Buku

Sejarah Hari Dongeng Sedunia dan Pentingnya Cerita untuk Edukasi

hari-dongeng-sedunia

Tahukah kamu, setiap tahun tepatnya pada tanggal 20 Maret, diperingati Hari Dongeng Sedunia. Peringatan ini untuk merayakan seni bercerita atau storytelling. Omong-omong tentang dongeng, kamu pasti ingat waktu kecil sering dibacakan cerita, kan. Biasanya, orang tua yang menceritakan dongeng anak kepada kita. Ternyata, cerita itu sangat penting sampai-sampai diperingati satu hari khusus untuk storytelling tersebut. Yuk, kita simak sekilas tentang sejarah hari bercerita ini.

Sejarah Tentang Hari Dongeng Sedunia

Sejarah Hari Dongeng (Sumber:unsplash.com)

Awalnya, ini pertama kali diperingati sebagai hari dongeng nasional di Swedia pada tahun 1991-1992. Pada waktu itu, ada sebuah event yang dilaksanakan setiap tanggal 20 Maret. Event ini dinamakan “Alla berättares dag” atau “hari storyteller”. Namun, sesudah itu, orang-orang yang suka membaca dongeng nasional ini sempat berhenti beberapa waktu. Meskipun demikian, hari peringatannya tetap diperingati dengan antusias di seluruh negeri.

Lalu, pada tahun 1997, para storyteller atau pembaca dongeng di Perth, Australia Barat, menyelenggarakan Celebration of Story selama lima minggu. Ini adalah bentuk peringatan 20 Maret sebagai Hari Narator Oral Sedunia. Di saat bersamaan, di Meksiko dan negara-negara Amerika Latin lainnya, 20 Maret sudah diperingati sebagai Hari Dongeng Nasional.

Tahun 2000-an Berlanjut di Skandinavia

sejarah Hari Dongeng Sedunia

Sumber : Unsplash.com

Selanjutnya dalam sejarah Hari Dongeng Sedunia, pada tahun 2001, dibentuk jejaring web dongeng Scandinavian yang bernama Ratatosk. Pada era ini juga, para pendongeng Skandinavia mulai bersuara dan bercerita. Kemudian, di tahun 2002, event tersebut menyebar dari Swedia ke Norwegia, Denmark, Finlandia dan Estonia. Di tahun 2003, ide peringatan tersebut sampai di Kanada dan berbagai negara lainnya. Bahkan, event ini dikenal oleh dunia internasional sebagai Hari Dongeng Sedunia.

Baca Juga :   Mengenal Kearifan Lokal lewat Komik Indonesia

Lalu, mulai sekitar tahun 2004, Prancis ikut memeriahkan dengan menyelenggarakan event Jour Mondial du Conte. Kemudian, Hari Dongeng Sedunia tahun 2005, diperingati dengan kemeriahan dan puncaknya terlaksana pada hari Minggu, 20 Maret. Ada berbagai event dari 25 negara di 5 benua. Lalu, di tahun 2006, event peringatan ini jadi semakin berkembang.

Konser Dongeng Pertama Kali di Kanada

Sumber : unsplash.com

Tahun 2007 merupakan saat pertama kalinya dilaksanakan storytelling concert atau konser dongeng di Newfoundland, Kanada. Kemudian, pada tahun 2008, Belanda ikut memeriahkan Hari Dongeng Sedunia dengan menggelar event besar yang bernama ‘Vertellers in de Aanval’, di tanggal 20 Maret. Di perayaan ini, tiga ribu anak diberi kejutan dengan kemunculan pendongeng secara tiba-tiba di kelas mereka.

Lalu, pada tahun 2009, event Hari Dongeng dirayakan di seluruh dunia, yakni di Eropa, Asia, Afrika, Amerika Selatan, Amerika Utara dan Australia.

Manfaat Cerita Dongeng untuk Siapa Saja

Hari Dongeng Sedunia

Sumber : unsplash.com

Nggak disangka, ya. Dongeng bisa menggerakkan manusia seperti ini. Sampai ada peringatan hari khusus untuk dongeng. Bahkan ada juga, lho, Hari Dongeng Nasional di Indonesia. Di samping itu, membaca dongeng memang sangat bermanfaat. Aktivitas ini bisa mempererat ikatan emosional antara yang membaca dongeng dan yang mendengarkan. Misalnya, antara ibu dan anak. Selain itu, membaca dan mendengarkan cerita secara langsung, juga meningkatkan kreativitas, dan mengasah kemampuan visualisasi.

Nah, itu tadi sekilas tentang sejarah Hari Dongeng Sedunia. Ternyata dongeng itu begitu besar pengaruhnya, ya. Di samping itu, sebenarnya dongeng nggak hanya bermanfaat untuk anak-anak saja. Tapi, dongeng juga penting untuk orang dewasa. Soalnya, membaca dan mendengarkan cerita bisa mengembangkan imajinasi. Juga merupakan suatu aktivitas yang membuat kamu rileks.

About author

Related posts
Buku

Kamu Hobi Membaca? Ini Dia Beberapa Buku Menarik Dari Penulis Wanita di Seluruh Dunia!

Buku

Tertarik Menulis Buku Biografi? Simak Tipsnya Disini!

Buku

Rekomendasi Webtoon Terbaik yang Wajib Dibaca di Tahun 2021!

Buku

Pengen Nulis Novel? Ini Dia Tips Untuk Menulis Novel