Fashion

Sekilas Terlihat Sama, Yukata dan Kimono Itu Ternyata Berbeda, Loh!

Apa itu Yukata?

Yukata adalah pakaian seperti kimono yang menjadi populer selama periode Muromachi (1392-1568), tetapi jauh lebih kasual dan terkesan santai. Biasanya terbuat dari katun untuk membuat kain lebih fleksibel, yukata umumnya dipakai di musim panas dan merupakan bentuk pakaian yang populer untuk acara-acara seperti festival kembang api. Yukata seringkali merupakan tanda apresiasi budaya yang menarik bagi wisatawan dan konsumen asing.

Ilustrasi yukata. (Sumber: Japanese Station)

Yukata biasanya dikenakan dengan jenis alas kaki yang disebut geta, yang merupakan sandal informal dengan platform tinggi yang terbuat dari kayu. Pria lebih cenderung memakai kimono daripada yukata, tetapi yukata pria menjadi lebih populer karena mereka berevolusi dengan gaya yang lebih modis dan kekinian.

Ilustrasi geta. (Sumber: Japanese Station)

Sejarah yukata juga sama seperti kimono, awalnya dikenakan oleh kelas bangsawan untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti setelah mandi pada zaman dahulu dimana sebelum adanya handuk untuk digunakan. Yukata tentunya memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan kimono.Yukata menjadi sangat populer selama periode Edo Jepang (1603-1868) ketika ada undang-undang ketat yang mencegah orang untuk hidup mewah.

About author

Related posts
Fashion

Pesan Sosial Dibalik Gemerlap Met Gala 2022

Fashion

Inspirasi OOTD Lebaran Biar Penampilan Makin Kece

Fashion

Rekomendasi Style Rambut Pria 2022 untuk Ngantor atau Kuliah

Fashion

6 Item Khas Fashionista Hypebeast