Arsitektur & Interior

Apa Aja Sih, Yang Dibutuhkan Ruang Podcast Supaya Tampil Menarik dan Profesional

Ruang podcast

Podcast telah menjadi trend di kalangan milenial saat iniNah, buat kamu yang tertarik ingin membuat podcast, harus pintar-pintar untuk menyediakan alat dan setting ruang agar menjadi menarik. Berikut ini adalah hal-hal teknis yang di perlukan ruang podcast seperti layaknya profesional.

Defenisi Podcast

ruang podcast

Sumber Gambar : pantirapih.id

Sebelum masuk ke dalam daftar alat-alat yang perlu kamu gunakan di dalam ruang podcast agar terlihat lebih profesional, ada baiknya kamu tau dulu apa defenisi dan penjelasan dari podcast itu sendiri.

Podcast adalah rekaman suara yang dapat juga disertai dengan video seseorang yang sedang berbicara mengenai topik-topik tertentu. Durasi podcast idealnya berdurasi 10-30 menit. Youtube dan spotify adalah contoh aplikasi yang biasa digunakan untuk mendengarkan dan melihat podcast.

Podcast dibagi menjadi tiga jenis yaitu solo podcast, multihost podcast, dan interview podcast.

Solo podcast merupakan jenis podcast yang di lakukan secara monolog atau hanya satu orang yang berbicara. Topik yang diangkat merupakan cerita dari orang yang berbicara atau sudut pandang dari orang tersebut.

Jenis podcast berikutnya yaitu multihost podcast dimana podcast dilakukan dengan host yang lebih dari satu orang. Jenis podcast ini menawarkan suatu diskusi, perdebatan, dan berbagai sudut pandang mengenai topik tertentu.

Podcast yang ke tiga adalah interview podcast, dimana terdapat satu host dan satu narasumber. Podcast interview mewawancarai orang-orang terkenal dan berpengaruh di lingkungan sang pembuat podcast. Topik yang dibahas dalam podcast juga cukup luas, mulai dari kisah hidup, pendidikan, politik, dan masih banyak lagi.

Alat-Alat Penunjang di Ruang Podcast Agar Tampil Professional

Ruang Podcast

Sumber Gambar : Wananaow.id

  1. Microphone

Inti dari sebuah podcast merupakan suara orang berbicara  sehingga mic adalah suatu hal yang krusial dalam membuat podcast agar suara bisa terekam dengan jelas dan jernih. Aksesoris pendukung dari mic seperti stand mic agar posisi mic tetap stabil dan filter agar suara yang masuk lebih jernih.

Sumber Gambar : weheartit.com

  1. Headphone

Ruang Podcast

Sumber Gambar : Teknologi.id

Headphone berfungsi agar kita bisa mendengarkan suara kita sendiri dan juga orang yang melakukan podcast bersama kita. Hal ini agar kita juga bisa mendengarkan apa yang di dengarkan oleh para pendengar podcast kita.

  1. Mixer

Sumber Gambar : Laptrinhx.com

Alat yang di perlukan berikutnya adalah mixer untuk membuat suara dari pembicara lebih seimbang karena suara tiap orang berbeda jadi settingan suaranya juga akan berbeda level bass, treble, mid, dan lain-lainnya.

  1. Kamera

Ruang podcast

Sumber Gambar : iStockphoto.com

Kamera perlu di sediakan apabila kita ingin membuat podcast yang juga ada gambarnya. Jenis kamera yang di gunakan bisa berbagai macam tergantung kualitas gambar yang kita inginkan dan jenis apa yang kita buat. Jenis podcast juga sangat berpengaruh dalam pertimbangan penyediaan kuantitas, kualitas dan juga jenis kamera. Podcast yang pembicara nya lebih dari satu dan hanya satu pembicara tentu memerlukan penyediaan kamera yang berbeda dan angle penempatan kamera yang berbeda juga.

Selain kebutuhan teknis diatas, diperlukan juga setting ruang yang mendukung kegiatanmu saat melakukan podcast. Apa aja sih yang dibutuhkan supaya podcast jadi lebih nyaman?

  1. Material Peredam

Sumber Gambar : bohemia.life

Memasang material-material yang bersifat tidak memantulkan suara pada sekeliling ruang akan meningkatkan kualitas suara yang di rekam nanti. Material peredam ruangan berfungsi sebagai peredam kebisingan dari luar dan meningkatkan privasi saat sedang dilakukan perekaman podcast. Material bisa berupa busa sponge yang di pasang pada dinding ruang, karpet, dan material-material lainnya. Alternatif  lain yang

 

cukup ekonomis untuk akustik ruang adalah menggunakan karton bekas wadah telur yang ditempel di dinding. Kain yang di gantung mengelilingi dinding juga bisa berfungsi sebagai akustik dan sekaligus dekorasi ruang.

  1. Dekorasi ruang

Sumber Gambar : Youtube.com

Dekorasi ruang sangat di perlukan karena tidak hanya dari segi audio saja yang harus bagus tetapi dari segi visual juga harus menarik jika ingin terlihat seperti podcaster profesional. Dekorasi bisa berupa background ruang, aksesoris meja yang akan mempercantik video podcast kita nanti. Menyesuaikan dekorasi dengan topik podcast dapat mempengaruhi penonton agar lebih tertarik pada topik yang di bahas. Sebagai contoh podcast dari Vincent and Desta seperti gambar diatas, podcast bertema ngobrol santai menggunakan dekorasi yang simple seperti di tempat tongkrongan.

  1. Warna

Sumber Gambar : sewastudiopodcast.com

Selain menentukan tema dekorasi, pemilihan warna yang tepat dan sesuai dengan topik yang di angkat sangat membantu untuk membangun suasana dalam video podcast. Penggunaan warna-warna cerah cocok untuk mendukung podcast dengan tema yang ceria.

  1. Pencahayaan

Ruang Podcast

Sumber Gambar : bhaktisemesta.ac.id

Pencahayaan yang di atur dengan baik akan meningkatkan kualitas ruang dan gambar. Konten podcast mengenai edukasi biasanya menggunakan pencahayaan yang lebih terang, luas dan minim menggunakan lampu-lampu aksen agar suasana yang di ciptakan lebih ceria dan segar.

Konten yang berisi  cerita atau curahan hati dari host atau narasumber biasanya menggunakan penerangan yang lebih minim dan lebih fokus menggunakan lampu-lampu aksen seperti spotlight agar suasana nya lebih tenang dan intim. Warna yang digunakan juga warna-warna yang lebih warm seperti warm white hingga kuning.

Dengan memperhatikan hal-hal teknis dan setting ruang maka podcast yang kita rencanakan layaknya seorang profesional. Tak perlu ragu untuk memulai podcast-mu sendiri.  Ayo mulai podcast-mu dan suarakan pemikiranmu!

Data Penulis:

Nama Lengkap: Moses Amram

Email: Mosesamram16@gmail.com

No. Telp: 085156687821

Instagram: mosesamram

Related posts
Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips&Tricks dalam Mendesain Interior Kantor untuk Menjadikanmu Lebih Produktif!