GenK LIFE

Mulai Terapkan Self Acceptance dan Temukan Makna Bahagia Sesungguhnya

self acceptance penerimaan diri

Melihat orang lain barangkali akan lebih mudah daripada melihat diri sendiri. Namun, hal ini justru berbalik jika kamu memikirkan tentang tingkat kepentingannya. Melihat ke dalam diri sendiri akan jauh lebih penting daripada melihat diri orang lain. Kamu mungkin sering merasa tidak puas dengan apa yang sudah dimiliki, merasa kurang diperhatikan, dan akhirnya merasa kurang bahagia. Padahal sebetulnya perasaan bahagia bersumber dari diri sendiri.

Kamu harus menciptakan kebahagiaan-kebahagiaan kecil dalam setiap apa yang sudah kamu miliki. Hidup akan terasa jauh lebih ringan dan membahagiakan berkat pencapaian yang sudah kamu miliki. Dengan begitu kamu akan berada pada sikap penerimaan diri atau self acceptance yang baik. Berikut ini adalah lima cara yang bisa kamu lakukan untuk mulai mengenali dan menerima diri sendiri.

Lihat Sesuatu dari Berbagai Sudut Pandang

Lihat Sesuatu dari Berbagai Sudut Pandang

sumber: infoworld.com

Ketika ada masalah atau hal apa pun yang melibatkan kamu, usahakan untuk menyikapi persoalan tersebut dari berbagai sudut pandang. Kamu bisa melihat sudut pandang dari dirimu saat itu, memposisikan diri sebagai orang lain yang melakukannya, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan persoalan tersebut. Dengan begitu, kamu akan lebih bisa menerima dan mengetahui hal apa yang bisa dilakukan untuk sama-sama berada di posisi yang menguntungkan.

Buat Jurnal Kegiatan Harian

Buat Jurnal Kegiatan Harian

sumber: unsplash.com

Proses menerima diri sendiri bukanlah hal yang instan. Kamu perlu tahapan-tahapan dan barangkali itu adalah proses yang lama. Untuk bisa mengetahui progres secara lebih mudah, manfaatkan waktu sejenak untuk membuat jurnal kegiatan harian. Kamu bisa mewujudkannya dalam bentuk rincian maupun uraian kegiatan seperti buku harian. Semakin rinci apa yang kamu catat maka akan semakin terlihat progres yang sudah kamu lalui.

Lakukan Hal Baik dalam Masyarakat

Lakukan Hal Baik dalam Masyarakat

sumber: gosanangelo.com

Untuk bisa mendapatkan kebahagiaan, kamu sebaiknya juga aktif untuk mewujudkan cikal bakal kebahagiaan dalam diri. Lakukan berbagai kegiatan positif untuk masyarakat di lingkunganmu. Tidak perlu hal besar, cukup lakukan hal kecil seperti membantu jualan tetangga secara digital agar memperoleh konsumen yang lebih banyak adalah hal yang bisa kamu lakukan. Semakin banyak hal baik yang kamu niatkan untuk membantu orang-orang di sekitar maka kamu akan menyadari seberapa besar potensimu.

About author

Related posts
GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD

GenK LIFE

Penting, Kenali Macam-Macam Istilah dalam Aplikasi Beasiswa

GenK LIFE

Cara Merespon Kritik dalam Kehidupan Bisnis dan Pribadi dengan Positif