Arsitektur & Interior

Sayangi Bumi, Intip Kreasi Produk Interior Dari Sampah Tekstil Yang Estetik!

sampah tekstil

Penasaran nggak sih, banyaknya limbah industri pakaian di Indonesia itu bisa diolah kembali nggak ya?  Tahukah kamu, bahwa sampah yang dihasilkan industri pakaian di seluruh dunia menduduki posisi ke-2 setelah minyak. Tapi  tenang saja, ada beragam cara untuk mengurangi sampah tekstil di sekitar kita melalui 3R yaitu Reduce,Reuse,Recycle. Jadi, sebenarnya baju bekasmu masih bisa disulap menjadi barang baru yang unik dan estetik loh! Simak Ulasannya!

Bereksperimen dan Berkreasi Dengan Sampah Tekstil

Nah, saat ini di kalangan para seniman sedang marak menerapkan trend material yang sustainable atau material berkelanjutan baik itu untuk desain produk, food and beverages, maupun arsitektur dan interior contohnya seperti menjadi kerajinan art and craft, elemen dekorasi, dan material olahan yang terbarukan. Nah, berikut ini beberapa inspirasi eksperimen material dan obyek kreasi olahan sampah tekstil yang wajib kamu ketahui agar tidak ketinggalan trend keren ini!

1. Hiasan Gantung Dari Kain dan Baju Bekas

Sumber Gambar : instagram.com/subo.jkt/

Seni tapestry atau yang sering dikenal sebagai karya seni tekstil dengan menenun benang atau serat sudah umum kita temukan. Namun, tidak banyak seniman yang menggunakan sampah tekstil atau baju bekas sebagai material utamanya. Hiasan gantung seperti ini pastinya akan terlihat sangat eye-catching bila digantung di ruang tamu atau ruang keluarga rumahmu  selain terbuat dari kain dan pakaian bekas, namun dengan adanya tekstur, warna, dan motif yang beragam menciptakan aksen yang dinamis dan fun untuk mempercantik rumah kamu. Mungkin kamu tertarik untuk mempelajari teknik tapestry ini? Jangan lupa untuk menggunakan kain dan baju bekas juga!

2. Sampah Surgical Mask Bisa Jadi Kursi ?

Sumber Gambar : usnews.com

Ternyata karena banyaknya penggunaan masker medis atau masker sekali pakai sekarang ini juga menyebabkan banyaknya timbunan sampah masker. Nah, seniman dari Korea bernama Haenul Kim ini sudah menemukan cara untuk mengolah sampah masker ini sebagai material komposit yang kuat dari hasil lelehan sampah masker untuk dijadikan bahan pembuatan furnitur. Contohnya seperti kursi maupun perabot lainnya yang tentunya kuat. Material olahan sampah masker ini kesan visualnya unik karena corak yang dihasilkan dari material olahan ini hampir menyerupai batu marmer yang pastinya dapat memperunik interior rumah. Nah, furnitur unik seperti ini bisa jadi inspirasi untuk kalian para desainer interior!

Baca Juga :   Liminal Space: Alasan Ilmiah Kenapa Kamu Merasa Gak Nyaman di Beberapa Tempat

3. Material Yang Kuat Untuk Furnitur dari Limbah Kain

Sumber Gambar : Fab-brick.com

Jangan salah kira kalau baju dan kain bekasmu hanya bisa dipakai kembali sebagai bahan kerajinan seperti tapestry saja. Ternyata, dapat menghasilkan material seperti batu bata yang keras dan dapat diaplikasikan kepada elemen interior di rumah yang tentunya sangat estetik loh! Karya seni desain olahan material ini adalah ide dari seniman Prancis bernama Clarisse Merlett. Contohnya material ini dapat dijadikan kursi, meja, kap lampu, panel dinding. Bahan olahan tekstil ini juga merupakan insulator yang baik loh! Tentunya inovasi ini dapat menjadikan rumah menjadi lebih fresh dengan tekstur dan corak pada furnitur yang ada. Gimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba bereksperimen seperti ini?

4. Material Felt dari Limbah Kain Untuk Elemen Interior

Sumber Gambar : materialdistrict.com

Material felt yang terbuat dari limbah kain cocok buat kamu yang membutuhkan ruang kedap suara pada rumahmu seperti ruang kerja ataupun studio musik. Ruang kedap suara pada umumnya menggunakan material karpet dan panel dinding. Namun tahukan kamu, material felt juga dapat berfungsi seperti karpet untuk melapisi ruangan untuk menahan panas dan suara. Material felt ini dibuat dari limbah kain yang dipecah dan dihaluskan sampai menjadi serat-serat kembali, lalu dipress menggunakan mesin sehingga menghasilkan bahan yang menyerupai karpet. Warna, tekstur, dan corak yang dihasilkan dari limbah kain juga pastinya beragam dan unik karena dihasilkan dari ragam serat kain. Gimana, keren kan?!

Kamu Juga Bisa Donasikan Baju Bekasmu!

sampah tekstil

Sumber: Littleguidedetroit

Apa kalian masih bingung sampah pakaian atau kain bekas di rumah mau diapakan?  Nah, selain berkreasi dan bereksperimen, berdonasi adalah opsi lain yang mudah kalian akses. Selain menjual kembali, kamu bisa mendonasikannya pada pihak-pihak yang melayani jasa pengolahan baju bekasmu menjadi produk baru. Di Indonesia beragam start-up  yang telah memajukan hal ini yang banyak bisa kalian cari tahu di sosial media Instagram.

Nah itu tadi Genk, inspirasi kreasi untuk mulai berdonasi dalam rangka mengurangi dampak sampah baju bekas. Masih banyak lagi sampah yang kita dapat temukan disekitar dan bernilai seni tinggi. Berani mencoba?

 

Tulisan Oleh: Auryn Putri Catherina D.

Desain Interior, Universitas Kristen Petra

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Sistem Penghawaan,Pencahayaan Dan Teknologi Smart Home Dalam Mengantisipasi Penyebaran Covid-19

Arsitektur & Interior

Wabi-sabi dalam sebuah Desain Furniture

Arsitektur & Interior

Rumah Kecil: Trend Hunian Millenial

Arsitektur & Interior

Ciptakan Suasana Rumah Anti Stress dengan Konsep Zen Living

Leave a Reply

Your email address will not be published.