Seni Rupa & Desain

Mengenal Sejarah Desain Grafis dalam Perkembangan Seni Rupa

sejarah-desain-grafis

Tahun 1922

Tahun 1922 adalah masa pertama kalinya kata ‘desain grafis’ digunakan. Penggunaannya di sebuah esai berjudul New Kind of Printing Calls for New Design karya William Addison Dwiggins, desainer buku Amerika.

Tahun 1927

Di tahun 1927, diterbitkanlah buku Raffe’s Graphic Design yang dianggap menjadi buku pertama dengan judul yang menggunakan istilah ‘desain grafis’.

perkembangan-desain-2

Perkembangan desain grafis (Sumber: i.pinimg.com)

Tahun 1928

Di tahun 1928, dirumuskan prinsip-prinsip dasar tipografi modern oleh Jan Tschichold dalam bukunya dengan judul New Typography. Kemudian, muncul para tipografer lainnya yakni Bauhaus, Herbert Bayer dan Laszlo Moholy-Nagy, serta El Lissitzky yang memiliki pengaruh besar di bidang ilmu desain grafis modern.

Tahun 1937

Pada tahun 1937, Bauhaus pindah sekolah dari Jerman ke Chicago dan dia membawa pengaruh besar terhadap desain di Amerika.

Tahun 1964-1999

Desain grafis terus berkembang seiring dengan berkembangnya konsumerisme. Hingga memicu kritik dari bermacam komunitas desain yang kemudian disampaikan melalui First Thing First manifesto, ini diterbitkan pertama kali di tahun 1964. Lalu, kembali diterbitkan di tahun 1999 dalam majalah Émigré. Lantas, konsumerisme terus tumbuh hingga membuat ilmu desain grafis ikut berkembang sampai sekarang.

Nah, itu tadi sejarah desain grafis yang bisa kita pelajari secara singkat. Jadi, sebenarnya desain grafis sudah ada sejak dahulu kala bahkan sebelum Masehi. Sampai akhirnya ilmunya berkembang mengikuti perkembangan zaman. Menarik banget, ya!

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Penerapan Coastal Style Pada Hunian

Seni Rupa & Desain

Belajar Dari Desainer Zero-Waste Dan Re-Cycle

Seni Rupa & Desain

Kertas Digunakan Untuk Material Furniture, Memang Bisa ?

Seni Rupa & Desain

3 Tips Memilih Furniture Kerja yang Cocok Kala Work From Home