggalkan semua segala hal tentang desain tuh. Pernah juga aku kehilangan kereta (sepeda motor) dari hasil kerja desain, ternyata gak mudah dan banyak belajar. Akhirnya aku coba untuk kembali ke desain selama setahun tuh. Jadi banyak pengalaman berharga yang aku dapatkan selama proses transisi tersebut yah. Kalau emang kita suka sama sesuatu, bidang yang emang kita punya passion di situ harus terus dikejar. Jangan mudah menyerah apalagi sampai meninggalkan bidang tersebut hanya karena satu dua hal. Makanya habis itu aku mutusin untuk ngumpulin para desainer freelance gitu di Kota Medan untuk bikin komunitas sambil sharing juga terkait pekerjaan sama update hal-hal baru. Dari situlah pas mulai ketemu teman-teman desainer, bangkit lagi deh gairah untuk berkarya kembali. 

About author

Related posts
Community

Simplicity of Love : Event for Couple

Community

Semangat Membangun Negeri dari AVO Innovation Technology Lewat Suksesnya Acara Future League Summit 2021

Community

PPKM diperpanjang, Fenomena ‘Nge-war’ Lilin Aromaterapi Malah Jadi Trend!

Community

Avoskin Ajak UMKM Indonesia Bentuk Inovasi Berkelanjutan pada FUTURE LEAGUE SUMMIT 2021