Seni Rupa & Desain

Mengenal Sejarah Desain Grafis dalam Perkembangan Seni Rupa

sejarah-desain-grafis

Desain grafis merupakan proses komunikasi untuk menyampaikan suatu pesan melalui elemen visual. Biasanya, desain grafis menggabungkan gambar, simbol dan tulisan untuk merepresentasikan visual pesan yang mau disampaikan. Penerapan desain grafis biasanya di dalam desain komunikasi dan fine art. Desain grafis bisa mengarah ke metode merancang, proses pembuatan, produk hasil rancangan maupun disiplin ilmu yang dipakai untuk desain. Nah, sekarang kita simak sejarah desain grafis secara singkat.

sejarah-desain-grafis

Desain grafis di awal waktu (Sumber: i.pinimg.com)

Sejarah Desain Grafis

Perkembangan seni rupa sangat berkaitan dengan sejarah dari desain grafis. Melihat sejarah ke belakang, penemuan karya komunikasi visual paling tua adalah lukisan gua Lascaux di Prancis yang diperkirakan asalnya dari periode 15.000-10.000 SM. Ini adalah sekumpulan simbol berbentuk ideogram, hingga akhirnya berkembang jadi aksara yang kita biasa gunakan di masa modern sekarang.

Sementara, dalam pendidikan desain di Inggris, Henry Cole menjadi orang yang memiliki pengaruh besar. Dia membuat jurnal berjudul Journal of Design and Manufacturers dan berhasil meyakinkan pentingnya desain lewat jurnalnya tersebut. Untuk merayakan lahirnya teknologi industri modern serta desain dengan gaya Victoria, dia menyelenggarakan The Great Exhibition.

william-morris-and-the-kelmscott-press

William Morris and The Kelmscott Press (Sumber: johnjburnslibrary.files.wordpress.com)

Kemudian, di antara tahun 1891-1896, diterbitkan buku karya desain grafis dari gerakan Arts and Crafts oleh Percetakan William Morris Kelmscott. Lalu, percetakan ini membuat buku yang desainnya lebih apik dan elegan, untuk kemudian dijual ke orang-orang kaya. Melalui penjualan ini, Morris membuktikan bahwa produk karya desain grafis juga berpotensi untuk pasar komersial.

Nggak hanya itu, Morris juga mempelopori pemisahan antara desain grafis dan seni rupa.

Kemudian, hasil karya Morris dan pergerakan Private Press memengaruhi Art Nouveau secara langsung, dan berpengaruh terhadap perkembangan desain grafis di awal abad ke-20 secara nggak langsung.

perkembangan-desain

Perkembangan desain grafis (Sumber: i.pinimg.com)

Setelah membaca sekilas pengertian desain grafis, berikut sejarah singkatnya dari masa ke masa:

Tahun 1916 

Sejarah desain grafis berikutnya yaitu Edward Johnston merancang jenis huruf yang kemudian digunakan pada The Signage in the London Underground di tahun 1916.

Tahun 1920

Di Uni Soviet, ada aliran konstruktivisme yang melihat seni dengan orientasi individu nggak bermanfaaat bagi Rusia. Mereka lalu merancang sesuatu yang bisa diterapkan untuk dunia nyata, seperti membuat bangunan, perangkat teater, pakaian, perabot, kain, poster, logo, menu dan sebagainya.

Baca Juga :   Channel YouTube Desain Grafis Indonesia Andalan Belajar Otodidak
About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Ini Dia Channel YouTube Yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Melakukan Room Makeover Ala KDrama!

Seni Rupa & Desain

7 Font YouTube Thumbnails Agar Terlihat Unik dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Concept Art, Apa Itu? Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Concept Art

Seni Rupa & Desain

Banyak yang Susah Membedakan, Sudah Tahu Beda Typeface dan Font?