Fashion

Sekilas Terlihat Sama, Yukata dan Kimono Itu Ternyata Berbeda, Loh!

Ada apa saja jenis kimono dan yukata?

Secara umum, kimono dapat dipakai sepanjang tahun dan memiliki variasi musim yang berbeda. Mereka dapat diwaijbkan untuk dipakai pada musim panas, musim gugur dan musim semi, dan versi halusnya cocok untuk bulan-bulan musim dingin. Ada berbagai jenis kimono untuk kesempatan yang berbeda, dan gaya tertentu digunakan untuk menggambarkan status sosial pemakai.

Komon adalah jenis kimono yang lebih kasual yang dapat dikenakan sepanjang tahun oleh wanita yang sudah menikah dan belum menikah. Wanita muda yang belum menikah juga bisa mengenakan furisode, sejenis kimono dengan lengan panjang yang menandakan dia memenuhi syarat untuk menikah. Ada berbagai kimono upacara yang dikenakan untuk acara-acara khusus, yang bervariasi tergantung wilayah.

Ilustrasi Genji Kimono. (Sumber: Global Rakuten)

Ada juga berbagai jenis obi, atau sabuk. Hanhaba obi adalah obi informal untuk pakaian sehari-hari, sedangkan obi fukuro adalah sabuk seremonial yang jauh lebih besar yang diikat dalam busur besar di belakang, dikenakan pada acara-acara resmi. Juga umum untuk mengenakan aksesori obi, seperti obiage, sehelai sutra yang diikat di sekeliling batang dan di bawah obi seperti korset, dan obijime yaitu tali dekoratif yang membantu menjaga simpul obi tetap di tempatnya.

Ilustrasi obi. (Sumber: Kimono Tsuki)

Setelah mengetahui perbedaannya, manakah yang jadi favoritmu, GenK? Kimono atau Yukata? Keduanya sama-sama cantik dan Indah jika dilihat ya, apalagi jika dipakai lalu berfoto saat memakainya. Kelihatan seperti berada di Jepang asli deh.

About author

Related posts
Fashion

Deretan Fashion Influencer Indonesia yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Fashion

Cara Bikin Fashion Mood Board Buat Mendesain Baju Sendiri

Fashion

Pesan Sosial Dibalik Gemerlap Met Gala 2022

Fashion

Inspirasi OOTD Lebaran Biar Penampilan Makin Kece