GenK LIFE

Langkah Pertama Cintai Diri Sendiri: Tumbuhkan Self Esteem!

self-esteem

Belakangan ini, kata self esteem  menjadi kata yang begitu populer seiring dengan kampanye kesehatan mental yang semakin digaungkan. Kamu mungkin sudah familiar dengan hal ini atau masih belum banyak memahami apa itu self esteem. Sederhananya, self esteem adalah bentuk penghargaan terhadap diri sendiri. Seringkali kita mudah larut dalam perspektif orang lain dan lupa bahwa ada diri sendiri yang perlu dihargai. Self esteem ini cukup penting untuk kamu tingkatkan agar kualitas hidup semakin baik.

Self esteem akan membuat kamu lebih percaya diri dalam melakukan segala hal. Misalkan dalam hal mengemukakan pendapat, orang yang memiliki self esteem cukup baik akan mampu mengkomunikasikan pendapatnya dengan baik walaupun ada kemungkinan untuk forum menyetujui pendapat yang lebih solutif. Lalu bagaimana cara meningkatkan self esteem? Berikut adalah lima cara yang bisa kamu coba.

1. Kenali Diri

kenali diri

sumber : letsreachsuccess.com

Untuk bisa mengenali diri sendiri, kamu bisa mengawalinya dengan memahami potensi dan kelemahan diri. Kamu juga bisa mendeskripsikan dirimu dalam analisis SWOT yaitu Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (kesempatan), dan Threats (ancaman). Ketika kamu sudah mendapatkan gambaran terhadap diri sendiri, kamu akan lebih mudah mengetahui sudah ada di tahap mana dirimu sekarang. Kedepannya, kamu juga akan lebih mudah untuk memilah apa yang cocok dengan dirimu.

Baca Juga :   Fresh Graduate Juga Punya Peluang Lolos Interview Kerja, Lho!

2. Tarik Diri dari Lingkungan Negatif

arik Diri dari Lingkungan Negatif

sumber : powerofpositivity.com

Di dalam kehidupan yang seimbang pasti ada baik dan buruk. Di sisi yang lain, ada yang merasa hidup terlalu baik untuk semuanya atau terlalu buruk untuk semuanya. Padahal kamu memiliki kontrol untuk menyeleksi mana yang pantas ada di dalam dirimu dan mana yang harus pergi dari hidupmu. Jika ada kelompok teman yang bersifat negatif maka sebaiknya hindari. Cukup berteman dengan mereka tanpa harus bergaul lebih akrab agar diri tetap nyaman.

About author

Related posts
GenK LIFE

Tren Influencer Fatigue Meningkat, Kenapa Konsumen Mulai Bosan dengan Influencer?

GenK LIFE

Ini Dia Hal Yang Harus Diperhatikan Setelah Mulai WFO!

GenK LIFE

Ini Dia Beberapa Tips Untuk Mengecilkan Lengan!

GenK LIFE

Orang Tua Wajib Tau! Ini Dampak Dari Berteriak Pada Anak!