Arsitektur & Interior

Menarik! Ini Dia Inspirasi Rumah Bergaya Modern Tropis

Rumah Bergaya Modern Tropis

Tinggal ii negara yang memiliki iklim tropis membuat para designer harus memikirkan pemilihan desain yang tepat. Desain ini memperhatikan prinsip dan cara mendesain rumah yang sesuai . Yang mana, Perancangan tersebut dapat beradaptasi dengan cuaca dan iklim namun tetap memberi kenyamanan dan estetika pada desain tersebut. Hal ini membuat desain bergaya modern tropis ini tetap memiliki banyak peminat. Berikut inspirasi rumah bergaya modern tropis. Yuk disimak!

1. BUTTERFLY HOUSE

Rumah Bergaya Modern Tropis

Sumber Gambar : Pinterest.com

Dapat dilihat desain ini memiliki bukaan yang cukup besar pada area kamar tidur dan dapur. Hal ini akan memberi pencahayaan secara maksimal serta sirkulasi udara yang baik. Serta bukaan yang ada dapat memberi suatu hubungan antara suasana ruang dalam dan luar. Material yang digunakan dominan menggunakan material alam dimana ini merupakan salah satu ciri desain bergaya tropis.  Serta, desain rumah tinggal dengan warna netral memberi kehangatan pada rumah tersebut.  Pada area kamar dan dapur, menggunakan matrial concrete dimana material tersebut memiliki banyak kelebihan seperti ramah lingkungan, perawatan yang mudah dan dingin.

2. Cala Saona House

Rumah Bergaya Modern Tropis

Sumber Gambar : Archdaily.com

Penggunaan Jendela dengan ukuran besar memiliki manfaat yang cukup banyak. Selain buat kesehatan, Hal ini juga bermanfaat untuk penghematan energi baik dalam hal pencahayan hingga penghawaan. Desain ini juga, mengkombinasikan penggunaan kayu dan batu alam berwarna cerah serta adanya beberapa tanaman sehingga memberi kesan asri dan nyaman.

Desain pada rumah ini juga menggunakan prinsip open space dimana tidak banyak menggunakan dinding atau partisi lainnya sehingga ruangan akan terlihat lebih luas.

Penggunaan tanaman pada suatu ruangan juga tidak membuat ruangan tersebut menjadi tidak tertata namu tanaman tersebut dapat memberikan estetika tersendiri yang dapat membuat penghuni rumah tersebut merasa nyaman dan rumah terasa lebih sejuk serta sirkulasi udara yang baik.

Rumah ini juga menggunakan parket kayu sebagai material lantai dimana selain memberikan kesan estetika, parket juga memiliki kelebihan seperti mudah dibersihkan dan tahan lama.

3. Miner Road 

Sumber Gambar : Pinterest

Desain ini memiliki atap dengan ukuran yang cukup lebar melebihi ukuran bangunan yang dimana merupakan salah satu karakteristik gaya desain tropis. Tujuan dari atap yang lebar ini adalah dapat menghindari potensi terhadap cuaca yang ada pada iklim tropis seperti teriknya matahari dan air hujan.

Desain ini juga menggunakan warna netral seperti abu-abu, coklat dan putih sehingga memiliki warna dominan yang cukup cerah. Dengan kombinasi warna terang dan desain open space pada ruangan, rumah tersebut terlihat sangat luas dan lega. Serta memiliki jendela yang cukup luas dimana dapat memberi pencahayaan alami dan pemandangan yang dimana sangat baik untuk kesehatan pengguna.

4. Bathroom 

Pin en Bathroom Design

Sumber Gambar ; Pinterest

Pada desain kamar mandi ini, menggunakan material alam seperti batu alam dan adanya kombinasi dengan kayu solid. Tiap area seperti shower, Bathtub dan wastafel menggunakan material lantai yang berbeda-beda agar tidak memberi suasana ruang yang monoton dan penggunaan material sesuai dengan area seperti contohnya pada area shower menggunakan material batu yang agak kasar sehingga pengguna tidak terjatuh.

Pada kamar mandi ini juga terdapat dekorasi tanaman seperti tanaman pot dan tanaman gantung dimana dapat memberi kesan asri pada ruangan tersebut. Dan juga seperti yang dapat dilihat, desain ini menggunakan material kaca yang berbeda seperti adanya Frosted glass untuk memberikan privasi pada pengguna.

5. The Young’s Villa

Sumber Gambar : Pinterest

Pada desain villa ini, pemilihan warna yang digunakan merupakan warna yang cerah sehingga memberi kesan ruangan yang luas. Pemberian vegetasi pada area ruang luar memberi penambahan rasa nyaman dan sejuk bagi pengguna didalamnya.

Pada area living dibuat adanya perbedaan ketinggian dimana hal ini bertujuan untuk memanfaatkan pencahayaan dan penghawaan dari luar bangunan. Sistem desain ini menggunakan sistem open space sehingga ruangan satu dan lainnya saling berhubungan dan juga hal ini memberikan sirkulasi yang baik. Material yang digunakan juga dominan menggunakan material alami, memberi kesan netral dan tahan lama.

Nah, Contoh diatas merupakan ciri dan karakteristik desain Modern Tropis dalam interior. Semoga bermanfaat yaa!

Penulis: Nathasya Sinatra (Mahasiswa Jurusan Desain Interior, Universitas Kristen Petra)
About author

Related posts
Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips&Tricks dalam Mendesain Interior Kantor untuk Menjadikanmu Lebih Produktif!

Leave a Reply

Your email address will not be published.